Prospek Kerja Di Jurusan Kebidanan, Sudah Tahu?

Prospek Kerja Di Jurusan Kebidanan, Sudah Tahu?

Prospek bekerja di jurusan kebidanan, bagaimana menurut kamu? | Sumber: Unsplash (JESHOOTS.COM)

Ilmu Kebidanan merupakan salah satu cabang dari rumpun kesehatan yang populer, terutama di kalangan wanita. Setiap tahun, tingkat seleksi ujian masuk untuk jurusan kesehatan ini ketat, lo. Di Indonesia, terdapat beberapa sekolah kesehatan yang akan ditempuh seseorang untuk belajar Ilmu Kebidanan, antara lain adalah Poltekkes, Akademi Kebidanan, hingga universitas.

Meskipun pada umumnya jurusan ini bekerja di rumah sakit, tetapi di zaman ini kebidanan enggak hanya berkutat disitu saja, kok. Terdapat beberapa sektor yang bisa menjadi prospek kerja untuk para lulusan kebidanan. SohIB penasaran apa saja? Cek disini, ya!

Bidan di Rumah Sakit, Klinik, atau Desa

https://unsplash.com/photos/W6MGOy0QRjs (Photo by 东旭 王 on Unsplash)
Menjadi tenaga medis seperti bidan adalah pekerjaan paling banyak digeluti oleh lulusan kebidanan | Sumber: Unsplash (东旭 王)

Menjadi bidan adalah pekerjaan paling umum untuk para lulusan Ilmu Kebidanan. Tempat yang dipilih bisa di Rumah Sakit Umum Daerah, Rumah Sakit Swasta, atau klinik bersalin. Biasanya bidan akan ditempatkan di bagian persalinan atau menjadi asisten dokter spesialis kandungan.

Bidan yang bekerja di instansi kesehatan bertanggung jawab untuk monitoring pasien, pengecekan pada ibu hamil, mengidentifikasi apabila ada kondisi darurat pada ibu dan bayi, dan melaporkannya pada dokter ahli kandungan. Bidan akan bekerja sama dengan tim medis lainnya seperti dokter, perawat, dan farmasi.

Baca juga: 5 Rekomendasi Portal Lowongan Kerja Tepercaya

Beberapa waktu lalu, banyak muncul di pemberitaan bidan-bidan yang mendiami daerah terpencil untuk membantu warga yang bersalin di sana. Meskipun mengalami keterbatasan fasilitas, mereka tetap mendedikasikan dirinya untuk menolong para ibu yang akan melahirkan.

Bidan di desa biasanya mempunyai pekerjaan yang lebih menantang. Tidak hanya sekedar membantu persalinan, tetapi juga mensosialisasikan program pemerintah tentang Keluarga Berencana, menangani masalah kesehatan reproduksi wanita, posyandu, dan beberapa hal lainnya. Nah, untuk SohIB yang memiliki jiwa petualang dan mempunyai ijazah Ilmu Kebidanan, bisa banget nih menjadi bidan di desa!

Wirausaha

https://unsplash.com/photos/9MoQKZW0nGU Photo by Humphrey Muleba on Unsplash
Menjadi pebisnis di bidang kesehatan? Kenapa tidak? | Sumber: Unsplash (Humphrey Muleba)

Dewasa ini, banyak sekali pekerjaan baru seiring dengan kesadaran masyarakat yang semakin tinggi akan kesehatan mental. Instruktur pra persalinan adalah salah satunya.

Menjadi Instruktur pra persalinan, lulusan kebidanan bertugas untuk memberikan dukungan moral kepada para ibu hamil hingga menjelang persalinan agar tetap rileks dan nyaman.

Lebih detailnya lagi, instruktur pra persalinan akan membantu calon ibu dalam mempersiapkan kelahiran, mengadakan senam hamil, memberikan pengarahan pada orang tua tentang memandikan bayi, imunisasi, dan lain-lain.

