Prospek Bekerja Untuk Kamu Yang Jurusan Fisika. Apa Saja, ya?

Prospek Bekerja Untuk Kamu Yang Jurusan Fisika. Apa Saja, ya?

Deretan prospek jurusan fisika yang mengagumkan | Sumber: Unsplash (JESHOOTS.COM)

Salam mahasiswa, SohIB! Banyak orang yang berpendapat bahwa jurusan Ilmu Fisika itu berat banget. Tidak hanya dituntut untuk bisa berhitung, cabang dari rumpun MIPA ini juga membutuhkan ketelitian dan ketekunan yang super.

Padahal, sebenarnya fisika mengasyikkan, lo! Di sini kita bisa mempelajari berbagai fenomena alam dan memecahkan masalah dengan cara yang ilmiah. SohIB tentu ingat bagaimana ilmuwan besar Isaac Newton menemukan gaya gravitasi dengan cara berpikir fisika, bukan?

Untuk SohIB yang berencana atau sudah mengambil studi fisika, apakah kamu sudah tahu apa saja sih, prospek bekerja setelah lulus dari jurusan tersebut? Nah, daripada galau, yuk, simak ulasan berikut ini!

Ahli Fisika

https://unsplash.com/photos/mF6gB6hV5OU (Photo by ThisisEngineering RAEng on Unsplash)
Ahli fisika perlu memiliki penalaran dan berpikir logis | Sumber: Unsplash (ThisisEngineering RAEng)

Profesi ini menjadi salah satu yang sangat diminati oleh lulusan fisika. Para ahlinya bekerja dan berpikir berdasarkan pengamatan, analisis, eksperimen, dan pengambilan kesimpulan dari hasil uji. Tak hanya terstruktur saat melakukan metodologi ilmiah, SohIB juga diharapkan untuk menggunakan penalaran induktif dan matematika.

Bekerja sebagai ahli fisika itu serasa sedang bermain detektif, guys! Ini karena kita akan banyak meneliti fenomena alam yang ada sesuai dengan teori-teori fisika. Pekerjaan tersebut membutuhkan jenjang pendidikan minimal S1.

Astronot

https://unsplash.com/photos/I0fDR8xtApA (Photo by Brian McGowan on Unsplash)
Kamu bisa berkesempatan untuk bekerja di NASA, lo! | Sumber: Unsplash (Brian McGowan)

Siapa yang bermimpi untuk bekerja di NASA? Yup, memilih jurusan fisika bisa menjadi salah satu golden ticket jika SohIB ingin meraih cita-cita tersebut. Menjadi astronot harus sudah memegang ijazah S2, ya! Tidak hanya Ilmu Fisika saja yang harus dikuasai, melainkan juga Ilmu Komputer, Rekayasa Teknologi, Geografi, hingga mekanis.

Astronot bertugas untuk melaporkan setiap kejadian yang terjadi di ruang angkasa, bereksplorasi di ruang angkasa, dan tentunya mengendalikan pesawat ulang alik. Biasanya, profesi ini mewajibkan setiap personilnya untuk mengikuti pelatihan khusus karena astronot merupakan pekerjaan yang beresiko tinggi. 

Baca juga: 4 Manfaat Bergabung dengan Komunitas, Anak Milenial Wajib Ikut!

Ahli Hidrologi

https://unsplash.com/photos/XSQHuGGRO3g (Photo by Linus Mimietz on Unsplash)
Bahkan, air saja bisa diteliti dan ada ilmunya! | Sumber: Unsplash (Linus Mimietz)

Jika mendengar kata hidrologi, pasti teringat dengan kata air. Yes, pekerjaan ini berfokus sebagai peneliti seluk beluk air, mulai dari sifatnya, distribusi, kalibrasi instrumen, hingga mempelajari intensitas curah hujan. Singkatnya, profesi tersebut memastikan agar informasi dan pengelolaan tentang fenomena yang berhubungan dengan air akurat dan tepat.

Pendidik Fisika

https://unsplash.com/photos/5EKw8Z7CgE4 (Photo by JESHOOTS.COM on Unsplash)
Ciptakan alat penunjang yang menarik agar fisika makin diminati | Sumber: Unsplash (JESHOOTS.COM)

Lulusan fisika tentunya bisa menjadi tenaga pendidik. Berbagai jenjang dari sekolah dasar hingga perguruan tinggi bisa menjadi tempat bekerja yang cocok untuk SohIB yang ingin menjadi guru atau dosen. Bekerja sebagai pengajar fisika di tempat kursus juga dapat menjadi opsi lain.

Jika pendidik merupakan tujuanmu, berlatihnya untuk menyampaikan Ilmu Fisika dengan bahasa yang mudah dipahami oleh murid-murid. Gunakan alat peraga yang menunjang aktivitas pembelajaran agar fisika semakin diminati dan tidak lagi dipandang menjadi momok yang menakutkan selain Matematika.

Penulis Buku Ilmiah

https://unsplash.com/photos/Gs-tdnDyYKE (Photo by Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk on Unsplash)
Lulusan fisika juga bisa menjadi penulis buku ilmiah | Sumber: Unsplash (Stephen Phillips - Hostreviews.co.uk)

Menyalurkan bakat menulis dalam bidang fisika, mengapa tidak? Saat ini, terdapat ribuan penulis buku sains yang memiliki latar pendidikan dari fisika murni. Biasanya modul fisika ditulis dengan bahasa baku dan cenderung membosankan. Hal tersebut bisa menjadi motivasi untuk menelurkan karya sesuai dengan style kamu. Keren, ya?

Baca juga: Mengenal Toxic Positivity dan Cara Menghindarinya

Pebisnis

https://unsplash.com/photos/3GZi6OpSDcY (Photo by Nicolas Thomas on Unsplash)
Berwirausaha jaman sekarang memang sedang hits banget! | Unsplash: (Nicolas Thomas)

Dewasa ini, membuka bisnis bagi kalangan muda sudah sangat lazim. Tentunya hal itu dapat menjadi peluang bagi SohIB yang lulusan fisika murni untuk berwirausaha, tetapi masih relevan dengan ilmu yang dipelajari di kampus.

Berbisnis dengan dunia sains bisa menjadi apa saja, seperti menjual alat peraga fisika, berjualan buku, ensiklopedia, dan lainnya. Jangan salah ya, keuntungan finansial dari berbisnis sangat mungkin lebih besar pendapatannya daripada profesi lulusan fisika pada umumnya. Kuncinya adalah tetap percaya diri dan jeli melihat peluang.

Itu dia sederet prospek kerja untuk lulusan Ilmu Fisika. Setelah mendengar penjelasan di atas, kira-kira profesi mana saja nih, yang kamu minati?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)