Prospek Menjanjikan Dari Jurusan Kriminologi, Wajib Tahu!

Prospek Menjanjikan Dari Jurusan Kriminologi, Wajib Tahu!

Kriminologi, jurusan yang masih jarang ditemukan di Indonesia | Sumber: Unsplash (hessam nabavi)

Apakah kamu penggemar film atau serial bergenre misteri seperti Sherlock Holmes atau Detective Conan? Pada tayangan ini, SohIB akan diajak oleh pembuat kisah dalam menguak serangkaian kasus-kasus misterius dan menemukan jawabannya. Alur cerita seperti ini memikat mereka yang senang dengan teka-teki, punya rasa penasaran yang tinggi, dan senang menganalisis sesuatu.

Nah, dalam dunia perkuliahan, ternyata ada lo, jurusan kuliah bagi kamu yang menyukai dunia per-detektif-an. Program studi ini amat jarang ditemukan di Indonesia, namanya adalah Kriminologi.

Baca juga: Prospek Kerja Di Jurusan Kebidanan, Sudah Tahu?

Apa itu Kriminologi?

Dalam definisinya, kriminologi adalah disiplin ilmu yang mempelajari berbagai aspek yang berkenaan dengan kejahatan.

Berdiri di bawah Departemen Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, pada proses belajarnya, mahasiswa jurusan ini akan bertemu dengan banyak mata kuliah yang saling berhubungan dengan cabang ilmu lainnya, seperti hukum, antropologi, psikologi, jurnalistik, dan masih banyak lagi.

Melansir dari laman kriminologi UI, terdapat beberapa mata kuliah yang sangat menarik untuk diikuti, antara lain: Perlindungan Anak, Perempuan dan Keadilan, Kejahatan White-Collar, Kriminologi Forensik, Kejahatan Siber, dan Perdagangan Manusia.

Lantas, apa saja prospek kerja jurusan yang satu ini? Untuk itu, mari kita simak ulasannya bersama-sama!

Lembaga Pemerintahan

https://unsplash.com/photos/7mqsZsE6FaU Photo by Matt Popovich on Unsplash
Bekerja di BIN dan penegak HAM adalah salah satu pekerjaan yang memacu adrenalin | Sumber: Unsplash (Matt Popovich)

Pada pemberitaan-pemberitaan nasional, kita pasti sudah sering mendengar berbagai lembaga pemerintahan seperti Badan Intelijen Negara, Badan Narkotika Nasional, KPK, hingga Komnas HAM. Dengan menjadi mahasiswa Kriminologi, kamu punya kesempatan untuk menjadi bagian dari lembaga-lembaga tersebut. Tak hanya itu saja, kepolisian dan kejaksaan juga banyak membutuhkan kriminolog sebagai bagian dari mereka. Tertarik?

Baca juga: Prospek Bekerja di Jurusan Pendidikan Kimia, Apa Saja?

Jurnalistik

https://unsplash.com/photos/2TL6RxRTwnk Photo by Immo Wegmann on Unsplash
Jurnalistik adalah bidang yang membutuhkan kecepatan waktu dan informasi yang benar | Sumber: Unsplash (Immo Wegmann)

Ketika seseorang memutuskan untuk menjadi seorang jurnalis media, mereka harus memiliki skills seperti mampu berpikir kritis, mampu menyusun kata-kata yang sistematis, mencari informasi yang valid, dan bergerak cepat. Karena tidak jauh berbeda dengan tuntutan pada lulusan Kriminologi, SohIB dengan jurusan ini juga dapat menjadikan jurnalis sebagai pilihan karier-mu!

Penulis

https://unsplash.com/photos/em5w9_xj3uU Photo by Towfiqu barbhuiya on Unsplash
Menjadi penulis misteri dan mendunia? Kenapa tidak? | Sumber: Unsplash (Towfiqu barbhuiya)

Bagi pecinta novel misteri, tentunya tidak asing lagi dengan nama termahsyur Sir Arthur Conan Doyle, si pencipta tokoh Sherlock Holmes! Tahukah kamu, bahwa Doyle menciptakan karyanya karena terinspirasi dari seorang Ilmuwan Forensik yang juga merupakan dosennya semasa kuliah di Edinburgh? Bahkan, nama tengahnya, Conan, menginspirasi komikus detektif dunia, Gosho Aoyama, untuk menciptakan Detective Conan.

Bagi SohIB yang suka menulis alur cerita menegangkan dan ingin bisa dibaca oleh semua kalangan pecinta novel berbau detektif, profesi ini bisa banget kamu pertimbangkan!

Dosen atau Tenaga Pendidik

https://unsplash.com/photos/YRMWVcdyhmI Photo by Dom Fou on Unsplash
Menjadi dosen dapat menularkan ilmumu seluas mungkin dan mencetak generasi unggul lainnya | Sumber: Unsplash (Dom Fou)

Tak akan ada mahasiswa Kriminologi tanpa pendidiknya. Apabila kamu merasa memiliki passion atau ketertarikan khusus sebagai edukator, maka menjadi dosen atau fasilitator bisa menjadi pilihannya. Di sini, kamu akan memberikan materi kepada para mahasiswa. The good thing is, suatu saat, dari ‘tangan’mu-lah akan terlahir puluhan bahkan ratusan kriminolog yang berkompeten dan siap mengabdi pada negara. Isn’t that wonderful?

Grafologi

https://unsplash.com/photos/y02jEX_B0O0 Photo by Aaron Burden on Unsplash
Grafologi adalah salah satu profesi yang belum banyak ada di Indonesia | Sumber: Unsplash (Aaron Burden)

Pernahkah kamu mendengar tentang profesi yang pandai menganalisa tulisan tangan? Yup, sebagai lulusan Kriminologi, SoIB memiliki kemungkinan untuk menjadi seorang pengamat, salah satunya adalah grafolog. Ilmu yang satu ini dianggap memiliki sesuatu yang lebih ilmiah dibandingkan dengan seni atau asumsi belaka.

Grafologi dapat membantu pihak kepolisian dalam mengidentifikasi sifat pelaku atau terduga pelaku melalui tulisan tangannya. Wah, keren banget, ya?

So, itu tadi beberapa profesi yang bisa SohIB pertimbangkan setelah lulus dari Kriminologi. Bagaimana menurut kamu, yang mana yang ingin kamu geluti?

Baca juga: Prospek Bekerja Untuk Kamu Yang Jurusan Fisika. Apa Saja, ya?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)