Produk-produk Google yang Mempermudah Pekerjaan Kita, Apa Saja, ya?

Produk-produk Google yang Mempermudah Pekerjaan Kita, Apa Saja, ya?

Tampilan depan produk Google untuk 3 substansi | Sumber: Google

Hai SohIB, apa kabar?

Kemarin kita sudah menyinggung sedikit tentang produk-produk Google yang bisa memudahkan kehidupan sehari-hari melalui gadget. Bagaimana menurutmu, apakah fitur tersebut benar-benar berguna? Nah, kali ini, kita menyambung kembali pembahasan kita seputar layanan Google lainnya yang bisa kita manfaatkan.

Sebagai informasi, Google merupakan mesin pencarian di internet terbesar di dunia sekaligus yang paling banyak dipakai oleh orang-orang. Saat ini, fungsinya tidak hanya sebagai web browser semata. Hal tersebut karena Google telah menyediakan berbagai macam produk lainnya sebagai penunjang aktivitas kita secara online. Hampir semuanya free access selama perangkat masih tersambung dengan internet, kecuali apabila kamu membutuhkan upgrade fitur yang lebih canggih. Yuk, langsung saja kita simak artikel ini!

Baca juga: Cloud Engineer, Profesi Viral yang Bisa 'Mengatur Awan'

Drive

Drive merupakan penyimpanan data berbasis cloud yang disediakan untuk pengguna Google. Layanan ini sudah terintegrasi dengan berbagai produk Google lainnya, termasuk GDocs, SpreadSheet, dan Slide. Bahkan, Microsoft Office, format gambar, hingga PDF juga sudah bisa terbaca di sini.

Untuk keamanannya, Drive dapat menjaminnya, kok! File yang dibagikan kepada kita bisa di-scan dan dihapus secara proaktif apabila malware, spam, ransomware, atau phishing terdeteksi.

Gmail

Gmail adalah salah satu produk Google yang paling diminati sekarang sebagai sebagai domain e-mail dan media pengiriman, penerimaan, dan penyimpanan pesan. Bisa dibilang, fitur tersebut adalah otak untuk segala aktivitas kita di dunia pergugelan.

Gmail sudah terhubung dengan layanan Google lainnya, sehingga data dan historimu otomatis akan tersimpan. Mereka menggunakan teknologi Artificial Intelligence untuk melindungi inbox atau kotak masuk kita dari berbagai spam, malware, dan potensi berbahaya lainnya.

Oiya, SohIB sudah tahu belum jika Gmail Offline memungkinkan kita untuk membaca, menghapus, dan menelusuri pesan pada e-mail apabila sedang tidak ada internet?

Google Fit

Healthy lifestyle saat ini sudah semakin diterapkan oleh banyak orang, oleh sebab itu, perusahaan berlambang huruf ‘G’ inipun tidak mau ketinggalan momen tersebut dengan meluncurkan fiturnya yang bernama Google Fit. Produk ini merupakan aplikasi pemantau kebugaran yang diunduh pada smartphone.

Kamu bisa menerapkan target harian untuk olahraga, menghitung jumlah kalori yang dibakar saat beraktivitas, menghitung langkah kaki dalam sehari, pengingat air putih, bahkan bisa memantau gerak kita dengan 104 pilihan workout, lo! Visualnya sangat nyaman dan simple, sehingga tidak akan membuatmu bingung.

Google Meet

Sejak pandemi COVID-19 merebak, penggunaan layanan komunikasi video semakin ramai dipergunakan oleh masyarakat, salah satunya Google Meet. Aplikasi yang satu ini dikembangkan sebagai pengganti Hangouts dan Google Duo bersama dengan G Chat. Meet bisa dipakai secara gratis dengan limit peserta yang cukup banyak, yaitu, 100 orang. Kamu perlu berlangganan apabila ingin menambahkan lebih dari itu.

Nggak hanya video call saja, SohIB bisa mengirimkan pesan selama meet berlangsung, melambaikan tangan dengan ‘wave’, dan membagikan layar untuk presentasi. Eh, kamu juga dapat menonton YouTube dan bermain game Kahoot! Bersama-sama, lo.

Baca juga: Zoom Fatigue di antara Kita, Kenali Gejalanya!

Google Play

Kira-kira, apa yang kamu bayangkan apabila mendengar kata Google Play? Yup, yang satu ini adalah toko online yang disediakan dari Google untuk penggunanya dalam menemukan dan mendapatkan rekomendasi berbagai aplikasi, game, acara TV, buku, bahkan film. Kita bisa melihat dan memberikan testimoni pada apps yang ingin diunduh serta yang terpenting, yaitu berasal dari developer aman dan terverifikasi.

Kalender

Kalender membantumu untuk mengatur jadwal harian dan melihat peta lokasi acara mendatang dengan bantuan Maps. Wuidih, canggih betul! Berbagai event yang dikirimkan dari Gmail juga dapat ditambahkan secara langsung di fitur ini.

Bagaimana menurutmu, semua produk Google ini memang bisa memudahkan kita untuk penggunaan sehari-hari, bukan? Sebenarnya, masih banyak lagi lo, fitur-fitur yang bisa kita gunakan. Bahkan perusahaan ini membaginya ke dalam tiga substansi sesuai dengan kebutuhan user-nya, yakni pengguna umum, pebisnis, dan developer. Namun, fitur dan keamanan yang canggih ini tetap harus kita waspadai, karena biar bagaimanapun smartphone adalah tanggung jawab pribadi.

Baca juga: 5 Produk Google yang Bermanfaat Banget, Ini Fungsinya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)