Ini Dia 5 Rekomendasi Tablet Android untuk Mahasiswa

Ini Dia 5 Rekomendasi Tablet Android untuk Mahasiswa

Tablet sebagai penunjang aktivitas | Unsplash (Henry Ascroft)

Salah satu pertanyaan yang sering kali ditanyakan oleh para pecinta gadget adalah, apakah tablet dapat menggantikan produktivitas laptop sebagai penunjang keseharian kaum mahasiswa? Seperti mengetik tugas di Ms Word, membuat PPT, hingga mencatat materi penting selama perkuliahan.

Sebenarnya fungsi laptop tidak dapat digantikan sepenuhnya oleh perangkat lain, akan tetapi hal-hal yang dibutuhkan mahasiswa dalam menjalani perkuliahan tentu dapat ditemukan di dalam tablet.

Meskipun pada awalnya pembuatan tablet hanya digunakan untuk keperluan entertaint, seperti menonton video, desain grafis, hingga edit foto maupun video, kini beberapa merk smartphone banyak menciptakan produk berupa tablet android yang tidak kalah bagus dari pesaingnya, yaitu iOS (apple).

Hal yang dimaksudkan adalah produk tablet yang ditawarkan dapat membantu mahasiswa yang mungkin lebih menyukai hal efisien dalam melakukan pekerjaan, seperti mengetik, menulis, hingga mendesain sebuah project matakuliah. 

Berikut adalah 5 rekomendasi tablet android yang dianggap dapat menjadi pilihan SohIB sebagai penunjang perkuliahan. Selain karena fitur dan performa yang ditawarkan, tablet berikut juga ramah untuk kantong mahasiswa, tentunya dengan kelebihan produk masing-masing. 

1. Samsung Galaxy Tab S7 FE

Tampilan Samsung Galaxy Tab S7 FE | Editorji News Desk

Untuk produk pertama datang dari merk Samsung yang diberi nama Samsung Galaxy Tab S7 FE yang memiliki konektivitas jaringan 5G. Dengan dukungan layar sebesar 12,4 inci yang beresolusi tinggi 2560 × 1600 yang tentu memberikan pengalaman mahasiswa dalam mengerjakan tugas seperti mengetik, mencatat, bahkan pertemuan kelas secara online akan sangat mudah dan menyenangkan. Untuk harganya sendiri dibanderol sekitar Rp. 9.499.000 dengan tambahan keyboard dan pensil.

2. Huawei Matepad Pro

Tampilan tablet Huawei | droid.news

Dianggap dapat menggantikan PC atau Laptop dari segi performa, Huawei Matepad Pro memiliki spesifikasi layar Oled 10,8 inci dengan resolusi 2560 × 1600 piksel. Sebagai penunjang pekerjaan mahasiswa, tablet ini cukup diandalkan dari segi baterai yakni sebesar 8300 miliampere yang dapat bertahan lama seharian.

Pada keyboard-nya sendiri memiliki travel distance 1,5 mm yang melebihi keyboard pada kebanyakan laptop, serta Huawei Pencil generasi kedua yang dapat membantu mahasiswa dalam mencatat hal penting maupun mendesain tugas. Untuk harganya sendiri, Huawei membanderol sebesar Rp. 11.999.000. 

3. Xiaomi Pad 5

Tampilan Xiaomi Pad 5 | Udemix

Xiaomi merupakan perusahaan elektronik asal China yang awalnya berfokus pada smartphone, tetapi kini mengembangkan produk mereka pada pasar tablet android. Xiaomi Pad 5 hadir sebagai kompetitor yang tidak main-main dalam menawarkan kelebihan produknya.

Meskipun hanya menggunakan konektivitas WiFi, tetapi Xiaomi Pad 5 menawarkan SoC Snapdragon 860, resolusi kamera sebesar 13 MP, dan Xiaomi Smartpen. Salah satu kelebihan dari tablet ini adalah storage yang sangat besar, yaitu 256 GB yang mampu menyimpan berbagai macam file tugas dan project dari mahasiswa. Untuk harga terbaru pada tahun 2023 sebesar Rp. 4.300.000.

4. Oppo Pad 2

Tampilan Oppo Pad 2 | notebookcheck

Merk Oppo dikenal hanya sebagai smartphone. Namun siapa sangka, Oppo mengeluarkan produk berupa tablet yang tidak kalah keren dari segi desain dan performa. Dengan ukuran layar sebesar 11,59 inci LTPS LCD dan beresolusi 2800 x 2000 px QHD+ yang akan memanjakan mata saat melakukan pekerjaan seperti kelas online, mencatat, mengetik, maupun mendesain dengan fitur multi window hingga tiga aplikasi.

Adapun tambahan seperti keyboard dan pensil akan melengkapi performa Oppo Pad 2 sebagai pilihan pengganti laptop. Untuk harganya dibanderol sekitar Rp. 6.599.000. 

5. OnePlus Pad

Tampilan OnePlus Pad | Goodereader

OnePlus Pad merupakan tablet android pada kelas premium dengan bodi material star orbit hasil pengembangan mandiri perusahaan. Selain itu, tablet OnPlus ini memiliki tenaga SOC Dimensity 9000 dengan rasio unik pada layarnya sebesar 7:5. Keunggulan dari OnPlus adalah RAM yang besar, yaitu 12 GB dan fitur RAM Vita yang dapat membuka hingga 24 aplikasi pada background secara bersamaan.

Tablet ini dapat mendukung pekerjaan mahasiswa yang memiliki jadwal padat karena memiliki ukuran baterai sebesar 9510 MAH. Difasilitasi dengan tambahan keyboard dan pensil, akan sangat membantu tugas dan rutinitas para kaum mahasiswa yang tidak ingin ribet membawa laptop yang berukuran besar. Untuk harga, OnePlus Pad dibanderol sebesar Rp. 9.999.999 atau sekitar 10 juta rupiah. 

Demikian rekomendasi dari 5 tablet android yang tidak kalah keren dan canggih, karena selain harganya yang lebih murah, fitur dan produk tambahan yang ditawarkan oleh tablet-tablet tadi dapat menunjang pekerjaan dan aktivitas kita sebagai mahasiswa di era perkembangan teknologi. Gimana? menyenangkan bukan apabila mencatat, mengetik, bahkan melaksanakan pertemuan kelas hanya dengan satu alat yang bernama tabletGood Luck.

Sumber:

https://productnation.co/id/962/merk-tablet-terbaik-indonesia/

https://tekno.kompas.com/read/2020/07/25/19040097/bisakah-tablet-menggantikan-laptop-untuk-bekerja-dari-rumah

https://edukasi.okezone.com/read/2015/12/24/65/1274179/cerdas-gunakan-gadget-untuk-kuliah