Peluang Karier di Industri Digital, 5 Alasan Jangan Pendam Bakatmu!

Peluang Karier di Industri Digital, 5 Alasan Jangan Pendam Bakatmu!

ilustrasi content creator | Sumber: Unsplash (TheRegisti)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

SohIB, pernahkah kamu membayangkan jika dunia kehilangan koneksi internet selama seharian penuh? Jika hal ini terjadi, maka kita akan mengalami kesulitan dan kerugian, sebab selama ini kita tertolong oleh kemudahan dari teknologi digital.

Hal tersebut merupakan salah satu contoh bahwa manusia mulai bergantung pada teknologi digital. Meski banyak orang yang melihat ketergantungan tersebut dalam sudut pandang yang buruk, namun harus kita akui setelah mendapat banyak kemudahan karena teknologi digital, kita tidak bisa lagi hidup dengan cara primitif. Kita juga harus mengakui bahwa banyak sekali kemudahan dan perkembangan akibat era digitalisasi, salah satunya adalah penyaluran bakat.

Pernahkah kamu menyadari bahwa era digitalisasi ini sangat membantu kita semua dalam menyalurkan hingga menunjukkan bakat kita pada dunia? Mari kita ambil contoh penyanyi kelas dunia yang memiliki banyak fans dari berbagai mancanegara, yakni Justin Bieber.

Justin Bieber menjadi terkenal setelah video menyanyinya diunggah di YouTube oleh sang ibu. Diunggahnya video tersebut membuat salah satu agen bakat bernama Scooter Braun ‘menyadari’ bakat dari pria berwajah tampan tersebut. Hal inilah yang menjadi langkah awal Justin Bieber menjadi penyanyi kelas dunia.

Justin Bieber menjadi salah satu bukti bahwa era digitalisasi dapat mendukung seseorang untuk menunjukkan bakat ataupun mengembangkan keterampilan yang dimiliki. Nah, berikut ini adalah 5 alasan mengapa kamu tidak perlu memendam bakat di era digitalisasi ini!

Era Digitalisasi Membuka Peluang Baru

Harus kita akui bahwa salah satu manfaat dari era digitalisasi adalah kemudahan akses digital yang menjadikan informasi ataupun sumber daya lebih mudah diakses. Nah, hal ini menjadikan setiap orang memiliki kesempatan yang lebih besar untuk menunjukkan bakat-bakat yang dimiliki.

Anggaplah kamu suka membuat film, maka dalam era digitalisasi ini kamu punya berbagai platform seperti YouTube, TikTok, atau pun Instagram untuk memperlihatkannya. Jika zaman dulu SohIB harus masuk agensi ataupun rumah film demi membuatnya, kini kamu hanya memerlukan ponsel dengan kualifikasi yang oke untuk mengambil gambar, upload di internet, dan video-videomu bisa dengan mudah dinikmati banyak orang.

Era Digitalisasi Meningkatkan Keterampilan

Era digitalisasi ini juga mendorong masyarakat untuk meningkatkan keterampilan yang dimiliki. Dengan mengeluarkan bakat terpendam, kamu dapat meningkatkan keterampilan di berbagai aspek misalnya teknologi, desain, dan media sosial. Tak hanya itu, SohIB juga bisa melihat banyak konten-konten terkait yang bisa dipelajari dan jadikan referensi sehingga kemampuanmu akan meningkat secara signifikan.

Era Digitalisasi Meningkatkan Jaringan

Melalui kemudahan teknologi di era digitalisasi ini, kita dengan cepat terhubung dengan orang-orang yang memiliki minat atau hobi yang sama. Membangun komunitas dan organisasi berskala besar bukan lagi halangan dalam era digitalisasi ini. Pada era ini, mengirim pesan kepada orang yang berada di belahan dunia lain hanya memerlukan waktu beberapa detik saja. Hal ini akan membuka pintu untuk kamu menjalin hubungan dengan orang-orang yang memiliki bakat dan minat serupa.

Menginspirasi Orang Lain

Tak hanya memberi kemudahan untuk meningkatkan kesempatan, kemampuan dan jaringan, menunjukkan bakatmu pada era digitalisasi ini juga bisa berdampak positif untuk orang lain. Sebagai pengguna sosial media, kamu pasti sering mendengar istilah influencer alias seseorang yang memiliki pengaruh. Para influencer kerap kali menunjukkan bakat, hobi atau pemikiran mereka tentang topik tertentu yang banyak menginspirasi banyak orang (meski bisa jadi sebaliknya).

Menginspirasi orang lain dapat menjadi salah satu dampak positif yang kita lakukan ketika kita berani unjuk gigi soal bakat dan kemampuan yang kita miliki. Jadi, bukan hanya kita yang akan mendapatkan manfaatnya, tetapi juga orang lain. Barangkali berkat kamu, seseorang jadi memiliki keberanian untuk menggali potensi terpendam yang mereka miliki.

Meningkatkan Kepercayaan Diri

Sebagai makhluk sosial, kita bisa sangat menikmati tanggapan positif yang kita terima dari orang lain, terlebih atas kerja keras yang sudah kita lakukan. Menunjukkan bakat pada era digitalisasi tak hanya memberikan kemudahan akses, tetapi juga eksposur yang diberikan oleh platform digital lainnya.

Ketika telah menunjukkan bakatmu, kamu mungkin akan mendapatkan tanggapan positif dan pengakuan atas karyamu. Hal ini dapat meningkatkan rasa percaya diri dan bangga akan diri sendiri. 

Nah, bagaimana SohIB? Apakah kini kamu makin menyadari kemudahan menyalurkan dan mengembangkan bakat dalam era digitalisasi ini? Jika iya, yuk mulai diasah! Kembangkan dan tunjukkan bakat yang kamu miliki dari sekarang.