QRIS, Bukti Kemajuan Digitalisasi Ekonomi Indonesia di Negara ASEAN

QRIS, Bukti Kemajuan Digitalisasi Ekonomi Indonesia di Negara ASEAN

Transaksi dengan QR code | pexels.com (imintechnology)

#SohIBBerkompetisiArtikel
Baru saja berlangsung pada tanggal 10-11 Mei 2023 di Labuan Bajo, KTT ke-42 ASEAN mencapai kesepakatan di bidang ekonomi, yakni untuk menekankan konektivitas pembayaran digital antarnegara yang dapat mempertahankan ASEAN sebagai pusat pertumbuhan ekonomi.

Mengutip artikel dari laman resmi presidenri.go.id, Presiden RI Jokowi Widodo mengapresiasi pelaksanaan KTT ke-42 ASEAN serta ingin melihat ASEAN yang mampu menghadapi segala tantangan, termasuk salah satunya tantangan untuk selalu bertumbuh di era digitalisasi.

ASEAN 42
Para Pemimpin ASEAN di ASEAN 2023 | BPMI Setpres/Muchlis Jr

Pesatnya arus digitalisasi juga menjadi tantangan bagi berbagai sektor di Indonesia, salah satunya sektor ekonomi untuk memanfaatkan teknologi semaksimal mungkin dalam upaya memperlancar arus transaksi, sehingga turut andil mengoptimalkan perekonomian ASEAN.

Era digitalisasi mempengaruhi masyarakat Indonesia, terutama kalangan muda Indonesia, untuk bertransaksi secara online dengan memindai kode QR dari berbagai e-wallet dibandingkan bertransaksi menggunakan uang kertas dan logam.

Didukung data indonesiabaik.id menunjukkan perolehan transaksi uang elektronik sepanjang tahun 2022 mencapai Rp 399,6 triliun yang merepresentasikan masyarakat Indonesia memilih cashless dengan lebih mempersiapkan saldo e-wallet dibanding membawa uang cash.

QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) menjadi bukti adanya kemajuan bidang perekonomian di Indonesia dengan memadukan digitalisasi di dalamnya. QRIS memfasilitasi masyarakat Indonesia dalam melakukan pembayaran melalui pemindaian kode QR.

Bank Indonesia meluncurkan QRIS pertama kali pada tanggal 17 Agustus 2019 dengan pengimplementasian pertama kali pada 1 Januari 2020 saat wabah Covid-19 merebak. Bank Indonesia juga merangkul generasi milenial agar turut andil mendukung pengaplikasian QRIS saat bertransaksi.

Jokowi Widodo, sebagai orang nomor satu di Republik Indonesia, menaruh harapan agar QRIS dapat digunakan di 4 negara ASEAN, yakni Malaysia, Singapura, Thailand, dan Filipina dalam mewujudkan proses pembayaran yang lebih cepat, murah, transparan, serta inklusif.

QRIS
QRIS | qris.id

QRIS sebagai karya Bank Indonesia telah bekerja sama dengan keempat bank negara ASEAN, antara lain Bank Negara Malaysia (BNM), Bangko Sentral ng Pilipinas (BSP), Monetary Authority of Singapore (MAS), dan Bank of Thailand (BOT).

QRIS antarnegara akan mempermudah wisatawan Indonesia untuk melakukan pembayaran saat berbelanja di negara asing dengan memindai kode QR tanpa perlu mengonversi atau menukarkan mata uang, sehingga QRIS diandalkan mempunyai nilai efisiensi tinggi.

Thailand menjadi negara pertama menggunakan QRIS sejak 29 Agustus 2022 setelah uji coba selama setahun. Malaysia juga resmi mengimplementasikan QRIS pada tanggal 8 Mei 2023. Singapura dan Filipina akan menjadi negara selanjutnya yang dapat mengaplikasikan QRIS setelah tahap pengembangan oleh BI selesai.

Apabila QRIS telah masuk pada tahap finalisasi dan dapat digunakan dengan baik di keempat negara tersebut, wisatawan Indonesia semakin dipermudah untuk bertransaksi dari adanya peningkatan dan fleksibilitas dari layanan pembayaran karya anak negeri Indonesia.

Perkembangan QRIS di Tanah Air

Era digitalisasi menuntut Bank Indonesia memodifikasi proses transaksi agar lebih efisien dengan meluncurkan QRIS di berbagai tempat perbelanjaan, mulai dari area pasar tradisional, UMKM, toko, swalayan, dan pusat perbelanjaan atau mall.

