Pendidikan Pancasila : Investasi Generasi Muda Masa Depan Bangsa

Pendidikan Pancasila : Investasi Generasi Muda Masa Depan Bangsa

Pendidikan Pancasila : Investasi Generasi Muda Masa Depan Bangsa

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMengisnpirasi #SohibBerkompetisiArtikel

Nilai-Nilai Pancasila | Sumber: Google (kependidikan.com)

 

Pancasila menjadi sebuah dasar negara, ideologi, serta alat pemersatu bangsa Indonesia. Menurut Handitya: 2019, bahwa pancasila lahir dengan perjuangan yang sangat besar yang telah dilakukan oleh pahlawan-pahlawan terdahulu. Pancasila menjadi identitas bagi Bangsa Indonesia dimana didalam pancasla juga memberikan gambaran mengenai apa yang harus dilakukan oleh Bangsa Indonesia. Sedangkan menurut Asmaroini.: 2016, pancasila sendiri bukan dihasilkan dari pemikiran individu tertentu saja, namun merupakan hasil dari cerminan adat, kebudayaan, serta nilai religious yang hidup didalam kehidupan masyarakat Indonesia. Nilai yang terkandung dalam pancasila meliputi Ketuhanan, Kemanusiaan, Persatuan, Kerakyatan, serta Keadilan dimana apabila nilai-nilai tersebut mampu diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari maka akan menjadi kehidupan yang maju, damai, dan tidak menimbulakan konflik.

Menurut Darmodiharjo: 1999, penggalakkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari bagi masyarakat Indonesia sangat perlu dilakukan mengingat pancasila sendiri merupakan identitas yang mencerminkan diri kita dan Bangsa Indonesia, melalui nilai pancasila yang baik amaka akan menimbulkan kebiasaan baik dalam kehidupan. Berbagai upaya telah digalakkan untuk mengimplementasikan nilai pancasila dalam kehidupan sehari-hari, namun hal tersebut belum dapat membuahkan hasil yang maksimal dikarenakan kurangnya kesadaran serta parisipasi dari masyarakat Indonesia.
  Pentingnya penggalakkan nilai-nilai pacasila bagi generasi muda sangat diperlukan mengingat mereka akan menjadi generasi penerus kemajuan Indonesia. Adanya generasi muda yang mampu mengimplementasikan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya akan menjadikan mereka sebagai generasi unggul yang dapat meneruskan kemajuan Indonesia. Generasi muda yang mampu menggalakkan nilai pancasila akan menjadi garda terdepan yang baik bagi kehidupan baik dimasa sekarang maupun masa depan. Maka dari itu, mari kita galakkan nilai-nilai pancasila khusunya bagi generasi muda sebagai generasi penerus bangsa guna mewujudkan kemajuan Indonesia.

Generasi muda menjadi sorotan berbagai pihak untuk menyiapakan generasi penerus yang berkualitas demgan berbekal nilai-nilai pancasila. Berbagai upaya dilakukan untuk membentuk generasi yang berkualitas bukan hanya diukur dari segi gelar saja, namun diukur dari sikap, kontribusi, serta kepedulian terhadap lingkungan sekitar serta bangsa dan negara.

Generasi Muda Pancasila | Sumber: Google (satuharapan.com)

 

Pembentukan Generasi Muda dengan berbekal nilai pancasila sebagai generasi penerus bangsa sangat perlu digalakkan. Berbagai upaya telah dilakukan seperti menguatkan nilai pancasila di lingkungan sekolah sehingga menciptakan pendidikan berkualitas yang dapat melahirkan generasi penerus bangsa yang menanamkan nilai pancasila. Generasi muda yang menanamkan nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya diantaranya ketuhanan, kemanusiaan, persatuan, permusyawaratan, serta keadilan akan menjadikan mereka menjadi generasi unggul yang dapat membawa kemajuan bagi Indonesia dan menjadi penerus kehidupan yang berkualitas. Adanya generasi muda yang menanamkan nilai panacasila menjadikan mereka tidak lupa akan jati diri nya sebagai Bangsa Indonesia dan akan mengharumkan Bangsa Indonesia serta mengurangi permasalahan yang dihadapi Indonesia karena mereka memegang teguh nilai pancasila. Generasi muda sebagai generasi penerus kemajuan Indonesia harus mampu membawa perubahan nyata bagi Indonesia. Adanya generasi berkualitas yang menanamkan nilai pancasila akan menjadikan bekal mereka dalam menjadi pemimpin sehingga mereka menjadi pemimpin yang jujur dan amanah tanpa melakukan hal hal yang merugikan bangsa dan masyarakat seperti korupsi dan sebagainya.

