Prospek Bekerja di Jurusan Pendidikan Kimia, Apa Saja?

Prospek Bekerja di Jurusan Pendidikan Kimia, Apa Saja?

Lulus dari Pendidikan Kimia tidak harus menjadi guru, lo! | Sumber: Unsplash (Alex Kondratiev)

Siapa yang suka dengan pelajaran Kimia? Salah satu cabang ilmu sains ini memang enggak hanya mengandalkan ketepatan berpikir secara sistematis, tetapi juga kemampuan matematis dan kecermatan yang tinggi.

Dalam dunia perkuliahan terdapat tiga jurusan yang berhubungan dengan Kimia, yaitu Teknik Kimia, Kimia Murni, dan Pendidikan Kimia. Meskipun ketiganya mempunyai disiplin ilmu yang sama, tetapi sebenarnya fokus dan penerapannya beda-beda lo, guys!

Jurusan Kimia Murni masuk dalam Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (MIPA) dan akan mendapatkan gelar Sarjana Sains (S.Si). Para lulusan ini diharapkan untuk memahami dan memecahkan problem ilmiah dengan cara berpikir ala kimia. Sedangkan jurusan Teknik Kimia menjadi salah satu cabang di Fakultas Teknik. Kalau dengar kata teknik, pasti sudah kebayang dong, ya, kayak apa kuliahnya?

Lalu, bagaimana dengan jurusan Pendidikan Kimia? Apakah relevan dengan keguruan? Yup, benar sekali! Berada di bawah Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), jurusan ini memang mempelajari cara menyampaikan Ilmu Kimia kepada murid atau mahasiswa dengan cara yang mudah dipahami dan kreatif.

Lantas, bagaimana dengan prospek kerja untuk lulusan Pendidikan Kimia? Meski mayoritas Sarjana Pendidikan ini bekerja di dunia pendidikan, tapi sebenarnya ada banyak lo, kesempatan bekerja di bidang yang lainnya. Apa saja ya, SohIB? Yuk, simak ulasan berikut ini!

Baca juga: Teknologi 5G, Apa Kelebihannya?

Guru Kimia di Sekolah

https://unsplash.com/photos/N_aihp118p8 (Photo by National Cancer Institute on Unsplash)
Jadi guru kimia di sekolah sangat asyik karena berdekatan dengan anak-anak! | Sumber: Unsplash (National Cancer Institute)

Profesi guru enggak mungkin terlewatkan dari daftar teratas prospek kerja Pendidikan Kimia. Yup, jurusan ini memang bertujuan untuk pengajaran Ilmu Kimia, sehingga lulusannya tentu sudah dibekali dengan ilmu yang mengkombinasikan pengajaran dan teorinya.

Jurusan ini cocok banget untuk SohIB yang suka kegiatan belajar-mengajar dan menciptakan suasana kreatif! Kamu bisa mengembangkan cara belajar yang inovatif agar pelajaran kimia yang sering dianggap sukar menjadi hal yang menyenangkan.

Beberapa hal yang menjadi tanggung jawab seorang guru Kimia antara lain memberikan pembelajaran kepada siswa tentang pengetahuan dasar Kimia secara bertahap, menyiapkan bahan ajar pendukung pembelajaran, membuat eksperimen dan berbagai projek kelas kimia, serta menjadi guru yang komunikatif dalam sesi tanya jawab.

Salah satu mata kuliah pendukung kegiatan ini di Pendidikan Kimia adalah Microteaching. So, gimana? Tertarik nggak tuh, jadi guru Kimia? Pasti asyik banget belajar bareng dengan anak-anak muda, biar berasa ikutan muda, kan?

Dosen Pendidikan Kimia

Hampir sama dengan menjadi guru, dosen juga mempunyai tanggung jawab untuk mengajarkan ilmunya kepada mahasiswa. Di lingkup institusi yang lebih tinggi ini, lulusan Pendidikan Kimia wajib telah mendapatkan gelar akademik minimal S2, ya!

