Menyikapi Resolusi Tahun Ini yang Gagal, Aku Harus Bagaimana?

Menyikapi Resolusi Tahun Ini yang Gagal, Aku Harus Bagaimana?

Apakah kamu sudah membuat resolusi tahun 2024? | Sumber: Unsplash (Tim Mossholder)

Tahun 2024 tinggal menghitung hari. Berapa banyak resolusi yang belum tercapai hingga hari ini? Jika harapan SohIB ada yang sudah terlaksana sebagian besar atau semuanya, selamat, ya! Yakinlah bahwa itu terwujud karena kerja kerasmu, doa-doa orang yang menyayangimu, dan tentunya dorongan yang kuat untuk mencapainya.

Bagi SohIB yang belum tercentang banyak resolusinya, don’t worry! Meskipun tahun 2023 tidak akan terulang kembali, tetapi kamu harus banyak bersyukur dan menyiapkan diri untuk menghadapi tantangan baru mencapai impian. Lantas, bagaimana cara kita untuk menyikapi mimpi-mimpi tahun ini yang belum terwujud?

Baca juga: 6 Kesalahan yang Sering Dilakukan Saat Mencuci Wajah, Kamu Pernah?

1. Jangan Menyalahkan Diri Berlebihan

Merasa gagal kemudian menyalahkan diri memang hal yang “wajar”, asalkan tahu batasannya. Lagipula, apa sih, yang didapatkan dari self-blaming? Perasaan lega jarang didapatkan, mungkin malah memicu kekecewaan yang tak berujung.

SohIB harus memahami, bahwa di kehidupan, beberapa hal terkadang tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. Belum tentu juga, kamu adalah penyebab mimpimu tersebut gagal. Sebab, banyak faktor pendukung yang mempengaruhi kesuksesan seseorang. 

Namun, bukan berarti kamu terus berpasrah diri dan bersikap pesimis. Hadapi yang sudah ada di depan mata. 2023 belum usai, sehingga kita masih punya kesempatan untuk memenuhi wishlist yang sekiranya realistis untuk segera diwujudkan.

2. Cari Tahu Penyebab Resolusi Belum Terwujud

penyebab resolusi tahun baru gagal
Jangan menyerah meskipun hidup kadang tak selamanya indah | Sumber: Unsplash (The Blowup)

Jika waktu bersedihmu sudah mulai reda, refleksi diri adalah hal yang penting untuk dilakukan. Cari tahu, apa saja kira-kira faktor yang membuat kita belum mampu mencapai resolusi tahun ini.

Kamu bisa menuliskannya di kertas atau gadget. Klasifikasikan dalam beberapa kelompok yang berpotensi menyebabkan kita sulit memenuhi impian, misalnya dari internal atau eksternal seperti lingkungan.

Ingat, self-reflection bukan ajang mencari siapa yang patut disalahkan. Ajaklah berdialog dengan diri sendiri seperti menanyakan kabar, perasaanmu, apa yang sudah diupayakan, mengapa ada yang belum terlaksana, dan lainnya. Jangan khawatir, sebab percakapan tersebut nantinya akan mengalir sampai kamu merasa lebih baik. Yuk, dicoba!

Baca juga: 7 Superhero Dengan Kekuatan Super Duper Aneh, Apa Saja, ya?

3. Belajar dari Mereka yang Berhasil

Mempunyai role model boleh-boleh saja, bahkan diperlukan agar dapat menjadi penyemangat. Karena itu, memilih siapa yang kita idolakan nggak bisa dianggap remeh. Pelajari, bagaimana mereka mencapai mimpinya, cara mengatasi kebosanannya, fokus dengan tujuan, hingga tips menyikapi diri saat satu persatu impian telah tercapai.

Seseorang yang bijak pernah berkata, “Jangan lihat aku ketika ada di puncak, tapi lihatlah aku yang dulu saat sedang berjuang.” Kalimat ini bermakna bahwa tidak sedikit yang menilai diri seseorang hanya ketika sudah sukses.

Padahal, untuk mendapatkan yang diraihnya, mungkin saja ia sampai kurang istirahat, tidak makan dengan baik, kehilangan banyak waktu me time, atau dicaci maki sekitarnya.

4. Susun Kembali Planning di Tahun Selanjutnya dengan Saksama

susun resolusi tahun baru dengan seksama
Susun kembali rencana tahun depanmu dengan hati dan pikiran yang lapang | Sumber: Unsplash (Ben White)

Menyusun resolusi di tahun baru adalah kebiasaan yang hampir semua orang melakukannya menjelang pergantian tahun. Nah, agar persiapan besok lebih maksimal, berikanlah penjelasan yang lebih spesifik saat membuat wishlist kamu, misalnya dengan membuat SWOT dan menuliskan deadline bulan untuk mendapatkannya.

Persiapan yang terbaik adalah manakala bisa merencanakan sesuatu jauh sebelum tenggat waktu. Selain bikin nggak terburu-buru, siapa tahu di tengah jalan perjuangan, SohIB menemukan inspirasi lain yang bisa membantu kita mencapai resolusi tahun depan!

5. Buang Keraguan Diri

Keraguan pada diri sendiri adalah musuh seseorang ketika sedang menghadapi medan perang. Sebab, kamu sama saja tidak percaya bahwa sebenarnya kamu bisa mampu melalui semuanya dan mencapai hasil yang gemilang.

Singkirkan sejenak kegagalan di masa lalu, karena waktu berkabungmu sudahlah habis. Sekarang, mari menata diri dengan resolusi-resolusi baru yang sudah kamu susun. Yakin deh, kita semua pasti bisa mendapatkan mimpi-mimpi kita atau ada kejutan baik di masa yang baru!

Baca juga: Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)