5 Rekomendasi Tempat Wisata Terkenal di Tokyo, Wajib Kunjungi!

5 Rekomendasi Tempat Wisata Terkenal di Tokyo, Wajib Kunjungi!

Tempat Wisata Terkenal di Tokyo | Sumber: Freepik (tawatchai07)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #MiniBootcampSohIB

Apakah SohIB sudah tahu? Sejak 11 Oktober 2022 kemarin, Jepang sudah mulai membuka kembali perbatasannya. Setelah sempat menutup akses masuk ke negaranya akibat pandemi COVID-19, wisatawan asing kini sudah bisa kembali mengunjungi Negeri Matahari Terbit.

Ada banyak hal menarik dari negara di Asia Timur satu ini. Buat SohIB yang mau liburan ke Jepang, berikut adalah lima rekomendasi tempat wisata terkenal di Tokyo yang wajib kamu kunjungi. Ada apa saja, ya?

1. Asakusa

Tempat Wisata Terkenal di Tokyo Asakusa Temple
Sensoji Temple merupakan landmark dari Distrik Asakusa. | Sumber: Unsplash (Moiz K. Malik)

Asakusa (浅草) merupakan sebuah distrik di Tokyo yang memadukan atmosfer modern dan kuno. Ada satu landmark-nya yang begitu kesohor. Itu adalah Sensoji Temple atau sering juga disebut sebagai Asakusa Temple.

Untuk pergi ke Sensoji Temple, SohIB akan melewati Nakamise Shopping Street. Jalan yang satu ini begitu terkenal karena kamu bisa menemukan beragam makanan tradisional dan oleh-oleh khas Jepang.

Saat melancong ke Asakusa, kamu bisa menyewa seorang pemandu untuk menjelaskan sejarah daerah ini kepadamu. Perlu diketahui pula, SohIB dapat menjelajahi Asakusa dengan berjalan kaki atau dengan menyewa jinrikisha, yakni becak khas Jepang yang ditarik orang.

2. Shibuya

Shibuya Crossing
Ribuan orang diperkirakan menyeberangi Shibuya Crossing setiap harinya. | Sumber: Pixabay (cegoh)

Merupakan pusat tren di Tokyo, Shibuya menjadi rekomendasi tempat wisata terkenal di Tokyo berikutnya. Distrik ini terkenal dengan penyeberangan jalannya, yakni Shibuya Crossing. Setiap hari, ribuan orang menyeberangi zebra cross ini.

Di distrik ini, SohIB dapat menjumpai beraneka pertokoan modern yang menawarkan barang-barang trendy, seperti pakaian, aksesoris, dan suvenir. SHIBUYA109 dan Marui merupakan pusat perbelanjaan di Shibuya yang nggak boleh kamu lewatkan!

Selain shopping, sempatkan juga untuk mampir ke kafe dan tempat makanan yang ada di Shibuya. Manjakan lidahmu dengan mencicipi berbagai makanan yang sedang trending di Jepang. Duh, jadi pengen banget liburan ke sana!

3. teamLab Planets Tokyo

Tempat Wisata Terkenal di Tokyo teamLab Planets Tokyo
Forest of Lamps ('Hutan Lampu') dari teamLab Planets Tokyo | Sumber: Wikimedia Commons (Stephanie Grisham)

Berlokasi di Odaiba, teamLab Planets Tokyo merupakan sebuah museum yang memadukan karya seni dengan teknologi modern. Terdiri dari tujuh instalasi utama, SohIB tidak hanya dapat melihat, tetapi juga merasakan pengalaman yang tidak biasa di setiap instalasi museum ini.

Masing-masing instalasi teamLab Planets memiliki tema dan keunikan tersendiri. Sebagai contoh, ada ruangan penuh dengan bunga dan cermin, sebuah lorong gelap, dan instalasi dengan gambar-gambar laut yang membuatmu seolah berada di air. Keren bangetkan?

