Profil Pangeran Charles yang Akan Mewarisi Tahta Ratu Elizabeth II

Profil Pangeran Charles yang Akan Mewarisi Tahta Ratu Elizabeth II

Potret Pangeran Charles dengan ibunya, Ratu Elizabeth II | Sumber: The Guardian

Dengan meninggalnya Ratu Elizabeth II pada Jumat dini hari ini atau Kamis (8/9/2022) waktu setempat, secara otomatis akan menjadikan putra sulungnya, Pangeran Charles, Prince of Wales, sebagai raja Inggris yang baru.

Lelaki yang merupakan ayah dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini belum diketahui pasti kapan dan di mana akan dilaksanakan penobatannya. Namun, hingga acara penting tersebut terjadi, berikut ini adalah sekilas profil mengenai Pangeran Charles yang SohIB bisa ketahui!

Baca juga: 10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

Masa Muda Charles

Bernama lengkap Charles Philip Arthur George, ia lahir di Istana Buckingham yang indah pada 14 November 1948 dari pasangan Ratu Elizabeth II dan Pangeran Philip (kala itu belum menjadi pemimpin Inggris karena dalam masa kekuasaan kakeknya, Raja George VI).

Pangeran Charles memiliki tiga saudara kandung, yakni Putri Anne, Pangeran Andrew, dan Pangeran Edward. Ayahnya sebenarnya memiliki gelar kerajaaan dari negara asalnya, Yunani, tetapi harus dilepas karena menikah dengan Ratu Elizabeth II dan menjadi warga negara Inggris.

Pangeran Charles dibaptis satu bulan setelah kelahirannya oleh Uskup Agung Canterbury, Dr Geoffrey Fisher, dengan delapan wali baptis. Di antaranya adalah George VI (ayahanda Ratu Elizabeth II), Haakon VII (Raja Norwegia), dan Putri Margaret, Countess Snowdon (bibi dari pihak ibunya). I dianugerahi title Duke of Cornwall, yakni gelar yang secara hukum Inggris diperuntukkan untuk putra tertua dari raja yang sedang berkuasa.

Saat kecil, Pangeran Charles sering berpindah-pindah sekolah, lo! Melansir dari Wikipedia, ia memulai perjalanan pendidikannya di Hill House School, London Barat tanpa menerima perlakuan khusus. Kemudian, ia berpindah ke Cheam Preparatory School, Berkshire (sekolah yang sama dengan ayahnya) sebelum akhirnya berpindah lagi ke Skotlandia dan Australia. Selain cerdas dalam beberapa mata pelajaran di sekolahnya, cucu Raja George VI tersebut juga aktif dalam permainan polo.

Charles menamatkan sarjananya di Trinity College yang masih menjadi bagian dari University of Cambridge sebagai Sarjana Seni dan menjalani magisternya di universitas yang sama. Tak hanya itu, suami dari mendiang Putri Diana ini juga belajar sejarah Wales dan bahasa di Universitas Wales, Aberystwyth. Wow, cukup panjang juga, ya!

Sepak Terjang Kariernya

Pangeran Charles dilantik secara resmi dengan gelar Prince of Wales pada tahun 1969 oleh Ratu Elizabeth II di Caernarfon Castle. Dengan demikian, ia kemudian terlibat aktif dengan berbagai tugas kenegaraan dan bergabung di angkatan udara dan laut, sebagaimana menjadi tradisi keluarga.

Pria yang kini bersuamikan Camilla Shand tersebut mendirikan sejumlah yayasan amal dengan fokus yang berbeda-beda, seperti pengembangan anak muda, orang berkebutuhan khusus, lansia, kebudayaan, kesehatan, dan masih banyak lagi. Total dirinya memiliki dan mimpin 16 yayasan yang kemudian membuat satu kelompok bernama ‘The Prince’s Charities’. Tak hanya itu saja, Duke of Cornwall ini juga menjadi pelindung bagi ratusan yayasan amal. Waduh, keren banget, ya?

Pangeran Charles memiliki brand pribadi yang berfokus pada makanan organik. Tak hanya itu saja, ia turut serta men-support perbaikan gedung-gedung bersejarah dan kampanye gaya arsitektur klasik baru. Bahkan, atas partisipasinya dalam hal ini, lelaki dengan dua orang putra tersebut mendapatkan penghargaan tertinggi dalam dunia arsitektur, yakni ‘Driehaus Prize’ tahun 2012.

Melansir dari situs resmi School of Architecture, Notre Dame University, penghargaan tersebut diberikan pada arsitek yang karyanya mewujudkan cita-cita tertinggi arsitektur tradisional dan klasik dalam masyarakat kontemporer dan menciptakan dampak budaya, lingkungan, dan artistik yang positif.

Baca juga: Urutan Skincare Untuk Wajah yang Bercahaya

Kehidupan Pribadi Pangeran Charles

Pangeran Charles dengan Camilla Shand | Sumber: Et Canada

Pria yang sekarang berusia 73 tahun ini memang dikenal mempunyai cerita yang cukup rumit dalam pernikahannya. Diketahui dirinya menjalin hubungan dengan beberapa wanita, sebelum akhirnya berlabuh pada Diana Spencer saat melakukan kunjungan ke kediaman rumah Sarah Spencer, kakak Diana.

Diana dan Charles dinikahkan pada 29 Juli di Katedral Santo Paul dan disiarkan oleh televisi. Dari pernikahan tersebut, mereka dikaruniai dua putra yang tampan, yakni Pangeran William dan Pangeran Harry.

Sayangnya, pernikahan kedua sejoli itu tidak berumur panjang karena beberapa alasan. Lady Diana yang dicintai masyarakat tak berapa lama kemudian meninggal dunia pada kecelakaan mobil di Paris tahun 1997.

Calon raja Inggris ini menikahi istri keduanya, Camilla Shand, yang sebelumnya juga sudah menjadi kekasih lamanya di tahun 2005 secara sipil. Meski pernikahan tersebut menuai banyak kontroversi, hingga hari ini Camilla turut mendampingi Pangeran Charles di berbagai acara formal.

Demikian adalah sekilas informasi mengenai kehidupan Pangeran Charles dari lahir hingga terbaru. Bagaimana menurutmu, apakah kakek dengan 5 cucu tersebut sudah cukup siap menjadi pemimpin baru Inggris?

Baca juga:  Ratu Elizabeth II Wafat, Ini Sederet Fakta Tentangnya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)