Akan lebih keren bila kamu menjadi instruktur pre-natal dan mempunyai klinik bidan sendiri, nih! Pernah terbayang tidak, bila pekerjaan ini membuatmu menjadi seorang wirausaha di bidang jasa dan layanan kesehatan?

Penulis Buku Kesehatan dan Content Creator

Bidang jurnalistik bisa menjadi salah satu pekerjaan yang menjanjikan untuk para bidan yang juga memiliki hobi tulis-menulis atau ingin bekerja dari rumah. Saat ini, pemerintah mulai menggalakkan kembali program untuk rajin membaca. Berbagai buku, blog, website kesehatan, dan e-book sangat mudah ditemukan.

SohIB tentu sering menemukan aplikasi-aplikasi konsultasi kesehatan di store handphone kamu. Salah satu inovasinya adalah pasien dapat berkonsultasi dengan dokter atau tenaga medis lainnya dengan lebih mudah melalui aplikasi tersebut.

YouTube juga bisa menjadi alternative teknologi lain yang bisa dipertimbangkan. Menjadi content creator yang ahli di bidang kebidanan menarik daya penonton, lo! Kamu bisa sharing mengenai suka duka menjadi bidan, tips-tips masuk jurusan kebidanan, hingga membahas pertanyaan followers seputar kewanitaan. Bisa jadi, penghasilan yang SohIB dapatkan lebih banyak daripada menjadi bidan konvensional. Tertarik mencoba?

Baca juga: 6 Soft Skills yang Wajib Dikuasai Sebelum Usia 30

Dosen Kebidanan

https://unsplash.com/photos/gMsnXqILjp4 (Photo by Campaign Creators on Unsplash)
Menjadi dosen, kamu akan 'melahirkan' calon-calon bidan di masa depan | Sumber: Unsplash (Campaign Creators)

Menjadi tenaga pendidik di jurusan kebidanan? Kenapa tidak? Keren lo, menjadi dosen, karena SohIB sama saja menjadi salah satu kontributor pendidikan yang kelak melahirkan bidan-bidan profesional di masa depan.

Selain memberikan materi pengajaran kepada mahasiswa, berprofesi sebagai dosen membuatmu akan terus berpacu memperkaya ilmu, penelitian, dan pengalaman di dunia kesehatan. Peminatan dosen kebidanan biasanya akan lebih spesifik lagi.

Persyaratan yang dibutuhkan untuk menjadi dosen memang membutuhkan waktu yang lebih lama. SohIB sudah harus menempuh gelar akademik kebidanan minimal S2 dari universitas yang terakreditasi, kemampuan bahasa asing dengan skor tertentu, pengalaman kerja yang relevan, motivasi yang tinggi, dan masih banyak lainnya.

Bekerja di Instansi Pemerintah atau Pegawai Kantoran

Setelah lulus dari bangku sekolah kebidanan, banyak para fresh graduate yang tertarik untuk bekerja kantoran, contohnya pegawai BPJS dan Aparatur Sipil Negara (ASN). Biasanya ASN dari jurusan kebidanan akan ditempatkan di Kementerian Kesehatan atau Dinas Kesehatan.

Tugasnya adalah membantu meningkatkan kesehatan masyarakat negara dengan berbagai regulasi, kebijakan, asuransi kesehatan, pelaporan pada badan kesehatan yang berwenang, dan lain-lain.

Nah SohIB, itu dia 5 prospek kerja untuk kamu yang akan atau sedang berkecimpung di dunia kebidanan. Tentunya yang disebutkan di atas belum mewakili semua pekerjaan yang ada, ya.

Bagaimana menurut kamu? Sudah ada bayangan belum SohIB akan menjadi apa setelah lulus nanti? Jangan lupa bagikan cerita menarikmu seputar jurusan dan pekerjaan di cabang Ilmu Kebidanan. Siapa tahu bisa menjadi motivasi dan rujukan SohIB lainnya!

Baca juga: 7 Prospek Kerja di Jurusan Keperawatan, Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)