Baca Juga: Rekomendasi Destinasi Wisata Thailand, Tertarik Berkunjung?

4. Tokyo Skytree

Tokyo Skytree
Dengan ketinggian 634 meter, Tokyo Skytree menjulang tinggi di langit Jepang. | Sumber: Pixabay (slotfast)

Tokyo Skytree merupakan bangunan tertinggi seantero Jepang. Berketinggian 634 meter, tempat wisata terkenal di Tokyo ini berfungsi sebagai menara penyiaran, observasi, dan juga rumah makan. Adapun bangunan ini didirikan untuk menjadi menara penyiaran sinyal televisi digital dan radio pengganti Tokyo Tower.

Di dalam Tokyo Skytree, SohIB bisa mendatangi observatorium Tembo Deck. Tempat ini berada di ketinggian 350 meter sehingga kamu dapat menyaksikan Kota Tokyo secara 360 derajat. Kemudian, juga ada Tembo Galleria yang berada di ketinggian 450 meter. Di sini, SohIB bakal disuguhkan keindahan pemandangan Gunung Fuji dan Kota Tokyo.

Meskipun Tembo Galleria sudah tinggi, masih ada titik tertinggi yang bisa kamu kunjungi di Tokyo Skytree. Itu adalah Sorakara Point. Terletak di ketinggian 452.1 meter, Sorakara Point sendiri masih bagian dari Tembo Galleria. Pada titik ini, kamu dapat merasakan sensasi berjalan di langit.

Tidak hanya observatorium, di dalam Tokyo Skytree, juga terdapat tempat makan bernama Sky Restaurant 634 (Musashi). Restoran ini menyajikan hidangan yang memadukan teknik memasak Prancis dan teknik tradisional Jepang.

Di malam hari, ada lampu LED warna-warni yang menghiasi eksterior luar Tokyo Skytree. Kilau lampu tersebut memberikan pemandangan yang indah untuk dilihat dari dekat maupun kejauhan.

5. Tokyo Disneyland

Tempat Wisata Terkenal di Tokyo Disneyland Tokyo
Kastil Cinderella yang ada di Disneyland Tokyo | Sumber: Wikimedia Commons (Øyvind Holmstad)

Bagi fans Disney, pasti tidak asing dengan theme park Disneyland, sebuah taman bermain yang bertemakan karakter-karakter dari film Disney. Nah, sebagai informasi, Disneyland Tokyo merupakan theme park Disneyland pertama yang dibuka di luar Amerika.

Sebagai salah satu tempat wisata terkenal di Tokyo yang digemari banyak pelancong, SohIB bisa melihat Kastil Cinderella yang menjadi ikon utama dari Disneyland. Tidak hanya itu, kamu juga dapat mendatangi berbagai macam atraksi, seperti Haunted Mansion, Big Thunder Mountain, Splash Mountain, Alice’s Tea Party, It’s A Small World, dan lainnya.

Jangan lupa juga untuk membeli berbagai macam suvenir dengan tema karakter-karakter Disney. Orang rumah pasti bakal suka kamu hadiahkan oleh-oleh seperti itu.

Baca Juga: 6 Rekomendasi Wisata Bandung yang Murah Meriah, Kunjungi, yuk!

Nah, itulah tadi lima tempat wisata terkenal di Tokyo yang bisa menjadi referensimu ketika melancong ke Negeri Matahari Terbit. Dari Asakusa sampai Disneyland Tokyo, mana yang paling pengen kamu kunjungi?

Supaya SohIB tetap update dengan berita terkini, pastikan untuk membaca artikel lainnya di sohib.indonesiabaik.idya! Jangan lupa juga untuk bergabung ke komunitas SohIB, sebuah persembahan dari Indonesia Baik, karena ada banyak pelatihan tentang upskilling dan self-development yang pastinya bermanfaat untukmu.

Editor: Fria Sumitro