7 Prospek Kerja di Jurusan Keperawatan, Sudah Tahu?

7 Prospek Kerja di Jurusan Keperawatan, Sudah Tahu?

Adakah prospek pekerjaan keperawatan selain di bawah ini? | Sumber: Unsplash (Hush Naidoo)

Ilmu Keperawatan merupakan salah satu cabang dari rumpun kesehatan yang banyak diminati di Indonesia. Pada universitas di negara kita, keperawatan masuk ke dalam Fakultas Kedokteran atau Fakultas Kesehatan Masyarakat.

Tingkat keketatan masuk jurusan ini pun terbilang ketat lo, SohIB! Meski begitu, setiap tahunnya terdapat ribuan bahkan jutaan calon mahasiswa yang menempuh ujian untuk masuk Ilmu Keperawatan.

Berbicara mengenai profesi, siapa bilang lulusan Ilmu Keperawatan cuma kerja jadi perawat di rumah sakit? Meskipun pada umumnya jurusan ini akan bekerja di dunia medis, tetapi dewasa ini sudah terdapat banyak sekali lahan pekerjaan yang bisa dijadikan pilihan, kok. Penasaran apa saja?  Yuk, SohIB, mari kita simak 7 prospek kerja di Jurusan Keperawatan!

1. Perawat di Rumah Sakit

https://unsplash.com/photos/Pd4lRfKo16U (Photo by Luis Melendez on Unsplash)
Bekerja di rumah sakit sebagai perawat adalah profesi paling umum digeluti oleh lulusan Ilmu Keperawatan | Sumber: Unsplash (Luis Melendez)

Yup, tentunya profesi ini menjadi peminatan paling umum yang dituju para jebolan Ilmu Keperawatan! Di sini, perawat bertugas untuk membuat assessment, melakukan pengecekan, mengobservasi, melaporkan situasi darurat, membantu bila pasien atau keluarga pasien membutuhkan pertolongan selama perawatan, dan masih banyak lagi. 

Rumah sakit akan terasa seperti rumah keduamu bila SohIB memutuskan untuk menjalani profesi ini. Dibutuhkan rasa empati dan dedikasi yang tinggi saat menjadi perawat. Kesehatan juga sangat wajib dijaga karena kamu akan lebih sering kontak dengan pasien-pasien yang dirawat. Duh, jadi ingat Florence Nightiangle nggak sih?

Baca juga: 5 Vaksin COVID-19 yang Paling Sering Digunakan di Indonesia, Apa Saja?

2. Ahli Epidemiologi

https://unsplash.com/photos/7jjnJ-QA9fY (Photo by Ani Kolleshi on Unsplash)
Menyelidiki wabah di masa depan adalah tugas utama ahli epidemiologi | Sumber: Unsplash (Ani Kolleshi)

Masih nggak jauh-jauh dengan dunia kesehatan, tetapi dalam konteks yang berbeda. Dari nama epideminya saja pasti sudah terbayang, bukan? Ahli Epidemiologi adalah orang yang mempunyai keahlian dalam menyelidiki penyakit terutama dengan tujuan agar tidak menjadi wabah di masa depan.

Lebih detailnya lagi, para ahli ini akan membuat perencanaan studi, mengawasi kesehatan masyarakat, mengkaji, menganalisis, membuat kebijakan, dan melaporkan penemuannya yang berkaitan dengan penyakit menular ke pihak yang berwenang. Wah keren ya, seperti detektif saja!

3. Health Visitor

https://www.pexels.com/photo/crop-mother-dressing-cute-newborn-baby-3875197/ (Photo by Polina Tankilevitch from Pexels)
Health visitor sudah popular di luar negeri, lo! | Sumber: Pexels (Polina Tankilevitch)

Meskipun belum terlalu ramai di Indonesia, health visitor sudah menjadi kebutuhan di dunia keperawatan luar negeri. Profesi ini mirip dengan konseling yang melibatkan keluarga dan anak. Karena itu, selain ijazah Ilmu Keperawatan atau Kebidanan, diperlukan pelatihan tambahan sebagai penunjang.

Beberapa tugas health visitor antara lain adalah membantu keluarga baru dalam perencanaan keluarga sehat, memberikan pengarahan yang berkaitan dengan kebutuhan anak baik secara fisik dan mental, dan memberikan dukungan moral untuk situasi seperti depresi pasca melahirkan, suasana kedukaan, dan kekerasan dalam rumah tangga.

