5 Rekomendasi Gunung yang Cocok bagi Pendaki Pemula di Sumatera Barat

5 Rekomendasi Gunung yang Cocok bagi Pendaki Pemula di Sumatera Barat

Gunung Talang, salah satu gunung yang bisa dicoba pendaki pemula di Sumatera Barat | Koleksi pribadi: Irfan Jumadil Aslam

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Pulau Sumatera merupakan salah satu surga bagi para SohIB menyukai olahraga hiking atau mendaki gunung. Bukit Barisan yang menjalar dari ujung utara hingga selatan Pulau Sumatera membuat banyak sekali tempat yang bisa dikunjungi jika ingin melakukan pendakian.

Hal serupa juga bisa SohIB temui jika berkunjung ke Sumatera Barat. Selain dikarunia pesisir pantai yang indah, di Sumatera Barat juga terdapat beberapa gunung dengan ketinggian beragam.

Bahkan, gunung tertinggi di Pulau Sumatera yang juga menjadi tertinggi kedua di Indonesia, Gunung Kerinci juga berada di Ranah Minang. Gunung dengan ketinggian 3.805 mdpl tersebut berada di perbatasan antara provinsi Sumatera Barat dan Jambi.

Meskipun demikian, Gunung Kerinci bukanlah satu-satunya gunung yang bisa dikunjungi di Sumatera Barat. Terdapat beberapa gunung lainnya dengan ketinggian yang bisa SohIB kunjungi. Selain itu, juga terdapat gunung-gunung yang bisa dikunjungi bagi para pendaki pemula yang baru saja mencoba olahraga hiking ini.

Berikut ini 5 rekomendasi gunung yang bisa dicoba untuk para pendaki pemula di Sumatera Barat.

1. Gunung Talang

Dilansir dari laman solokkab.go.id, Gunung Talang berada di Kabupaten Solok, Sumatera Barat. Gunung dengan ketinggian 2.572 mdpl tersebut dikelilingi oleh empat kecamatan, yakni Danau Kembar, Lembah Gumanti, Lembang Jaya dan Gunung Talang.

Terdapat beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui oleh para pendaki untuk menuju puncak Gunung Talang. Saya pernah mencoba dua jalur pendakian Gunung Talang, yaitu Aie Batumbuk dan Bukik Bulek.

Menurut saya, para pemula bisa mencoba dua jalur ini. Perbedaan antara dua jalur ini terletak pada jarak tempuh dan durasi pendakian.

Pendakian lewat Bukik Bulek bisa ditempuh dalam waktu yang lebih cepat dibandingkan dengan Aie Batumbuk. Akan tetapi, pendakian Gunung Talang via Bukik Bulek lebih banyak didominasi oleh medan menanjak dibandingkan dengan Aie Batumbuk.

2. Gunung Marapi

Gunung kedua yang bisa dicoba ketika berkunjung ke Sumatera Barat adalah Gunung Marapi. Gunung ini secara administratif berada di wilayah Kabupaten Agam dan Kabupaten Tanah Datar. Gunung dengan ketinggian 2.891 mdpl merupakan salah satu gunung aktif di Sumatera Barat.

Beberapa jalur pendakian yang bisa dilalui oleh para pendaki adalah . Pada akhir tahun lalu, Pemerintah Sumatera Barat juga baru saja meresmikan satu jalur pendakian baru yang bisa dilalui, yaitu Jalur Pendakian Proklamator.

Dikutip dari laman sumbarprov.go.id, jalur pendakian terbaru ini baru saja diresmikan pada 30 Oktober 2022 lalu. Pembukaan jalur ini sekaligus dilakukan untuk reaktivasi Taman Wisata Alam Gunung Marapi.

3. Gunung Singgalang

Gunung Singgalang berada tidak jauh dari Gunung Marapi dan Gunung Tandikek. Ketiga gunung ini dikenal dengan Puncak Tri Arga yang memiliki makna penyangga langit Minangkabau.

Gunung Singgalang memiliki ketinggian 2.877 mdpl. Dilansir dari laman sumbarprov.go.id, salah satu keindahan yang bisa dinikmati dari gunung ini adalah hutan lumut di jalur pendakian dan telaga yang ada di puncak gunung. Kamu bisa melewati jalur pendakian via Pandai Sikek untuk mencapai puncak Gunung Singgalang.

4. Gunung Tandikek

Jika dilihat dari kejauhan, Gunung Tandikek terlihat seperti gunung kembar dengan Gunung Singgalang. Posisi Gunung Tandikek dan Gunung Singgalang yang saling berhadapan membuat kedua gunung ini terlihat seperti menempel satu sama lain dari kejauhan.

Kamu bisa melakukan pendakian gunung yang memiliki ketinggian 2.438 mdpl ini dengan melalui basecamp di Lubuak Mato Kuciang, Sumatera Barat.

5. Gunung Sago

Gunung terakhir yang bisa kamu coba untuk dikunjungi ketika berada di Sumatera Barat adalah Gunung Sago. Pendakian di Gunung Sago mungkin tidak sebanyak yang ada di gunung lainnya. Meskipun demikian, gunung dengan ketinggian 2.262 mdpl ini tetap menarik untuk dikunjungi.

Gunung sago terletak di wilayah Kabupaten Lima Puluh Kota dan Kabupaten Tanah Datar. Kamu bisa memulai pendakian Gunung Sago lewat jalur yang ada di Desa Sikabu-Kabu. Salah satu keunikan yang bisa dinikmati dari Gunung Sagu adalah kaldera mati yang berada di puncak gunung tersebut.

Itulah 5 rekomendasi gunung yang mungkin bisa SohIB jajal untuk didaki di Sumatera Barat. Meskipun demikian, perlu diingat agar SohIB tetap mempersiapkan pendakian yang akan dilakukan dengan matang, agar tetap bisa aman dan selamat kembali ke rumah.