Pemuda Tangguh Indonesia Hebat

Pemuda Tangguh Indonesia Hebat

PEMUDA TANGGUH INDONESIA HEBAT

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

"Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut Semeru dari akarnya. Beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia." Begitulah kiranya bagaimana seorang Ir. Soekarno dalam menggambarkan dahsyatnya peran pemuda bagi kemajuan bangsa Indonesia. Pemuda adalah salah satu aset yang berharga bagi sebuah bangsa, negara yang hebat adalah negara yang mampu memberdayakan para pemudanya.  Pemuda merupakan kekuatan moralitas, kontrol sosial serta agen perubahan dalam perwujudan fungsi, peran, dan karakteristik dalam sebuah pembangunan nasional. Oleh sebab itu tanggung jawab dan peran strategis para pemuda dalam berbagai bidang pembangunan nasional perlu ditingkatkan. Sebagai seorang generasi penerus bangsa, pemuda memiliki beberapa peran vital dalam penggerak masyarakat yaitu sebagai agen perubahan  serta agen pembangunan masyarakat.

Dalam menjalankan kehidupannya, sebuah bangsa perlu memiliki agen perubahan dan agen pembangunan guna menjalankan fungsi agar tercapainya sebuah perubahan dari bangsa yang tidak mengerti apa-apa menjadi sebuah bangsa yang cerdas, adaptif dan tangguh. Pemuda adalah salah satu lapisan generasi bangsa  yang akan selalu mengalami perubahan dan para pemuda pula yang lebih cepat dalam beradaptasi di dalam sebuah perubahan yang terjadi, sehingga penting sekali peran para pemuda dalam menjadi penggerak masyarakat. Dalam menghadapi perubahan yang terjadi, akan timbul banyak sekali gejolak karena dalam merespons sebuah perubahan ada pihak yang menerima dan ada yang tidak.

Pemuda Sebagai Agen Perubahan | Unplash (pranata.haroun)

Pemuda Sebagai Agen Perubahan

Pemuda memiliki peran sebagai agen perubahan di dalam masyarakat, peranan ini menjadi pusat dari kemajuan suatu bangsa. Pemuda di tuntut untuk dapat mendorong masyarakat untuk melakukan pengadaan perubahan menuju ke arah yang lebih baik dengan cara-cara yang disepakati bersama. Langkah-langkah dalam perubahan masyarakat diawali dengan membangun kesadaran akan pentingnya perubahan, langkah yang paling awal untuk berubah adalah masyarakat harus sadar bahwa dalam suatu masa penting untuk melakukan perubahan demi sebuah keberlanjutan. Selanjutnya sebagai seorang agen perubahan, pemuda harus bisa memfasilitasi masyarakat dengan cara menjadi media dalam bertukar informasi, hal ini dilakukan guna dapat mengidentifikasi permasalahan yang timbul di masyarakat sehingga terdorong niat untuk melakukan perubahan serta pemudalah yang akan mentransformasikan niat perubahan tersebut menjadi sebuah realitas.

Generasi Muda Sebagai Agen Pembangunan | Unplash (hobi.industri)

Pemuda Sebagai Agen Pembangunan

Berbeda dengan agen perubahan yang melakukan perubahan pada hal-hal yang sifatnya normatif dan tak kasat mata, pemuda sebagai agen pembangunan memiliki arti bahwa pemuda memiliki peran dalam perubahan yang tampak secara kasat mata dalam berbagai bidang. Dalam menjalankan perannya sebagai agen pembangunan, pemuda secara langsung akan mendukung proses pembangunan nasional serta akan semakin menampakkan eksistensi bangsa Indonesia di kancah internasional. Maka dari itu penting sekali bagi seluruh generasi bangsa untuk memegang teguh sikap serta keinginan dalam belajar serta mengembangkan seluruh potensi yang dimiliki. Tidak hanya sebatas mendukung pembangunan nasional saja tetapi juga ikut mengembangkan kemampuan serta potensi generasi muda lainnya. 

Dengan adanya peran pemuda bagi sebuah bangsa maka secara tidak langsung bangsa tersebut telah menginvestasikan masa depannya untuk menuju sebuah kemajuan yang lebih baik. Pemuda sebagai agen perubahan dan pembangunan akan memberikan dampak modernisasi bagi masyarakat, selain tetap mempertahankan identitas bangsa, pemuda juga berperan dalam mendorong masyarakat untuk peka dalam mengikuti dinamika perkembangan zaman di era modern ini. Dalam forum Presidensi G20 Tahun 2022, Indonesia mengusung semangat “Recover Together, Recover Stronger” dengan menitikberatkan pada 3 aspek penting yaitu penanganan kesehatan yang inklusif, transformasi berbasis digital, dan transisi menuju energi berkelanjutan. Para pemuda dapat memberikan kontribusi secara penuh dengan cara mengajak dan mendorong masyarakat dalam mengatur pola hidup sehat, memperluas literasi digital serta menggunakan energi yang ramah lingkungan. Perlu di ingat bahwa dalam mengajak dan mendorong masyarakat perlu dedikasi dan semangat juang yang tinggi dengan cara menempuh pendidikan, karena pendidikan merupakan fondasi awal yang utama bagi sebuah bangsa dalam menyiapkan para generasinya untuk meningkatkan kualitas serta mutu diri sehingga akan memberikan dampak yang baik bagi masyarakat.