Jika seorang guru mengajarkan Kimia sebagai dasar peminatan siswanya, dosen Pendidikan Kimia mempunyai tugas yang lebih besar, lo. Para mahasiswa yang masuk jurusan ini tentu adalah orang-orang yang memang tertarik mempelajari Kimia lebih lanjut. Dengan demikian, dosen mengajarkan bagaimana mahasiswanya kelak akan menjadi pengajar Kimia yang baik.

Menjadi dosen, SohIB juga harus siap untuk terus aktif dalam berbagai penelitian ilmiah, membuat jurnal, seminar, dan membaca banyak literatur Kimia agar terus meng-upgrade pengetahuanmu.  

Content Creator

Jadi content creator yang relevan dengan Ilmu Kimia memang bisa? Tentu bisa, dong! Proses belajar-mengajar melalui daring sudah bukan hal yang asing lagi, salah satunya lewat platform video yang udah terkenal banget di dunia, YouTube.

SohIB pasti sering menjumpai beberapa channel yang suka menyajikan konten pendidikan untuk penontonnya, seperti Zenius Education, Quipper, Ruangguru, dan Sains Bro! Membuat konten untuk belajar Kimia dengan cara yang fun dan inovatif keren banget, lo!

Untuk kamu yang punya skill design bisa banget mencoba pekerjaan ini. Nggak punya keahlian desain yang mumpuni? Tenang aja! Selagi ada kesempatan, mulai belajar dari sekarang atau bekerja sama dengan teman yang punya hobi otak-atik video.

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Ahli Kimia

Wow, dengar namanya aja udah terasa serius banget, nih! Menjadi Ahli Kimia akan membuatmu sering tinggal di laboratorium. Tugasnya adalah menganalisis dan melakukan berbagai eksperimen ilmiah untuk mengembangkan penemuan baru atau menguji kontrol kualitas. 

Jika SohIB memutuskan untuk menjadi Ahli Kimia, sejak sekarang mulailah berlatih untuk meningkatkan kepekaanmu terhadap peristiwa ilmiah di sekitarmu. Seperti bermain detektif-detektifan itu, lo! Jangan lupa rajin membaca buku. Dengan membiasakan kegiatan tersebut, kamu akan terbiasa berpikir sistematis dalam memecahkan persoalan. 

Penulis Buku Kimia

https://unsplash.com/photos/s9CC2SKySJM (Photo by Green Chameleon on Unsplash)
Menulis buku setelah lulus dari pendidikan kimia? Mengapa tidak? | Sumber: Unsplash (Green Chameleon)

Siapa bilang penulis cuma buat orang tertentu saja? Punya keahlian menyusun kata-kata dengan baik dan asyik untuk dibaca? Jadi penulis Buku Kimia saja! Meskipun sistem belajar terkini banyak menggunakan daring, tetapi buku bahan ajar pelajaran masih terus digunakan.

Coba pikirkan, di saat teman-teman SohIB menjadi pengajar, karyamu justru dijadikan sebagai buku pedoman mereka. Keren banget nggak sih? Pelajari buku-buku Kimia sebagai referensimu untuk menulis dan menentukan gaya bahasa seperti apa yang cocok untukmu. Bila SohIB serius menekuni dunia penulisan, pendapatanmu pun akan semakin besar.

Nah, jadi gimana nih, artikel kali ini SohIB? Apakah kamu sudah semakin mantap untuk masuk di jurusan Pendidikan Kimia? Prospek kerja di atas memang belum mewakili semua bidang pekerjaan yang bisa dipilih oleh lulusan ini. So, jangan lupa rajin-rajin mencari tahu lebih lanjut tentang seluk beluk Pendidikan Kimia.

Baca juga: 5 Instrumen Investasi untuk Pemula, Pilih yang Mana?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)