12 Rekomendasi Untuk Berburu Kerajinan Tangan Khas Indonesia

12 Rekomendasi Untuk Berburu Kerajinan Tangan Khas Indonesia

Traditional Batik Mask | Sumber : Canva-Ronnisugiharto

Negara kepulauan yang kaya akan budaya dan seni merupakan julukan yang pantas disematkan untuk Indonesia. Dari Sabang hingga Merauke, setiap daerah di Indonesia memiliki kerajinan tangan yang indah dan unik. Setiap karya menunjukkan identitasnya masing-masing, yang mungkin tidak dimiliki oleh daerah lain, serta menunjukkan keindahan dan keanekaragamannya.

Melalui tangan-tangan ajaib pengrajin Indonesia yang berkreasi tanpa batas. Tak heran, jika beberapa produk lokal Indonesia ini menjadi terkenal hingga mancanegara. Bagi SohIB yang gemar berbelanja, membeli produk handmade Indonesia adalah sesuatu yang tidak boleh dilewatkan.

Siapa nih, SohIB yang suka belanja? Ini dia beberapa rekomendasi kerajinan tangan khas dari berbagai daerah di Indonesia yang bisa kamu jadikan referensi oleh-oleh atau koleksi pribadi saat berwisata ke daerah tersebut.

5 Hal yang Sering Hilang Saat Menjadi Dewasa, Kamu Berhak Bahagia!

1. Batik

Kain Batik  | Sumber : Canva-Satrio Ramadhan
Kain Batik  | Sumber : Canva-Satrio Ramadhan

Selain memiliki nilai budaya yang mendalam, batik Indonesia terkenal karena desainnya yang indah dan unik. Batik adalah salah satu warisan budaya penting yang diakui secara internasional dan merupakan simbol kebangsaan Indonesia.

Batik dibuat dengan menggunakan canting dan malam untuk menulis pola atau gambar tertentu pada kain. Batik berasal dari berbagai daerah seperti Yogyakarta, Madura, Pekalongan, dan Semarang dimana setiap daerah memiliki berbagai corak yang khas.

2. Wayang Golek

Wayang Golek  | Sumber : Canva-Zodebala
Wayang Golek  | Sumber : Canva-Zodebala

Kerajinan asli Jawa Barat lainnya adalah wayang golek. Teater boneka ini juga bisa dijadikan sebagai dekorasi rumah. Bahan yang digunakan untuk membuatnya adalah kayu berbagai jenis, seperti mahoni atau albasia.

Kamu bisa membeli satu wayang golek atau satu set. Oleh karena itu, harga wayang golek bervariasi sesuai dengan jenis kayu dan jumlah figur yang akan dibeli.

3. Kopiah Meukeutop

Kopiah Meukeutop  | Sumber : Canva-Ampont El David
Kopiah Meukeutop  | Sumber : Canva-Ampont El David

Teungku Umar dan pengikutnya sering menggunakan kopiah meukeutop, kopiah ini biasanya dibuat dengan motif pintu Aceh dan bahan berkualitas tinggi. Selain itu, kopiah ini dilengkapi dengan full bordir motif Aceh yang dikerjakan dengan sangat teliti, sehingga ringan, tebal, dan nyaman digunakan.

Kopiah Meukeutop cocok untuk dijadikan sebagai oleh-oleh khas Aceh dan dapat digunakan sepanjang hari.

4. Songket Palembang

Songket Palembang  | Sumber : Canva-Ravindran John Smith
Songket Palembang  | Sumber : Canva-Ravindran John Smith

Sesuai dengan namanya, songket Palembang adalah jenis kerajinan tangan Indonesia khas dari kota Palembang. Songket ini dibuat dengan teknik tenun Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM). Saat digunakan, songket ini membuat kesan yang sangat mewah.

Ini dihasilkan dari penggunaan benang emas dan perak yang menghiasi motif songket. Songket Palembang sangat fleksibel dan dapat digunakan untuk berbagai jenis pakaian, rok, atau dipadukan dengan jenis kain lainnya.

5. Angklung

Angklung  | Sumber : Canva-RossiAgung
Angklung  | Sumber : Canva-RossiAgung

Angklung, alat musik yang berkembang dari masyarakat Sunda ini dibuat dari bambu dan dibunyikan dengan cara digoyangkan. Alat musik ini menarik perhatian bagi penduduk lokal dan mancanegara.

Angklung dapat dibeli satu set ataupun satuan. Adapun bentuk lain yang tersedia seperti gantungan kunci dan miniature angklung, yang bisa kamu beli untuk buah tangan ataupun souvenir pernikahan.

Singkatan Nama Pahlawan Indonesia, Udah Tahu Belum?

6. Anyaman Bambu

Anyaman Bambu  | Sumber : Canva-Thao Nhu
Anyaman Bambu  | Sumber : Canva-Thao Nhu

Orang-orang di pedesaan masih sering menganyam dan menciptakan salah satu kerajinan tangan yaitu anyaman. Anyaman dapat menggunakan berbagai bahan, salah satunya termasuk bambu.

