10 Pantangan Saat Imlek, Jangan Dilanggar!

10 Pantangan Saat Imlek, Jangan Dilanggar!

Suasana perayaan imlek di sudut kota | Sumber: Unsplash (Pradamas Gifarry)

Gong Xi Fa Cai!

Tak terasa, tahun baru China akan segera tiba. Perayaan bagi warga keturunan China atau Tionghoa ini sedianya akan jatuh pada hari Minggu, 20 Januari 2023. Momen spesial tersebut biasanya disambut hangat oleh masyarakat. Berbagai ornamen berwarna merah terang dan kuning ramai menghiasi jalanan di kota atau titik-titik tertentu. Bagaimana dengan daerah tempat kamu tinggal?

Nah, pada imlek ini, konon terdapat banyak pantangan yang harus dipatuhi. Apabila ada yang melanggar, katanya kesialan atau ketidakberuntungan akan terjadi, lo! Wah, apa saja?

Baca juga: Alami 5 Tanda Ini, Mungkin Kamu Perlu ke Psikolog!

1. Jangan Membersihkan Rumah

Bersih-bersih rumah rupanya tidak diperbolehkan ketika sedang merayakan imlek. Sebab, aktivitas ini dimaknai sebagai “menyapu kemakmuran dan keberuntungan”. Selain itu, jika ada yang melanggar, maka anggota keluarga dipercaya akan ada yang meninggal. Karena itulah, biasanya peralatan membersihkan rumah akan disembunyikan, agar tidak ada yang melakukan hal tersebut. 

2. Berbincang tentang Topik yang Horor

Ngomongin hantu memang seru untuk sebagian orang, tetapi jangan dilakukan ketika di tengah Tahun Baru China. Pasalnya, hal-hal mistis itu dianggap pertanda buruk. Sehingga, tidak berbincang tentang topik horor akan menghindari diri dan keluarga dari kejadian yang sial atau kematian.

3. Menagih atau Meminjam Hutang

Hutang membawa beban dan kekhawatiran bagi kedua belah pihak, itulah alasannya mengapa menagih atau meminjamkan hutang dilarang saat imlek. Tak hanya itu saja, warga etnis Tionghoa percaya bila kejadian tersebut menimpali salah satu keluarga ketika perayaan, maka kesialan akan datang.

4. Jangan Bicara Negatif

Sebenarnya, poin ini adalah pantangan yang baik dan seharusnya diikuti selamanya, nih! Tahun Baru China adalah momen yang sakral dan menggembirakan. Tentu saja, melontarkan kalimat kotor seperti mengejek, membicarakan orang, dan lainnya tidak bermanfaat dan berpotensi menyakiti orang lain.

5. Hindari Minum Obat atau Jamu

Pergi ke tenaga medis atau meminum jamu untuk pengobatan dilarang saat perayaan berlangsung. Hal ini dikarenakan bisa menjadi pertanda bahwa kamu akan sakit sepanjang tahun.

6. Tidak Boleh Berkelahi

Nggak boleh berantem itu nasihat yang bijaksana, karena lebih banyak mendatangkan keburukan daripada sebaliknya. Hal ini masih berkaitan dengan pantangan tidak boleh berbicara kotor.

Kemudian, selama imlek, kamu juga tidak dianjurkan untuk menangis, kecuali dalam kondisi tertentu atau anak kecil yang menangis. Alasannya, perayaan tersebut diharapkan membawa kedamaian bagi semua orang.

Baca juga: 7 Tanda Orang Bermental Miskin, Salah Satunya Suka Gratisan!

7. Jangan Mencuci Pakaian

Pada hari pertama dan kedua imlek, terdapat pantangan untuk tidak mencuci pakaian, karena dianggap kedua hari tersebut adalah ulang tahun Shishen, sang Dewa Air. Namun, ada juga yang berpendapat kita dilarang keramas. Pasalnya, rambut punya pelafalan yang sama dengan ‘Fa’ alias ‘menjadi kaya’. Jadi, kalau kamu justru melakukannya, keberuntungan dan kemakmuran tidak akan mendatangi kita.

8. Mengenakan Pakaian Berwarna Hitam dan Putih

Lo, kenapa ya, tidak boleh menggunakan kedua warna yang netral ini? Tahukah kamu, bahwa dalam warga etnis Tionghoa, hitam dan putih identik dengan acara kematian atau simbol kabar duka. Itulah mengapa kita tidak diperbolehkan memakai warna tersebut di Tahun Baru China.

9. Memberikan Hadiah Tertentu

Jangan pernah SohIB menghadiahkan teman atau saudara dengan benda seperti payung dan jam. Waduh, kenapa memangnya?

Jam dalam bahasa China memiliki pengucapan yang sama dengan ‘melayat’. Sedangkan payung dipercaya dapat mengundang roh-roh jahat. Bayangkan apa jadinya bila kita memulai tahun baru dengan ancaman arwah bergentayangan seperti ini?

10. Jangan Makan Bubur

Di masa lalu, hanya orang-orang miskinlah yang memakan bubur. Karena itu, larangan mengonsumsi makanan cair tersebut tidak diperbolehkan agar kemiskinan tidak menghantui sepanjang tahun.

Baca juga: Dunning-Kruger Effect, Nama Lain untuk Si Sok Pintar!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)