Pemuda Sebagai Agent Of Change dalam Menyongsong Indonesia Kearah yang Lebih Baik

Pemuda Sebagai Agent Of Change dalam Menyongsong Indonesia Kearah yang Lebih Baik

Peran Pemuda Bangsa

 Pemuda Sebagai Agent of Change dalam Menyongsong Indonesia Kearah yang Lebih Baik

#SobatHebatIndonesiaBaik

 #JadiKontributorJadiInspirator

#BerbagiMenginspirasi

#SohIBBerkompetisiArtikel 

(Pemuda | Google: MURIANEWS.com)
(Pemuda | Google: MURIANEWS.com)

        Peran pemuda sangat sering dikaitkan dengan kemajuan suatu bangsa. Bangsa yang maju adalah bangsa yang memiliki pemuda yang siap berjuang demi mempertahankan bangsanya. Masa muda adalah masa yang penuh dengan warna kehidupan, penuh dengan impian dan harapan, memiliki fisik dan mental yang kuat dan masih akurat. Pemuda laksana bara api yang berkobar dan semangat yang tidak pernah redup, kekuatan yang tidak pernah luntur, bahkan keberanian yang tak pernah hancur. Oleh karena alasan inilah Bung Karno pernah berkata, “berikan aku 10 pemuda akan aku goncangkan dunia”. Dengan hal inilah bahwa sangat jelas dan wajar jika pemuda memiliki peran penting dalam kemajuan suatu bangsa. Oleh karena itu generasi muda dianggap sebagai tonggak awal untuk terus melanjutkan perjuangan para pendahulu di masa yang akan datang.

(Kutipan Ir. Soekarno | Google : juproni.com)

       Pemuda memegang peranan penting dalam kehidupan berbangsa, hal ini tidak luput dari keikutsertaan pemuda yang berjuang sepenuh hati dan jiwa untuk memerdekakan Indonesia dari belenggu penjajah. Sumpah pemuda menjadi simbol penegas bagi para pemuda Indonesia untuk bersatu memperjuangkan kemerdekaan bangsa tanpa melihat latar belakang dan keberagaman yang lahir dari adanya perbedaan. Pemuda di masa penjajahan telah berjuang melawan penjajah dengan semangat yang tinggi dan penuh pengorbanan, maka pemuda masa kini memiliki peran sebagai insan yang harus mempertahankan kemerdekaan dengan menjadi agent of change. Peran pemuda sebagai sebagai agent of change atau agen perubahan bahwa pemuda memiliki peranan untuk menjadi faktor terpenting dari kemajuan bangsa itu sendiri, baik buruknya suatu negara dilihat dari kualitas pemudanya, karena generasi muda adalah penerus dan pewaris kekayaan bangsanya untuk terus melanjutkan perjuangan dimasa yang akan datang. Di tambah pada saat ini Indonesia sedang menghadapi bonus demografi. Para pemuda Indonesia diharapkan produktif memiliki peran dan kontribusi terhadap lingkungannya maupun negaranya.

Pemuda sebagai agen perubahan yang sangat menentukan masa depan

       Sebagai agen perubahan suatu bangsa, pemuda tentunya sangat memiliki peranan yang besar untuk bangsanya. Pemuda Indonesia memiliki banyak pilihan dalam mengubah bangsa dan pemuda tidak harus berjuang di medan perang untuk melanjutkan perjuangan namun pemuda harus mampu mengembangangkan potensi diri, termasuk mengembangkan potensinya di dunia digital sebagai sarana belajar, berkarya, bekerja, maupun berbisnis. Selain itu, pemuda juga dapat ikut serta dalam mendukung perubahan-perubahan dalam lingkungan masyarakat, baik secara nasional maupun daerah, upaya ini dapat dilakukan dengan saling memotivasi, mendukung dan mengikuti berbagai organisasi kepemudaan yang dapat membentuk karakter pemuda yang lebih baik.

(pemuda sebagai Agent of change | Google : pojokseni.com)

       Masa depan bangsa ada di tangan para pemuda saat ini. Jika pemuda saat ini tidak memiliki semangat jiwa yang kuat dalam membangun bangsa maka bangsa kita akan menjadi bangsa yang mundur di masa yang akan datang. Sehingga seharusnya semua pihak di negeri ini memperhatikan dengan serius keberlangsungan eksistensi pemuda. Semua pihak diperlukan keseriusan dalam membina dan menjaga pemuda sebagai kader bangsa dari arus negatif globalisasi yang tak terbendung lagi. Hal itu dapat dilakukan melalui pendidikan, membentuk pemuda yang berkarakter, mengembangkan potensi pemuda melalui pelatihan dan program tertentu, dan menanamkan jiwa nasionalisme kepada pemuda, serta mengembangkan potensi dalam memahami teknologi guna bersaing secara global.

      Pemuda, diharapkan bisa membawa ide-ide segar sehingga tercipta pemikiran-pemikiran kreatif dan dapat menentukan arah yang jelas untuk bangsa, sehingga bangsa kita tidak melulu hanya dihadapkan pada hal-hal yang kurang inovatif dan pemuda tidak hanya berdiam diri tanpa ada aktivitas. Dengan kata lain pemuda diharapkan menjadi pemimpin masa depan yang lebih baik dari pemimpin masa kini.

      Jadi dapat disimpulkan bahwa kunci kesuksesan suatu negara terdapat pada tangan pemuda Indonesia, maka pemuda diharapkan sadar akan pentingnya peran dan fungsi sebagai kader penerus bangsa. Sudah waktunya pergerakan-pergerakan pemuda Indonesia kembali bangkit, dan berjuang demi bangsa tercinta. Berjuanglah untuk mengembalikan rasa keadilan, rasa solidaritas dalam keberagaman dan membawa bangsa menuju arah yang lebih baik.