Dilansir pada laman resmi QRIS yang terhitung pada tanggal 18 Mei 2023, 416 Kabupaten dan 98 kota di seluruh penjuru Indonesia telah menggunakan QRIS pada 237.777 merchants. Angka tersebut sebagai cerminan bahwa masyarakat Indonesia telah memilih QRIS sebagai salah satu media bertransaksi agar memudahkan pelanggan saat melakukan pembayaran.

Bagi toko yang belum memiliki layanan pembayaran QRIS, dapat melakukan registrasi sebagai merchants QRIS melalui halaman resmi qris.id atau mengunduh aplikasi QRIS di Appstore maupun Playstore.

Bagi pengunjung toko yang ingin melakukan pembayaran QRIS, dapat mengecek saldo m-banking atau e-wallet terlebih dahulu, menanyakan kode QRIS berupa barcode atau NMID dari toko tersebut, dan membuka ikon QRIS pada m-banking atau e-wallet untuk memindai kode QR.

Kode QRIS bersifat fleksibel, sehingga dapat difoto dan dikirimkan kepada pelanggan yang jaraknya jauh dari toko dan melakukan pembayaran dengan mengunggah foto QRIS atau mengetik NMID toko pada pilihan yang tersedia di m-banking maupun e-wallet.

payment with scan qr code
Pembayaran dengan memindai kode QR | unsplash.com (David)

Tidak hanya masyarakat Indonesia, wisatawan mancanegara juga akan merasakan efisiensi QRIS saat berbelanja karena QRIS yang disusun bersama Asosiasi Sistem Pembayaran Indonesia (ASPI) menggunakan standar Internasional EMV Co.

Melihat kebermanfaatan yang diberikan, QRIS digadang-gadang juga dapat mendukung perkembangan sektor pariwisata di Nusantara karena transaksi pembayaran wisatawan, baik lokal maupun internasional, akan berjalan lebih aman, cepat, dan terjamin.

Fenomena penggunaan QRIS dalam keseharian masyarakat Indonesia membuktikan bahwa Indonesia mampu berperan meningkatkan pertumbuhan ekonomi melalui pengoptimalan digitalisasi bagi negara sendiri, terutama pasca Covid-19.

Kerja sama yang dijalin oleh Indonesia dengan negara tetangga juga pada akhirnya membuka mata dunia bahwa sejatinya Indonesia mampu tetap berdiri dan berkembang karena dukungan rakyat yang terlaksana baik oleh para wakil rakyat serta pemimpin.

Teramat penting dan tidak dilupakan adalah QRIS sebagai karya anak bangsa memerlukan apresiasi tinggi dari pemuda/pemudi Indonesia dengan menerapkan QRIS saat berbelanja, melakukan transaksi pembiayaan, dan alternatif dalam pembayaran tagihan.

Indonesia berkarya, ASEAN bersinergi!

Referensi:

https://qris.id/homepage/

https://www.bi.go.id/id/publikasi/ruang-media/cerita-bi/Pages/QRIS-antar-negara.aspx#:~:text=Implementasi%20QRIS%20antarnegara%20saat%20ini,Jepang%20pun%20akan%20segera%20menyusul.

https://lpm.uma.ac.id/bi-catat-sudah-banyak-orang-ri-pakai-qris-saat-belanja-di-thailand/

https://katadata.co.id/agustiyanti/finansial/63ee0226da013/bi-catat-sudah-banyak-orang-ri-pakai-qris-saat-belanja-di-thailand#:~:text=Implementasi%20pembayaran%20lintas%20negara%20berbasis,setelah%20uji%20coba%20selama%20setahun.

https://www.cnnindonesia.com/ekonomi/20230508110110-78-946615/belanja-di-malaysia-bisa-pakai-rupiah-via-qris-mulai-hari-ini#:~:text=Bagikan%20%3A,RI%2DMalaysia%20bisa%20pakai%20QRIS.

https://databoks.katadata.co.id/datapublish/2022/05/07/nilai-transaksi-qris-tumbuh-305-pada-februari-2022

https://www.kemendag.go.id/berita/pojok-media/indonesia-resmi-jadi-ketua-asean-2023-apa-saja-tugasnya

https://www.presidenri.go.id/siaran-pers/presiden-jokowi-sampaikan-sejumlah-hasil-ktt-ke-42-asean/