5 Produk Google yang Bermanfaat Banget, Ini Fungsinya!

5 Produk Google yang Bermanfaat Banget, Ini Fungsinya!

Produk Google yang bisa kita gunakan | Sumber: Google

Siapa sih, yang nggak mengenal Google? Sebagai mesin pencarian internet terpopuler di dunia, banyak sekali informasi yang bisa kita cari dan ketahui dari Google ini. Tinggal mengetikkan keyword yang diminta pada kolom search, dalam sekejap saja puluhan hingga ratusan data bisa kita akses bebas.

Eh, tapi tahukah SohIB apabila Google juga memiliki sederet fitur menarik nan lengkap yang bisa kamu coba untuk memudahkan pekerjaan sehari-hari dan bergadget ria? Beberapa di antaranya sudah lazim digunakan, kok! Yuk, tanpa berpanjang lebar, kita cek dulu bersama-sama!

Belajar Tentang Google AdSense, yuk!

Maps

Bisa dibilang, salah satu produk Google yang paling vital dalam perangkat telepon genggam adalah kehadiran Maps. Layaknya sebuah peta berbentuk elektronik, kamu bisa mencari petunjuk jalan, menemukan tempat tujuan, hingga informasi terbaru seputar kendaraan umum.

Oiya, jika kamu melihat ada tanda berwarna merah atau oranye pada rutemu, itu menunjukkan kondisi jalanan terkini. Oranye artinya lebih ramai dari biasanya dan merah bermakna sama, tetapi cenderung membuat kendaraan berhenti atau macet. Nantinya akan ada estimasi waktu yang dibutuhkan untuk mencapai lokasi yang dituju.

Google Docs

Dari anak sekolah, mahasiswa, hingga pekerja pastinya tidak asing lagi dengan yang satu ini, bukan? Google Docs atau yang biasa disingkat menjadi Gdocs saja ini memiliki fungsi yang mirip dengan Microsoft Word, tetapi versi online dan lebih lengkap.

SohIB dapat mengedit tulisan pada page dengan orang lain di waktu yang bersamaan, menambahkan komentar, hingga men-setting dokumen dalam tiga mode (hanya melihat, memberikan komentar, atau akses editing sepenuhnya). Terdapat fitur cerdas seperti Smart Compose untuk menemukan kesalahan pada ejaan. Semuanya akan tersimpan rapi dalam Google Drive dan memiliki keamanan yang tinggi.

Modal Hape Bisa Jadi Youtuber? Simak Ulasannya!

YouTube

Siapa yang menyangka, bahwa YouTube ternyata berinduk perusahaan pada Google, lo! Platform video daring ini sangat diminati banyak orang. Milyaran konten-konten visual dari hampir segala segmen pun ada. Kita bisa mengaksesnya tanpa berbayar, meskipun iklan akan disisipkan di sela-sela kita menikmati video atau kamu perlu berlangganan YouTube Premium.

Kini, media streaming video dan musik yang didirikan pada 2005 tersebut sudah merambah ke layanan yang lebih hebat, salah satunya YouTube Kids sebagai saluran khusus tayangan anak-anak untuk memproteksi mereka dari tontonan yang tidak sesuai usia. Eh, SohIB juga bisa mendapatkan penghasilan dari sini, lo!

Google Assistant

Dari menuliskan dan mengirimkan pesan dari komando kita, sebagai reminder agenda, hingga membacakan dan menerjemahkan tulisan, semua bisa! Google Assistant tersedia pada perangkat kita yang mendukung adanya fitur ini, terkhusus gadget dengan sistem operasi Android. Tinggal katakan, “OK google!” dan sebutkan perintahmu, sesimpel itu, bukan? Rasa-rasanya sih, masih jomblo pun nggak terlalu sedih!

Chrome

Chrome adalah browser web utama milik Google di mana kita bisa mencari jutaan informasi dari sana. Layanan yang satu ini sudah terintegrasi dengan akun e-mail kita dan menyimpan sandi-sandi pada aplikasi yang SohIB buka secara aman. Kamu juga akan diberikan notifikasi apabila ada situs yang terindikasi tidak aman untuk dibuka.

Nah, itu dia 5 fitur canggih pada Google yang bisa kita manfaatkan dengan baik! Namun, rasanya kurang apabila tidak membahas produk Google lainnya yang tidak kalah keren. So, sampai ketemu di artikel selanjutnya untuk membahas produk Google part II, ya!

Mangkuk Ayam Jago di Google Doodle Hari Ini, Berikut Fakta Uniknya!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.idya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di sini! Salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)