Sebelum Berangkat Study Abroad, Persiapkan 5 Hal Ini!

Sebelum Berangkat Study Abroad, Persiapkan 5 Hal Ini!

Pengalaman ke luar negeri memang selalu menyenangkan, ya? | Sumber: Unsplash (Erik Odiin)

Asyik, dapat kesempatan untuk belajar ke luar negeri, nih! Bagaimana perasaanmu, pasti so excited, dong ya? Selain mendapatkan pengalaman untuk merasakan bagaimana suasana belajar di luar sana yang berbeda, tentu saja kita akan memiliki banyak teman dari negara lain, budaya yang berbeda, makanan unik, dan hal lainnya. Nggak heran, setiap tahun, banyak pelajar dari Indonesia berlomba-lomba untuk mendapatkan beasiswa atau program sekolah di luar negeri.

Namun, tahan dulu kesenanganmu! Apakah SohIB sudah mempersiapkan diri sebelum keberangkatan? Tidak sedikit lo, yang saking happy-nya mendapatkan kabar untuk study abroad, lalu melupakan beberapa hal ini menjelang waktu berangkat. Entah karena grogi, lalai, atau memang tidak tahu. Hmm.. hati-hati, ya! Lebih baik, segera simak artikel berikut ini dan perhatikan 5 poin yang harus SohIB persiapkan sebelum study abroad! Are you ready?

Baca juga: Tertarik Bidang Kuliner? Ini Pilihan Profesinya!

1. Jangan Lupakan Dokumen Penting!

Tentu saja, kamu tidak boleh melupakan beberapa dokumen yang sangat penting saat perjalanan nanti! Misalnya paspor dengan expired masih lama, visa, kartu identitas diri (bila diperlukan), kartu asuransi, surat LoA universitas atau sekolah yang dituju, dan juga salinannya. Masukkan ke dalam satu dompet atau tas kecil yang mudah untuk dibawa dan jangan masukkan ke dalam koper karena akan menyulitkan kamu saat diperlukan. Selain itu, cek kembali berkas apa saja selain yang ada di atas yang perlu kamu bawa ketika memasuki universitas nanti. Bisa saja, SohIB perlu mengurus dokumen lain yang ternyata memerlukan pengurusannya saat masih di Indonesia.

2. Cari Informasi Tentang Negara dan Kampus yang Dituju

Yup, yakin banget sih, saat kamu apply program study abroad tersebut, pasti SohIB sudah searching tentang universitas atau negara yang akan kamu datangi. Namun, karena sekarang sudah pasti berangkat, mendapatkan informasi tambahan dan lebih detail tidak ada salahnya bukan?

Contohnya, jika negara yang akan kamu tinggali adalah negara yang memiliki 4 musim, cari tahu seberapa rendah suhu rata-rata di sana, musim apa yang akan terjadi ketika kamu sampai, seberapa jauh jarak tempat tinggalmu dengan kampus, pusat perbelanjaan, dan sebagainya.

Oiya, akan lebih baik lagi jika dari sekarang kamu mulai mencari teman-teman baru dari kampus atau kota yang sama dari sana. Siapa tahu, kamu bisa mendapatkan info-info unik yang tidak bisa ditemukan dari web browser. Sekarang, nggak sulit kok, untuk punya teman dari luar negeri di platform media sosial, betul nggak?

Baca juga: Berprofesi Sebagai PNS, Ini Sederet Keuntungannya!

3. Pelajari Bahasa dan Kulturnya

Jika kamu akan berada di negara yang berbahasa Inggris, mungkin hal tersebut tidaklah terlalu sulit, mengingat Indonesia sendiri juga sudah terbiasa menggunakan bahasa ini. Akan tetapi, untuk SohIB yang bakalan tinggal di negara non bahasa Inggris, ada baiknya dari sekarang kamu belajar sedikit-sedikit ya, terutama untuk ungkapan umum. Ada beberapa bahasa yang mungkin terdengar sangat asing dan sulit kita ucapkan, seperti bahasa Perancis, bahasa Rusia, hingga bahasa China. Namun, dengan terus berlatih, siapa tahu kamu bisa memukau teman-teman dan profesor di sana karena sudah mulai menguasai bahasa mereka!

4. List Apa yang Ingin Kamu Lakukan di Sana

Eh, kamu memang pergi ke negara tersebut utamanya untuk belajar, tetapi bukan berarti nggak boleh jalan-jalan, dong! Karena kesempatan ini bisa saja tidak datang dua kali, maksimalkan dirimu saat berada di sana.

Susunlah perencanaan yang masuk akal tentang destinasi apa saja yang ingin kamu kunjungi dan sesuaikan dengan budget dan waktu untuk mewujudkannya. Berwisata tidak hanya sekadar membuat relaks pikiran, tetapi juga pengalaman berharga yang baru dan kenangan yang bisa kita terus kenang. Jangan pelit untuk membahagiakan diri, meski masih dalam batas yang wajar.

5. Jangan Lebay Membawa Terlalu Banyak Barang

Kamu 'hanya' menginap beberapa bulan saja, bukan pindahan | Sumber: Unsplash (JESHOOTS.COM)

Oh please… SohIB nggak sedang pindah untuk selamanya! Jangan biarkan kamu kesulitan di keberangkatan dan kepulangan karena membawa terlalu banyak barang. Siapkan pakaian secukupnya, yang penting sesuai dengan kondisi lapangan. Pertimbangkan untuk membeli beberapa kebutuhan lain di sana, misalnya alat mandi. Kebiasaan banget deh, nanti bawa banyak banget baju, terus akhirnya hanya dipakai yang itu-itu saja.

Baca juga: Cloud Engineer, Profesi Viral yang Bisa 'Mengatur Awan'

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)