Recover Together, Recover Stronger - Pulih Bersama, Hidup Berkelanjutan

Recover Together, Recover Stronger - Pulih Bersama, Hidup Berkelanjutan

HIRUK PIKUK YOGYAKARTA DALAM MEMBANGUN KEHIDUPAN BERKELANJUTAN

#SobatHebatIndonesiaBaik

#JadiKontributorJadiInspirator

#BerbagiMenginspirasi

#SohIBBerkompetisiArtikel

PULIH BERSAMA, HIDUP BERKELANJUTAN

Pasar Beringharjo Yogyakarta|Dokumentasi Sendiri

Pasar Beringharjo terletak di yogyakarta.  Pasar ini adalah salah satu tempat yang  tidak boleh terlewatkan ketika kita sedang berwisata di  Yogyakarta. Mengapa?????

Ya, benar. Pasar Beringharjo adalah salah satu tempat yang wajib dikunjungi oleh wisatawan baik lokal maupun mancanegara. Karena tempat ini adalah tempat jual beli pakaian, aksesoris, hiasan, dll.  Selain harganya yang terjangkau, pengunjung dapat  bebas memilih oleh oleh atau cinderamata untuk keluarganya karena banyaknya dan sangking lengkapnya barang yang disediakan. Mulai dari kemeja batik, celana, daster, hiasan dinding, kain, gorden, patung patung kecil, topi, makanan khas jogja dan sebagainya.

Pasar ini terletak di samping jalan raya arah titik nol kilometer yogyakarta. Tidak heran banyak berlalu lalang kendaraan, dan orang berjualan keliling. Dari mulai memperjualkan minuman, sate,  arumanis, topi, dll.

Apalagi dalam waktu 2 tahun yang lalu,  kita dihadapkan dengan kondisi pandemi COVID-19 yang membatasi ruang gerak kita dari mulai bekerja dari rumah, sekolah dari rumah, pembatasan wisata bahkan ada yang sampai tutup, larangan mudik. Akibat dari pandemi tersebut akhirnya menimbulkan  dampak besar bagi kita semua, terutama bagi para pelaku ekonomi. Dari mulai turunnya pengunjung wisata, pembeli hingga banyaknya pekerja yang dihentikan.

Semenjak pemerintah melonggarkan ruang gerak kita, tidak heran banyak orang yang keluar rumah untuk jalan jalan, berwisata, dan menghabiskan waktu untuk keluarganya. Hal itu sangat disambut baik salah satunya bagi para pelaku ekonomi di sektor pariwisata. Mulai dari Ibu, Bapak, Kakek, Nenek,bahkan sampai anak kecil menjajakan dagangannya.

Potret Dagang
Potret Ibu berjualan|Dokumentasi Sendiri

Berharap dengan berjualan mereka dapat bangkit dari keterpurukan yang sudah mereka alami, berjuang agar dapat memenuhi kebutuhan keluarganya sehari-hari. Ketika saya berjalan menyusuri sudut kota, saya berjumpa dengan banyak para pedagang. Disuatu waktu ketika mau turun hujan,  saya berjumpa dengan seorang anak kecil yang sedang menjajakan minumannya sambil duduk termenung . 

Potret Adik berjualan|Dokumentasi Sendiri

Kemudian menghampirinya dan sedikit mengobrol dengannya. Tidak lupa juga saya membeli jualannya. Dengan semangat adek ini langsung gembira sekali saat dagangannya terjual. Seketika saya berpikir, betapa beruntungnya hidup saya,  masa  kecil yang seharusnya dipenuhi dengan bermain dan bercanda dengan teman-teman sebayanya.Adek ini memilih jualan untuk membantu orang tuanya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya. Dengan penuh semangat dia melanjutkan berjualan dengan hentakan kaki melangkah, dan suara yang keras.

Yogyakarta adalah salah satu tempat dimana banyak orang yang menggantungkan kelangsungan hidupnya disana.Berharap dengan banyaknya pembukaan sektor pariwisata yang ada di Yogyakarta dapat meningkatkan pendapatan mereka. Dan dapat membuka lowongan pekerjaan bagi para pekerja disana. 

Dengan pembukaan kursus dan pelatihan  terutama bagi para generasi muda dapat menciptakan nilai sumber daya manusia yang berkualitas  yang dapat menciptakan atau menemukan ide ide gagasan yang baru untuk masa depan  yang akan mendatang. Generasi muda inilah yang akan meneruskan perjuangan dan warisan budaya daerah dan negara.

Kesuksesan tidak  dapat diraih tanpa perjuangan dan pengorbanan. Berjuang lebih dini, berkorban lebih dini merupakan aset penting yang akan membawa kita menuju kehidupan yang terarah dan spesifik.  Hidup sebagaimana mestinya, menerima apa yang sedang kita miliki, bersyukur  dan jangan lupa membangun mindset bahwa kita harus lebih baik dari masa sekarang dan yang mendatang. Persiapan mental yang kuat membuat kita mudah beradaptasi dengan lingkungan baru.