Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Introvert! Apa jurusan yang kamu mau Ada?

Rekomendasi Jurusan Kuliah untuk Introvert! Apa jurusan yang kamu mau Ada?

Kenali jurusan kuliah yang cocok untuk seorang introvert | Sumber: Unsplash (Alexandru Zdrobău)

Tipe kepribadian seseorang cenderung berbeda-beda dan umumnya dibagi menjadi 3, yaitu ekstrovert, introvert, dan juga ambivert. Hal ini dapat dipengaruhi oleh beberapa sebab, seperti faktor keluarga dan lingkungan.

Pribadi introvert cenderung memiliki tingkat kosentrasi yang tinggi, tidak banyak bicara tetapi banyak bekerja, sederhana, dan menghindari jadi pusat perhatian. Namun, banyak orang terkadang tidak menyadari bahwa sebenarnya dirinya sendiri merupakan orang yang introvert. Yuk, kenali ciri-ciri secara umum apakah kamu introvert atau bukan!

1. Waktu untuk Diri Sendiri

Seorang introvert cenderung menghabiskan waktu diri sendiri. Karena itulah, mereka tampak lebih tenang dan menyukai kesunyian saat beristirahat ataupun melakukan hal yang ia sukai.

2. Tidak Terlalu Menyukai Bersosialiasi

Mereka kurang menyukai tempat yang ramai dan bertemu terlalu banyak orang dikarenakan merasa akan cepat merasa lelah jika terlalu sering berinteraksi.

3. Lebih Menyukai Pekerjaan yang Bersifat Individu

Ciri-ciri introvert selanjutnya yaitu bersemangat jika bekerja sendiri dibandingkan harus melakukannya secara kelompok. Sebabnya, mereka akan lebih mudah fokus dalam menyelesaikan sesuatu, ketimbang berbagi ide dengan satu timnya.

Apabila SohIB ingin melanjutkan pendidikan ke lebih tinggi lagi, tentunya perlu pertimbangan yang tepat agar dapat memaksimalkan potensi serta bakatmu. Maka itu, penting untuk mengenali jurusan kuliah yang akan dipilih. Jangan terburu-buru dalam memutuskannya atau termotivasi karena ikut-ikutan semata.

Berikut rekomendasi jurusan kuliah yang bisa kamu pilih dan cocok untuk "si pendiam", mari kita cek bersama-sama!

Teknik Informatika

jurusan yang cocok untuk introvert

Teknik Informatika l Sumber: Pexels (Mikhail Nilov)

Poin pertama ini bisa menjadi pilihan yang tepat untuk kamu yang suka bereksplorasi tentang teknologi, mulai dari membangun website, software, maupun jaringan lainnya. Jurusan ini dapat menjadi opsi bagi seorang introvert, sebab tidak mengharuskan kita untuk berinteraksi dengan banyak orang. Terlebih lagi, jenis pekerjaan ini bisa ditangani sendirian.

Teknik informatika berkaitan erat dengan komputer. Oleh karena itu, perlu adanya fokus yang tinggi dan logika dalam berpikir untuk menyelesaikan pekerjaannya, misalkan saat coding, pengoperasian aplikasi program, atau lainnya. Dengan adanya perkembangan teknologi yang sangat pesat, jurusan Teknik Informatika semakin banyak dicari oleh banyak perusahaan, lo

Farmasi

Jurusan farmasi merupakan salah satu alternatif program studi yang belajar tentang dunia medis selain dokter, karena pada dasarnya farmasi juga mempelajari ilmu kesehatan dan kimia.

Prodi yang biasanya berada di bawah Fakultas Kesehatan ini berkutat pada pembuatan formula dan menganalisisis obat-obatan. Di jurusan terebut, kamu juga akan belajar bagaimana meracik, mengombinasi, bahkan menciptakan obat juga, dengan catatan tetap memenuhi standar kualitas dan kelayakan juga.

Jurnalistik

Jurnalistik l Sumber : Pexels (Markus Winkler)

Jurnalistik adalah ilmu yang mempelajari bagaimana cara mengumpulkan, memproduksi, serta mengelola informasi dengan menuangkan sebuah ide di dalam sebuah berita. Untuk anak yang memiliki keterampilan dalam menulis serta penelitian yang kuat, jurusan ini cocok untuk kamu dengan kepribadian seorang introvert. Btw, jurnalistik itu tidak hanya bentuk tulisan saja, tetapi juga audio, visual, dan audio visual.

Sastra

Sastra merupakan jurusan yang berkaitan dengan membaca serta menulis. Karenanya, tidak sedikit mahasiswanya yang membutuhkan suasana kondusif dan tenang dalam menemukan inspirasi tulisannya. Mereka juga akan lebih banyak menelaah tentang karya-karya pujangga dan mempelajari struktur penulisan secara mendalam.

Desan Grafis

desain grafis untuk anak introvert bisa jadi cocok
Graphic Design l Sumber : Pexels (Tranmautritam)

Jurusan desain grafis nggak hanya akan belajar menghasilkan suatu karya secara visual saja, tetapi juga agar bisa mengembangkannya menjadi kariermu di masa depan. Memang sih, kamu tetap memerlukan kerjasama tim. Namun di balik itu, karena seorang graphic designer memerlukan ketenangan untuk berfikir, kamu tetap akan mendapatkan ruang untuk berkreasi sendiri kok, jadi tidak perlu khawatir, ya

Itulah 5 rekomendasi jurusan kuliah untuk SohIB yang memiliki kepribadian introvert. Gimana, sudah ada gambaran jurusan yang menarik untuk kamu?