Personal Assistant, Ini Tugas dan Besaran Gajinya!

Personal Assistant, Ini Tugas dan Besaran Gajinya!

Menjadi PA perlu kejujuran dan pandai mengorganisasi sesuatu | Sumber: Unsplash (Christina @ wocintechchat.com)

Jika kita menonton tayangan YouTube tentang kehidupan public figure, mungkin SohIB nggak asing lagi dengan yang namanya asisten pribadi. Mereka biasanya kerap berada di dekat sang artis dan sigap membantu apabila atasannya membutuhkan bantuannya.

Nah, dalam bidang profesi, ternyata personal assistant nggak melulu ada di kalangan selebriti saja, lo! Pekerjaan ini lingkupnya sangat luas dan bisa kamu temukan di dunia karier lainnya, meski umumnya pada bidang perkantoran. Agar kamu lebih paham seluk-beluk asisten pribadi mulai dari definisi, tugas, keahlian yang menunjang, hingga prospeknya di pekerjaan, yuk, cari tahu di sini!

Baca juga: 4 Negara yang Punya Kebiasaan Kerja Unik

Apa Sih, Personal Assistant Itu?

Asisten pribadi bisa dikatakan sebagai individu yang menjadi kepercayaan seseorang untuk menangani berbagai urusannya, baik dalam lingkup pribadi maupun personal. Biasanya, mereka yang mempekerjakan seorang personal assistant memiliki jabatan yang cukup tinggi dan jadwal yang sangat padat. Karena kaitannya erat dengan urusan administratif, seorang PA harus mampu melakukan planning, mempunyai empati, paham prioritas mana yang mendesak untuk segera dikerjakan, menjadi perantara komunikasi yang baik, dan menjaga kerahasiaan atasan yang didampinginya. Intinya, kamu akan menjadi ‘tangan kanan’ individu tersebut, bahkan dalam waktu yang lama.

Terdapat tiga perbedaan PA sesuai dengan tugasnya masing-masing, yakni:

  1. Personal Assistant Eksekutif: kita akan meng-assist seseorang yang secara struktur di perusahaan memiliki jabatan yang penting dan sudah tinggi, seperti direktur, CEO, dan lainnya. Karena nantinya kamu akan sering bertemu dengan pebisnis dan dalam lingkup profesional, SohIB harus memiliki pengetahuan yang luas dalam dunia perbisnisan dan perusahaan.
  2. Personal Assistant Public Figure: selebritis biasanya memang sangat mengandalkan asistennya untuk mengurusi banyak hal, mulai dari jadwal syuting, koordinasi dengan pihak televisi, menjawab pertanyaan wartawan, tawaran kontrak, hingga menemani tur artis tersebut. Meskipun terkesan melelahkan karena harus ‘bekerja 24 jam’, tetapi banyak yang enjoy menjalaninya, lo! Terlebih lagi jika mendampingi artis yang loyal dan sering jalan-jalan ke luar negeri. Wah, menyenangkan bisa liburan gratis, dong!
  3. Private Personal Assistant: Nah, tak jauh beda dengan kedua di atas, PA yang satu ini juga bertugas untuk menjadi penanggung jawab urusan atasannya, tetapi lebih untuk ke ranah pribadi, seperti acara keluarga, menyusun schedule untuk daily life, mendampingi istri pejabat di acara formal, dan lainnya.

Dengan tugas sepenting ini, berapa sih, kisaran gaji yang diterima asisten pribadi? Meskipun setiap perusahaan dan kota menerapkan kebijakan yang berbeda-beda, menurut data yang diterima oleh Indeed, rata-rata salary yang diterima adalah Rp 2,4 juta - Rp 5.6 juta. Cukup tinggi, ya?

Baca juga: Tertarik Bidang Kuliner? Ini Pilihan Profesinya!

Tugas-tugas PA

Berikut adalah tugas yang dilakukan oleh seorang PA! | Sumber: Unsplash ( LinkedIn Sales Solutions)

Jika SohIB sudah melihat penjabaran tentang definisi asisten pribadi, mungkin kamu sebenarnya sudah cukup paham apa saja tugas-tugasnya nanti. Namun, agar lebih jelas lagi, berikut adalah jobdesk dari personal assistant!

  1. Menjadi “penjalin komunikasi” antara pihak internal dan eksternal dengan atasan, baik secara langsung maupun via telepon.
  2. Menyusun jadwal perencanaan perjalanan atasan (bisa dinas maupun pribadi).
  3. Mempersiapkan pertemuan yang dihadiri atau diselenggarakan atasan, menjadi notulen, dan memastikan rapat yang dibuat berlangsung lancar.
  4. Menerima dan mengirimkan berkas yang ditujukan pada atasan, baik berupa cetak maupun elektronik.
  5. Menyimpan informasi penting dari atasan dan mempergunakannya secara bijaksana dengan persetujuan.
  6. Boleh menjadi perwakilan atau representatif saat atasan tidak ada di tempat dengan persetujuan.

Skill yang Harus Dikuasai Asisten Pribadi

Terdapat empat keahlian yang sangat diutamakan bagi kamu yang ingin menjadi PA:

    1. Bisa menjaga kerahasiaan data: namanya juga ‘pendamping’, SohIB mau tidak mau akan sering menjumpai berbagai situasi atau dokumen yang sifatnya sangat pribadi atau penting. Oleh karena itu, jangan sampai data-data tersebut tersebar karena ketidaksengajaan kita membocorkan hal itu. Jadilah asisten yang amanah dan jujur, okay?
    2. Manajemen: PA dituntut untuk pandai scheduling, terutama masalah waktu, agar kegiatan yang diikuti atasan berjalan lancar dan tidak bertabrakan. Nah, bila kamu mau menjadi asisten personal yang andal, mulai dari sekarang belajarlah rapi dalam menyusun jadwal dan mengatur waktu. Jangan suka ngaret gitu guys, kalau diajakin pergi!
    3. Administrasi: Sekali lagi, personal assistant akan menjadi orang yang menyiapkan berbagai dokumen dan report yang dibutuhkan atasan, sehingga kemampuan administrasi yang mumpuni akan sangat penting. Nggak hanya itu saja,  asahlah skills SohIB dalam mengolah data menggunakan software tertentu, misalnya Microsoft Excel, Microsoft Word, dan Microsoft PowerPoint. Siapa tahu, suatu saat kamu diberikan mandat untuk membuat laporan tertentu dengan aplikasi ini, bukan?
    4. Good Communication: Bisa dibilang, kamu adalah garda terdepan atasanmu, sehingga memiliki komunikasi yang baik is a must! Personal Assistant harus pandai berbicara dan mendengarkan, sehingga mengurangi kekeliruan dalam menyampaikan informasi. Selain verbal, kembangkan juga skill menulis, karena itu akan berguna saat SohIB menyusun laporan atau membuat surat atas nama atasan.

Baca juga: 6 Pekerjaan Aneh di Dunia Bergaji Tinggi, Kamu Berani?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)