Penggalakkan nilai-nilai pancasila bagi generasi muda akan terlaksana dengan baik jika terdapat dukungan serta kesadaran kita semua baik dari sekolah, lingkungan, maupun diri mereka sendiri. Kesadaran dari generasi muda itu sendiri dapat dibentuk dengan menyadari bahwa dirinya merupakan tombak penerus kemajuan bangsa serta pancasila merupakan jati diri Bangsa Indonesia yang harus ditegakkan. Berbagai cara dapat dilakukan oleh pihak sekolah untuk menggalakkan nilai pancasila bagi siswanya sehingga mereka menjadi generasi unggul yang memegang teguh nilai-nilai pancasila dalam kehidupannya dan bekal sebagai penerus kemajuan Bangsa Indonesia kelak. Adanya webinar, mata pelajaran tentang pendidikan pancasila, forum peduli penegakkan nilai-nilai pancasila, aturan-aturan yang menyangkut tentang penggalakkan nilai-nilai pancasila, serta pemberian sanksi tegas bagi pelanggarnya dapat menjadi upaya yang dilakukan untuk menggalakkan nilai pancasila bagi generasi muda sebagai generasi unggul. Adanya upaya-upaya tersebut dilakukan untuk menumbuhkan sikap kesadaran bagi generasi muda untuk menggalakkan nilai pancasila bagi kehidupannya sehingga mereka dapat membawa perubahan di lingkungannya serta dipandang baik oleh orang disekitarnya serta menjadikan mereka menjadi generasi unggul yang mampu meneruskan kemajuan Indonesia baik dimasa sekarang maupun dimasa depan serta dapat membawa perubahan nyata dan mampu bersaing dengan kemajuan-kemajuan yang akan terjadi dalam kehidupan.

Nilai-nilai pancasila yang dapat diimplementasikan pada kehidupan sehari-hari bagi generasi muda sangatlah sederhana. Sila pertama sampai kelima mengandung arti penting dalam pembentukan kepribadian yang unggul. Ketaatan terhadap Tuhan, kepedulian terhadap sesama, menjaga persatuan Indonesia, menyelesaikan sesuatu secara kekeluargaan, serta menegakkan keadilan menjadi sebuah cara yang dapat dilakukan bagi mereka sebagai generasi penerus kemjuan Bangsa Indonesia. Adanya pembiasaan penerapan nilai pancasila tersebut dalam kehidupan maka akan membentuk kepribadian yang unggul serta bekal yang baik sebagai penerus bangsa. Selain itu, generasi muda yang mampu menunjukkan bahwa dirinya dapat menerapkan nilai pancasila yang ada akan menjadikan mereka menjadi sosok yang disenangi oleh siapapun dan membawa kebaikan di sekitarnya. Kesadaran dan pembiasaan mulai dari diri sendiri sangat perlu ditegakkan bagi generasi muda agar mereka dapat menggalakkan nilai pancasila dalam kehidupannya.

Tantangan Society 5.0 | Sumber: Google (Institut Teknologi Bandung)

 

Berbagai cara perlu dipikirkan mulai dari sekarang demi terciptanya kemajuan bangsa di masa mendatang. Dari berbagai aspek yang ada, generasi muda menjadi aspek yang paling perlu dipersiapkan sebagai penerus bangsa. Dengan menanamkan nilai pancasila pada generasi muda, diharapkan masa depan kemajuan bangsa menjadi lebih terjamin di tangan penerus yang unggul dan berjiwa pancasila.

 

Daftar Pustaka
Alfindasari, D., & Surahman, E. (2014). Sumber daya manusia dan pendidikan di era global: sebuah tinjauan terhadap penelitian teknologi pendidikan di LPTK. In Proceeding Seminar Nasional Teknologi Pembelajaran. Yogyakarta: UNY.
Asmaroini, A. P. (2016). Implementasi Nilai-Nilai Pancasila Bagi Siswa Di Era Globalisasi. Citizenship Jurnal Pancasila dan Kewarganegaraan, 4(2), 440-450.
Darmodiharjo, D. (1991). Santiaji Pancasila Suatu Tinjauan Filosofis, Historis, Dan Yuridis Konstitusional.
Handitya, B. (2019). Menyemai Nilai Pancasila Pada Generasi Muda Cendekia. ADIL Indonesia Journal, 1(2).