5 Permainan yang Bisa Mengasah Otak, Yuk Lakukan!

5 Permainan yang Bisa Mengasah Otak, Yuk Lakukan!

Tidak semua permainan membuat anak menjadi malas, lo! | Sumber: Unsplash (Randy Fath)

Banyak orang tua yang berpikir bahwa bermain game hanya buang-buang waktu saja dan membuat anak menjadi malas belajar. Meskipun tidak sepenuhnya salah, sebetulnya nggak semua permainan dibuat untuk tujuan senang-senang saja, lo! Terdapat gim-gim yang justru diciptakan untuk melatih pikiran dan kreativitas kita agar makin berkembang. Sebelum kamu makin negative thinking, yuk, baca dulu tulisan di bawah ini!

Baca juga: 5 Bentuk Self Love yang Kita Tidak Sadari, Lanjutkan!

Puzzle

Puzzle adalah permainan di mana kamu akan diminta untuk menyusun sebuah gambar dari potongan-potongan yang ada. Level akan semakin menantang apabila permainan bongkar pasang ini memiliki lebih banyak bagian untuk disusun. Banyak orang yang bahkan perlu berjam-jam demi menyelesaikan permainan yang satu ini.

Puzzle hingga kini masih banyak diminati sebagai permainan yang melatih kecerdasan, logika, ketepatan, dan kejelian mata. Bahkan, anak-anak usia dini pun tidak sedikit yang diberikan permainan ini sebagai media belajar mereka. Tentunya, gambar yang disusun telah disesuaikan dengan usia pemainnya, ya!

Sudoku

SohIB mungkin sudah bisa menebak permainan ini berasal dari mana bukan? Yup, berasal dari Jepang, sudoku yang juga dikenal sebagai nanpure ini adalah permainan yang melibatkan teka-teki logika. Di sini, kamu harus bisa mengisi angka 1 sampai 9 ke dalam kotak 3x3 dan masing-masing kotak memiliki jaring 9x9.

Intinya, baik secara vertikal maupun horizontal, kamu harus bisa mengisi semua kotaknya dengan angka 1ー9, tetapi tidak boleh ada angka yang sama dalam satu barisnya. Saat ini, kamu bisa dengan mudah mengunduh sudoku dan memainkannya via online. Ada yang sudah mencoba?

Scrabble

Kamu mau belajar bahasa Inggris dengan cara yang mengasyikkan? Coba saja scrabble! Permainan ini terdiri dari sebuah papan (lazimnya terbuat dari plastik atau kayu) yang akan menjadi alas bermain kita. Kemudian, para pemain (minimal dua orang) akan berusaha menyusun beragam kata berdasarkan huruf-huruf yang sudah tersedia di atasnya. Persis seperti bermain teka-teki silang, tetapi versi yang lebih canggih nih, guys!

Baca juga: 7 Makanan dan Minuman yang Sebaiknya Jangan Dibawa Ketika Travelling, Serba Repot!

Catur

Catur bisa dibilang sebagai permainan jadul yang masih cukup populer hingga sekarang. Bahkan, ada lo, turnamen catur nasional dan mancanegara yang mewadahi para pecintanya untuk bertanding. Dimainkan dalam sebuah papan dengan 64 kotak (biasanya hitam dan putih), kedua pemain akan menggunakan 16 buah pion dengan masing-masing tugasnya untuk saling mengalahkan. Permainan berakhir jika salah satu pemain menyatakan menyerah atau terjadi skakmat.

Catur masuk dalam permainan yang dianggap serius oleh banyak negara. Beberapa waktu lalu, terdapat sebuah serial bertemakan catur yang sangat populer ditonton orang pada platform Netflix. Judulnya Queen of Gambit. SohIB sudah menontonnya?

Pump It Up

Pump It Up memang bukan gim yang menggunakan logika, tetapi sangat bagus untuk melatih koordinasi tubuh. Di sini, kamu perlu berada di atas ‘lantai elektrik’ sebagai panggungnya. Kemudian, ketika lagu yang ada di layar TV dimainkan, SohIB harus mengikuti irama nadanya dengan menggerakan kaki dan tubuh sesuai instruksi. Meskipun terdengar melelahkan, ini bisa menjadi sarana yang seru bagi yang suka mager atau sedang menjaga berat badan tubuh.

So, itulah tadi 5 permainan yang bagus untuk mengasah logika dan kecerdasan otak. Mulai dari sekarang, stop untuk berpikir game membawa efek buruk, ya! Selama tidak dimainkan dengan berlebihan, justru kamu mendapatkan banyak manfaatnya kok, dari aktivitas ini!

Baca juga: 5 Universitas Tertua di Dunia, Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)