Tertarik Bidang Kuliner? Ini Pilihan Profesinya!

Tertarik Bidang Kuliner? Ini Pilihan Profesinya!

Sekarang, profesi di bidang kuliner tidak hanya berkutat di seputar menjadi koki saja | Sumber: Unsplash (Jason Briscoe)

Industri kuliner dewasa ini semakin menggiurkan. Bagaimana tidak? Ajang icip-icip yang tadinya hanya sekadar hobi belaka, kini merambah menjadi salah satu profesi dengan minat yang sangat tinggi. Prospek kerjanya sejauh ini terus bersinar, seiring dengan media sosial yang terus berkembang.

Bila dulu SohIB mengenal koki alias juru masak sebagai karier di bidang makanan yang paling dikenal, sekarang pilihan profesinya sudah semakin banyak, lo! Tak hanya di belakang layar, pekerjaan yang mengenyangkan tersebut juga sudah merambah hingga ke layar kaca, baik milik media company maupun individu.

So, ini dia 7 profesi di dunia kuliner yang patut SohIB ketahui! Siapa tahu, suatu saat akan menjadi pilihan kamu juga. Let’s go!

Koki

https://unsplash.com/photos/4NQEvxW2_4w Photo by Johnathan Macedo on Unsplash
Koki menjadi profesi yang paling sering dipilih di bidang kuliner | Sumber: Unsplash (Johnathan Macedo)

Meskipun memasak dianggap sebagai life skill yang semua orang dapat lakukan, akan tetapi berkarier sebagai koki tidak sembarang orang bisa, lo! Selain perlu kompetensi dan sertifikat tertentu, sekolah chef tidak terlalu banyak ditemukan di negara kita.

Harga yang harus dikeluarkan pun sebagian besar mahal. Dalam pembelajarannya, koki akan diajarkan bagaimana menguasai teknik-teknik memasak yang bisa jadi sulit untuk dilakukan oleh amatir. 

Namun, hal itu sebanding dengan kesempatan bekerja yang luas, bergaji tinggi, dan tidak sedikit yang melebarkan sayapnya hingga ke mancanegara. Tak hanya itu, bila SohIB sukses di pekerjaan ini, siap-siap bisa bertemu dengan banyak orang penting, ya!

Mengapa? Karena biasanya, pada acara-acara formal dan kenegaraan, pesta perjamuan masuk dalam salah satu momen yang ditunggu dan makanan yang memuaskan akan memberikan kesan tersendiri bagi para tamu undangan.

Baca juga: 5 Cara Mengatasi Writer's Block, Bisa Lancar Nulis Lagi!

Food Vlogger

Punya hobi makan dan senang tampil di depan kamera? Food Vlogger adalah rekomendasi yang pas untuk SohIB. Tidak perlu jago ‘meracik bumbu’, selama kamu bisa dengan baik mendefinisikan cita rasa makanan yang sedang dihidangkan dan percaya diri, kedua hal tersebut sudah cukup menjadi modal dasar untuk berkarier di dunia per-vlog-an. Jangan lupa, pilih kanal media sosial untuk SohIB berkarya, serta pelajari cara bertutur kata dan berekspresi.

Pengusaha Kuliner

Buat kamu yang memiliki passion berbisnis, menjadi wirausaha di bidang kuliner juga menjadi pilihan yang tepat, lo! SohIB bisa mengatur sendiri jenis makanan atau minuman apa yang memiliki prospek bagus ke depannya. Fakta menariknya, bahkan para artis di dunia entertainment juga turut meramaikan pasar persaingan antar bisnis kuliner saking menjanjikannya.

Bila ditekuni serius, profesi ini tidak hanya akan mendatangkan keuntungan besar, akan tetapi juga menjadi lapangan kerja bagi orang-orang. Bagaimana, tertarik mencoba?

Ahli Gizi

https://unsplash.com/photos/Yn0l7uwBrpw Photo by Jimmy Dean on Unsplash
Ahli gizi bisa membantu pasien yang ingin merencanakan diet | Sumber: Unsplash (Jimmy Dean)

Ahli gizi cocok untuk orang yang suka melakukan riset dan senang memberi masukan terkait dengan asupan makanan. Dalam pengaplikasiannya, pekerjaan ini akan menjadi konsultan untuk menu diet dan mengatur nutrisi makanan client-nya. Ahli gizi juga bisa bekerja di rumah sakit, laboratorium, menjadi dosen, hingga membuka bisnis katering sehat sendiri.

Baca juga: 7 Makanan Memperlancar ASI yang Mudah Ditemukan di Indonesia

Food Stylist

Pernah nggak sih, saat SohIB sedang makan di restoran, melihat kudapannya saja sudah nggak tega untuk makan karena terlalu cantik? 

Semua orang bisa memasak, tetapi tidak semuanya dapat menjadi food stylist. Yap, hal tersebut bisa jadi benar, karena pekerjaan yang satu ini tidak hanya membutuhkan keahlian menciptakan hidangan lezat, akan tetapi juga punya jiwa artistik untuk menyajikan makanan dengan lebih indah.

Food Stylist haruslah memiliki banyak ide kreatif dan paham estetika, sehingga tampilan makanan dan minuman tidak hanya tampak enak, tetapi juga nyaman untuk dipandang.

Fotografer Makanan

https://unsplash.com/photos/j7tWLBlK9mk Photo by Aleksey Sokolenko on Unsplash
Senang fotografi dan suka makan-makan? Profesi ini bisa jadi cocok untuk kamu! | Sumber: Unsplash (Aleksey Sokolenko)

Merambah ke dunia digital, persaingan pebisnis kuliner yang semakin ketat membuat banyak owner berlomba-lomba untuk menampilkan visual menu yang tampak menarik dan menggugah daya tarik calon konsumen. Untuk itulah, jasa food photographer mulai banyak digunakan. Sehingga, dengan demikian dunia perkulineran tidak hanya menjadi ladang penghasilan bagi pecinta makanan saja, melainkan juga pada bidang lainnya.

Penulis Buku Masakan

SohIB senang menulis, tetapi kurang cocok dengan pekerjaan yang terlalu terpaku pada komputer? Menjadi penulis buku masakan bisa kamu pertimbangkan. Selain tetap menyalurkan hobi, profesi ini tidak akan membuatmu menghabiskan banyak waktu di depan layar.

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Jadi Jurnalis!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)