Di Indonesia, ada banyak daerah yang membuat anyaman bambu, seperti Buleleng, Tangerang, Banyuwangi, Kudus, dan Tasikmalaya. Produk anyaman bambu dapat berupa beberapa barang yang bervariasi seperti kipas, keranjang, tas, tikar, wadah, besek, ceting, dan tempat nasi.

7. Gerabah

Gerabah | Sumber : Canva-Jeridu
Gerabah | Sumber : Canva-Jeridu

Gerabah adalah jenis seni kerajinan tangan yang dibuat dari tanah liat atau tanah liat yang dibakar. Gerabah dapat berupa peralatan dapur, wadah penyimpanan, vas bunga, patung, atau hiasan rumah tangga lainnya.

Beberapa daerah di Indonesia yang menghasilkan gerabah adalah Cirebon, Yogyakarta, Purwakarta, Bandung, dan Bali. Selain itu, gerabah sering menjadi ekspresi warisan budaya dan seni suatu daerah atau masyarakat.

8. Wayang Kulit

Wayang Kulit | Sumber : Canva-Satrio Ramadhan
Wayang Kulit | Sumber : Canva-Satrio Ramadhan

Wayang kulit adalah seni tradisional Indonesia yang menggunakan boneka kulit untuk menghidupkan kisah pewayangan. Wayang kulit berasal dari Indonesia, terutama di pulau Jawa. Karya ini dibuat dari kulit kerbau atau sapi yang dipotong tipis dan dihiasi.

Dalang merupakan seseorang yang menceritakan cerita epik dari mitologi atau sastra klasik Indonesia, berbicara dan mengontrol gerakan boneka kulit ini.

9. Noken

Noken | Sumber : Canva-Benito Anu
Noken | Sumber : Canva-Benito Anu

Noken adalah tas tradisional Papua. Tas ini terbuat dari serat alami kulit kayu atau tanaman seperti akar dan serat pohon kelapa. Noken biasanya berbentuk bulat atau lonjong dan memiliki tali bahu di bagian atas. Orang Papua menggunakan tas ini untuk membawa barang sehari-hari seperti hasil bumi, alat berburu dan barang-barang pribadi lainnya.

5 Fakta Menarik Tentang Ibu Kota Indonesia yang Baru

10. Kipas Kayu Cendana

Kipas Kayu Cendana | Sumber : Canva-Jinjo0222988
Kipas Kayu Cendana | Sumber : Canva-Jinjo0222988

Hingga saat ini, kipas kayu cendana masih diminati sebagai souvenir saat berkunjung ke Pulau Dewata. Kipas lipat ini terbuat dari cendana, jenis kayu yang langka dan memiliki aroma yang unik. Tidak hanya berfungsi sebagai alat untuk menghilangkan panas, tetapi juga merupakan dekorasi yang menarik untuk melengkapi pakaian tradisional atau hiasan rumah.

11. Ukiran dan Pahatan Kayu

Ukiran dan Pahatan Kayu  | Sumber : Canva-Antoni Halim
Ukiran dan Pahatan Kayu  | Sumber : Canva-Antoni Halim

Berasal dari Jepara, sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah, Indonesia, yang terkenal karena membuat kayu dengan sangat baik. Mebel seperti meja, kursi, lemari, dan tempat tidur biasanya merupakan bagian dari karya seninya. Kerajinan kayu Jepara telah menjadi terkenal di luar negeri dan masih diminati hingga saat ini.

Bunga, daun, hewan, dan elemen alam lainnya digunakan sebagai motif. Setiap ukiran dan pahatan kayu yang dibuat memiliki kehalusan dan keunikan yang tidak dapat ditandingi.

12. Kerajinan Kulit

Kerajinan Kulit | Sumber : Canva-Studio Doros
Kerajinan Kulit  | Sumber : Canva-Studio Doros

Kerajinan kulit merupakan komponen penting dari warisan budaya dan industri kreatif Indonesia. Kulit buaya dan kulit domba atau sapi digunakan untuk membuat karya seni ini. Pulau Jawa dianggap sebagai pusat industri kerajinan kulit, wilayah yang terkenal dengan produk kulit diantaranya Garut, Sidoarjo, Magetan, dan Yogyakarta.

Produk kerajinan kulit Indonesia sering diminati oleh pasar domestik maupun internasional karena kualitas, keindahan, dan daya tahannya.

Ini hanyalah beberapa contoh hasil kerajinan tangan dari berbagai tempat di Indonesia, ada banyak lagi karya seni di berbagai tempat yang belum dijelajah. Dengan membeli kerajinan tangan Indonesia ini, kamu tidak hanya menunjukkan rasa nasionalisme, tetapi juga membantu pertumbuhan ekonomi lokal.

Indonesia Mulai Ramai Turis, Ini Alasannya!

Jika kamu ingin menikmati kekayaan budaya Indonesia melalui kerajinan tangan yang unik, wisata belanja kerajinan tangan khas Indonesia adalah pilihan yang tepat. Perjalanan ini tidak hanya akan memberi pengalaman berharga dan pemahaman yang lebih baik tentang warisan budaya yang luar biasa, tetapi juga akan membawa pulang produk yang indah.

Selamat berbelanja dan menikmati keindahan produk kerajinan tangan Indonesia yang unik ya, SohIB !