4. Asisten Klinik Kecantikan

https://www.pexels.com/photo/selective-focus-photo-of-woman-getting-a-head-massage-3760270/ (Photo by Andrea Piacquadio from Pexels)
Punya passion di bidang kecantikan dan bergelar sarjana keperawatan? Pilih profesi ini saja! | Sumber: Pexels (Andrea Piacquadio)

Skincare dan bodycare memang sedang digandrungi saat ini, terutama kaum wanita. Bermacam-macam clinical treatment demi kecantikan sudah nggak asing lagi. Sebut saja peeling, facial, setrika wajah, dan lain-lain.

SohIB adalah seorang perawat yang mempunyai passion di dunia kecantikan wajah dan tubuh? Bisa banget disatukan melalui profesi ini. Asisten klinik kecantikan sama-sama bertugas dalam perawatan kok, hanya saja kamu akan berfokus pada beauty treatment.

Beberapa masalah yang dikeluhkan pasien dan akan kamu hadapi di sini antara lain problem jerawat, kulit kusam, anti-aging treatment, brightening treatment, body slimming, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

5. Homecare Nurse

https://unsplash.com/photos/pA0uoltkwao (Photo by Hush Naidoo on Unsplash)
Homecare Nurse akan membuat kita lebih banyak bekerja berpindah-pindah tempat | Sumber: Unsplash (Hush Naidoo)

Jadi perawat tanpa bekerja di klinik ataupun rumah sakit? Mungkin homecare nurse bisa menjadi salah satu pilihan kamu! Mirip dengan pekerja lepas, profesi ini memiliki waktu yang lebih flexible karena perawat akan mengatur sendiri jadwal kerjanya dengan pasien. Yang penting, perawat homecare wajib pandai dan cermat dalam memanajemen waktunya.

Bekerjanya pun lebih banyak berkeliling dari rumah ke rumah pasien. Tugasnya adalah membantu para pasien yang membutuhkan perawatan dari rumah, seperti terapi anak, penanganan luka, perawatan untuk lansia, dan lain-lain. Homecare nurse ini sudah mulai menjamur terutama di kota-kota besar di Indonesia.

6. Penulis Artikel Atau Buku Kesehatan

https://unsplash.com/photos/NFvdKIhxYlU (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)
Menjadi penulis buku kesehatan? Siapa takut? | Sumber: Unsplash (National Cancer Institute)

Berkecimpung di dunia penulisan dengan memanfaatkan skill kamu di bidang keperawatan juga keren banget, lo! Sekarang ini, media online menjadi salah satu lahan penghasilan yang enggak main-main. Kamu pasti sudah tidak asing kan, dengan website atau aplikasi tentang kesehatan?

SohIB bisa leluasa menerangkan berbagai macam tulisan tentang dunia kesehatan dengan gaya bahasa sendiri. Di saat teman-temanmu butuh referensi untuk menunjang studinya, penelitian kamu justru malah menjadi bahan rujukan mereka! 

7. Dosen atau Tenaga Pendidik

https://unsplash.com/photos/1-aA2Fadydc (Photo by NeONBRAND on Unsplash)
Menjadi tenaga pendidik membuat ilmu kita semakin mengalir dan melahirkan generasi perawat baru | Sumber: Unsplash (NeONBRAND )

Menjadi dosen atau tenaga pendidik di universitas bisa menjadi salah satu prospek kerja di Jurusan Keperawatan. Meskipun kamu enggak berhubungan langsung dengan pasien, tetapi dari sinilah SohIB akan membantu melahirkan ribuan bahkan jutaan perawat yang hebat di masa depan.

Persyaratan yang diperlukan sebagai syarat menjadi seorang dosen memang panjang, ya. Di antaranya adalah wajib memiliki gelar akademis minimal S2/S3 Ilmu Keperawatan, sehat jasmani dan rohani, lolos pemeriksaan kesehatan, TOEFL atau keterampilan bahasa asing dengan standar tertentu, dan aktif mengikuti pelatihan yang menunjang.

Melampirkan surat rekomendasi yang berhubungan dengan bidang yang dituju dan mempunyai pengalaman magang atau bekerja bisa menjadi nilai plus. Jika kamu berniat menjadi dosen, jangan lupa untuk sering membuka portal lowongan kerja di website-website universitas, Selamat mencoba, ya!

Baca juga: Prinsip Kaizen, Biar Kita Makin Produktif

So, gimana nih SohIB? Apakah kamu sudah tahu potensi lapangan kerja di jurusan Keperawatan? Selain di atas, masih banyak lagi lo, prospek kerja yang belum disebutkan.  Yang terpenting, dimanapun kita sekarang, harus rajin belajar, jangan patah semangat, dan terus berusaha. Jangan lupa share pengalaman kamu untuk yang akan atau sudah berkecimpung di dunia keperawatan, ya! Siapa tahu bisa menjadi inspirasi SohIB lainnya di sini!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)