Peran Generasi Muda Untuk Kemajuan Bangsa yang Kreatif dan Inovatif

Peran Generasi Muda Untuk Kemajuan Bangsa yang Kreatif dan Inovatif

Peran Generasi Muda demi Kemajuan Bangsa yang Kreatif dan Inovatif

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Seiring berkembangnya zaman, tentu ada banyak perubahan yang kita rasakan. Perkembangan zaman yang signifikan ini seringkali membawa pengaruh yang besar, yang bisa dirasakan oleh semua kalangan, baik tua ataupun muda. Era yang semakin berkembang ini disebut sebagai modernisasi.

Modernisasi
Modernisasi membawa pengaruh besar untuk kehidupan | Yuksinau (https://www.yuksinau.id/pengertian-modernisasi/)

Disadur dari Wikipedia, modernisasi dalam ilmu sosial merujuk pada sebuah bentuk transformasi dari keadaan yang kurang maju atau kurang berkembang ke arah yang lebih baik dengan harapan akan tercapai kehidupan masyarakat yang lebih maju, berkembang, dan makmur.

Berdasarkan pengertian tersebut, dapat ditarik satu kesimpulan bahwa era modernisasi yang saat ini tengah kita hadapi mampu membawa kita ke arah yang lebih baik. Maka, sudah sepatutnya kita, sebagai pengguna gadget dan internet, harus memanfaatkan teknologi yang saat ini tersedia dengan sebaik mungkin.

Adapun untuk rentang usia pengguna internet terbanyak, menurut situs IndonesiaBaik.id, pengguna internet paling banyak berada di rentang usia antara 20-29 tahun, yang mana hal ini mengindikasikan bahwa rata-rata pengguna internet kebanyakan merupakan kalangan anak muda atau generasi muda. Hal ini dapat disebabkan karena pada rentang usia tersebut, adalah masa-masa belajar dan usia produktif dalam bekerja.

Generasi Muda
Generasi Muda Sebagai Pengguna Internet Terbanyak | Suara.com (https://www.suara.com/health/2021/05/30/204217/remaja-yang-bermain-internet-lebih-dari-satu-jam-setiap-hari-punya-nilai-rendah-di-sekolah)

Oleh karena itu, kaum generasi muda, sebagai pengguna internet terbanyak, diharapkan mampu menjadi pelopor kemajuan bangsa, terkhusus bisa memajukan dan mensejahterakan bangsa menjadi bangsa yang kreatif dan inovatif.

Bangsa yang kreatif dan inovatif artinya adalah kita mampu membuktikan kepada dunia bahwa bangsa kita tercinta ini mampu menciptakan suatu hal, konsep, maupun gagasan yang dinilai kreatif dan mampu mengembangkan atau berinovasi dimana hal tersebut dapat berubah menjadi hal yang baru lagi.

Hah? Gimana caranya? Sebenarnya mudah. Dengan kemajuan teknologi saat ini, sangat mudah sekali mencari segala sesuatu untuk memudahkan pekerjaan atau aktivitas kita sehari-hari. Nah, kita bisa memanfaatkan kemajuan teknologi ini sebagai suatu peluang, yang dapat memberikan dampak positif dan inspiratif untuk bangsa Indonesia.

Misalnya seperti kita membuat konten-konten yang positif dan bermanfaat. Bisa konten apa saja, sesuai dengan minat dan bakat kamu. Cari tau apa yang kamu butuhkan. Pahami dan asah potensi dirimu menjadi sesuatu yang memberikan manfaat. Kamu ingin menjadi guru, mulailah membuat konten edukasi. Kamu ingin menjadi ahli masak, mulailah membuat konten tutorial memasak. Kamu ingin menjadi pelukis atau seniman, mulailah membuat konten-konten yang berisi karya-karya orisinal kamu. Dan lain sebagainya.

Membuat Konten
Membuat Konten yang Positif dan Bermanfaat | LewatOnline.com (https://www.lewatonline.com/2020/11/cara-membuat-konten-media-sosial.html)

Tentunya dengan kita membuat konten-konten seperti ini, kita tidak hanya memberikan hal yang dapat menambah wawasan dan menginspirasi orang, kita juga bisa lho sekaligus menghasilkan uang jika konten kita dilihat oleh banyak orang. Tentunya kita harus mengemas konten kita dengan sebaik mungkin supaya terlihat menarik di mata orang. Gunakan ide kreatifmu untuk menciptakan suatu karya yang spektakuler.

Selain itu, peran generasi muda demi kemajuan bangsa juga bisa dilakukan dengan cara lain. Yaitu dengan tidak mudah percaya terhadap isu-isu yang tidak jelas kebenarannya. Kita jangan mudah termakan hal-hal yang belum terbukti benar. Sikap seperti ini dinamakan sikap Skeptis. Yaitu tidak mudah percaya sebelum kita membuktikan kebenaran hal tersebut.

Hal ini sangat penting. Karena jika tidak timbul sikap seperti ini dalam jiwa masyarakat Indonesia, maka kita semua akan mudah terkena berita hoax, alias tidak benar. Dan dampaknya, berita hoax bisa bertebaran dimana-mana, tanpa kita ketahui mana yang benar dan mana yang salah.

Parahnya, jika rakyat sudah termakan isu-isu yang tidak benar, maka akan terjadi yang namanya kesalahpahaman antara rakyat dengan penguasa. Tentunya kita tidak ingin hal-hal yang buruk terjadi. Maka, untuk meminimalisir hal tersebut, kita perlu mengoreksi terlebih dahulu, mendalami suatu hal, mencari kebenaran informasi tersebut, apakah benar atau keliru. Kamu bisa cari kebenarannya melalui situs-situs terpercaya dan memang menyajikan konten yang bermanfaat.

Tentunya untuk mewujudkan bangsa Indonesia yang kreatif dan inovatif ini, juga perlu didukung oleh para generasi senior, alias orangtua kita. Terus pantau anak-anak kita, kenali lingkungan pergaulannya agar tidak salah memilih teman. Didik anak-anak muda kita dengan wawasan yang baik, yang mampu menyadarkan kepada mereka bahwa bangsa Indonesia kini sedang tidak baik-baik saja.

Dengan kerjasama yang apik dan teratur, tentunya akan dapat tercipta bangsa Indonesia yang berjiwa kreatif dan inovatif. Semua orang harus terlibat demi tujuan bersama, terkhusus generasi muda, sebagai pelopor pergerakan bangsa.

Semoga kita semua bisa berubah ke arah yang lebih baik. Dan bisa menjadi panutan untuk orang lain.

Salam integrasi, salam literasi, salam lestari, saya, Aubin Nada Maulidan, melaporkan untuk negeri. Sekian dan terima kasih.