5 Platform Blog Terbaik, dari Berbayar Hingga Gratis!

5 Platform Blog Terbaik, dari Berbayar Hingga Gratis!

Ilustrasi laptop yang menunjukkan gambar performa blog | Sumber: Unsplash (Carlos Muza)

Ada yang suka menulis blog? Di Indonesia, platform blog sendiri sudah ramai digunakan oleh masyarakat sejak tahun 2000-an. Banyak hal yang bisa didapatkan dengan blogging (aktivitas saat menggunakan blog), yakni untuk sekadar menulis diary secara elektronik, membagikan pengalaman dan ide, bertukar informasi dengan sesama blogger (sebutan untuk orang yang menggunakan blog), hingga yang paling baru, yakni sebagai media bisnis. Apapun itu, banyak yang tidak bisa meninggalkan platform yang dapat dikatakan ‘konvensional’ ini bila dibandingkan dengan media sosial.

Blog termasuk ke dalam CMS (Content Management System), sehingga kamu bisa dengan mudah mengatur konten dalam situsmu. Konten yang bisa kita isi juga bermacam-macam, seperti gambar, video, grafik, dan lainnya—meskipun secara harfiah lebih banyak dipakai untuk media menulis online. Apabila di masa lalu hanya sedikit blog yang sering dipakai oleh orang, sekarang puluhan media bisa kita pilih sesuai dengan kebutuhan dan kenyamanan saat menggunakannya. Bahkan, banyak di antaranya yang tidak berbayar, lo! Apa saja?

Baca juga: 7 Hobi Baru Tanpa Gadget, Bersiap Untuk Ubah Hidupmu!

1. WordPress

WordPress adalah salah satu jenis blog yang paling populer di semua kalangan. Selain karena mudah digunakan bagi pemula sekalipun, terdapat ratusan plugin yang bisa kamu manfaatkan untuk mempercantik dan memperlengkap fasilitas dalam WordPress-mu, seperti Yoast SEO (optimasi website), Akismet (melindungi situs dari SPAM), Jetpack (keamanan siber), bahkan meng-share konten ke media sosial sekalipun.

Platform ini bisa kita nikmati layanannya secara gratis, baik di PC/ laptop dan smartphone. Kita bisa mengatur tata letak, komposisi warna, font, dan lainnya agar tampilan situs sesuai dengan yang kita inginkan. Namun, ada beberapa plugin WordPress yang membebankan biaya tambahan untuk mengaksesnya. Sebagai informasi, saat ini banyak perusahaan yang menggunakan layanan tersebut untuk keperluan bisnis.

2. Blogger

Bagi pengguna blog lama, kemungkinan besar tidak mungkin tidak mengenal dengan yang satu ini. Blogger yang biasa menggunakan domain blogspot.com ini memang dapat dihitung sebagai blog tertua di antara yang lainnya, yakni ada sejak tahun 1999. Tidak mengherankan, bahkan hingga sekarang, situs yang dilahirkan oleh Pyra Labs tersebut masih eksis. Terlebih lagi, untuk kebutuhan SEO friendly Blogger sudah terintegrasi dengan Google Analytics dan sudah terindeks oleh Google, di mana keduanya juga sangat penting dalam optimasi website. Satu lagi, layanan ini sendiri sudah resmi dibeli Google sejak tahun 2003, wow!

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Menulis Artikel SEO Friendly, Sudah Tahu?

3. Tumblr

Di era 2010-an, Tumblr sempat menjadi pesaing sengit bagi platform blog lainnya, termasuk Blogger. Tampilannya yang super estetik dan segar kala itu menarik banyak perhatian banyak pengguna, terutama anak muda. Tumblr memiliki interface yang agak mirip dengan media sosial, di mana menitikberatkan pada multimedia, sehingga jarang digunakan sebagai situs berbisnis (kecuali bila ada yang memasang iklan di laman).

4. Joomla

Beberapa blogger menyamakan Joomla dengan WordPress, meskipun kenyataannya, banyak yang berpendapat layanan itu lebih cocok untuk mereka yang sudah lebih ahli dalam blogging. CMS yang gratis ini menyediakan ratusan tema yang bisa kita gunakan dengan interface-nya yang terbilang lumayan mudah dioperasikan. Sayangnya, masih sedikit yang mengenal Joomla karena sekilas tampak rumit. Padahal, untuk ukuran blog gratis, opsi-opsi yang ada di situs tersebut sangat keren, lo! Bahkan, pengguna Linux pun bisa memakai Joomla.

5. Medium

Medium adalah pemain baru di dunia blog. Didirikan tahun 2012 lalu oleh Evan Williams, platform ini sangat ramai digunakan oleh para penulis di seluruh dunia untuk membagikan cerita dan pengalamannya dalam bentuk barisan kata. Jika SohIB masuk ke dalam laman media tersebut, tampilannya tidak jauh berbeda seperti situs berita online, bukan? Lebih dinamis, simpel, dan tegas.

Sebenarnya masih banyak media blog yang ada di dunia dan dengan bebas bisa kita akses. Namun, lima platform di atas adalah yang paling banyak digunakan dan terbaik versi Kak IBe. Bagaimana menurutmu? Adakah yang lebih nyaman bagi kamu?

Baca juga: Social Media Detox, Ini Sederet Manfaatnya!

Jangan remehkan sekecil apapun bentuk apresiasi terhadap diri, seperti berterima kasih, memakai pakaian yang nyaman, menghabiskan waktu dengan me time, melakukan offering gaji sesuai dengan skill kita, dan lain sebagainya. Mulai dari sekarang, yuk, mulai mencintai diri dengan cara-cara yang lebih nyata!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget SohIB baca. So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)