8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

8 Pahlawan Indonesia yang Diabadikan dalam Uang Kertas, Siapa Saja?

Nama pahlawan Indonesia yang diabadikan dalam mata uang rupiah | Sumber: Pexels (Robert Lens)

Keputusan Presiden (Keppres) 13/2022 tentang Penetapan Gambar Pahlawan Nasional Sebagai Gambar Utama pada Bagian Depan Rupiah Kertas NKRI telah Presiden Joko Widodo sahkan secara resmi. Dengan demikian, uang kertas di Indonesia akan terus menggunakan foto tokoh nasional sebagai gambarnya.

Kebijakan ini tentunya sangat baik ya, SohIB! Selain dapat mengenalkan pahlawannya kepada masyarakat, tentunya ini juga menambah rasa nasionalisme kita dalam mengenang jasa-jasa mereka. Berikut adalah 8 pahlawan yang diabadikan wajahnya melalui alat tukar sah di negara kita ini!

Baca juga: SohIB Bercerita: Inspirasi Perempuan Berani Bawa Perubahan

Dr. (H.C) Ir Soekarno dan Dr. (H.C) Drs. Mohammad Hatta (Rp100.000)

Kedua proklamator ini merupakan presiden dan wakil presiden pertama di Indonesia. Menjadi dua bagian yang tak akan terpisahkan, negara menetapkan bapak pendiri bangsa tersebut sebagai simbol nominal tertinggi di mata uang rupiah, yakni Rp 100.000.

Di beberapa wilayah di Indonesia sendiri, terdapat beragam tempat, monumen, atau tugu yang diberi nama yang berkaitan dengan Ir Soekarno dan Drs. Mohammad Hatta, lo! Ada yang bisa menyebutkan apa saja?

Ir. H. Djoeanda Kartawidjaja (Rp 50.000)

Merupakan perdana menteri ke-10 Indonesia, ia berkontribusi besar dalam Deklarasi Djuanda, di mana dirinya menyatakan bahwa laut yang mengelilingi negara kita, baik di dalam maupun antara, masuk dalam wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Peristiwa ini kemudian juga dikenal sebagai Negara Kepulauan dalam konversi hukum laut UNCLOS.

Ia juga yang menjadi pemimpin saat pengambilalihan Jawatan Kereta Api dari Jepang dan menjabat sebagai ketua Kereta Api area Jawa-Madura. Oleh sebab itu, namanya juga diabadikan sebagai salah satu nama stasiun di Jakarta. 

Dr. G.S.S.J Ratulangi (Rp 20.000)

Tokoh yang satu ini memiliki nama yang cukup panjang, yakni Dr. Gerungan Saul Samuel Jacob Ratulangi atau lebih akrab diketahui publik sebagai “Sam Ratulangi”. Dr. Sam adalah gubernur Sulawesi pertama dan masuk dalam Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia yang menciptakan UUD RI.

Politikus dan guru dari Sulawesi Utara ini sangat terkait dengan filosofinya, “Si tou timou tumou tou” yang bermakna “manusia baru dapat disebut sebagai manusia, jika sudah dapat memanusiakan manusia.” Keren banget, ya?

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO

Frans Kaisiepo (Rp 10.000)

Politikus dan Gubernur Provinsi Papua ke-4 ini memiliki jasa besar atas persatuan Irian Barat dengan Indonesia dan mengibarkan bendera merah putih di sana, guys! Atas kontribusinya yang tak kenal lelah memperjuangkan tanah kelahirannya, Frans dianugerahi penghargaan Anumerta sebagai Pahlawan Nasional Indonesia.

Dr. K.H Idham Chalid (Rp 5.000)

Satu lagi politikus negara kita yang diabadikan potretnya pada uang kertas rupiah, ia adalah Idham Khalid. Sederet prestasi dan kontribusinya dalam negeri sangatlah panjang. Selain pernah menjabat sebagai Ketua MPR dan DPR, ia adalah wakil perdana menteri sebanyak dua kali, Menteri Kesejahteraan Rakyat, dan ketua Tanfidziyah Nahdlatul Ulama yang paling lama dalam sejarah.

Mohammad Hoesni Thamrin (Rp 2.000)

Pria kelahiran Jakarta ini memang dikenal cerdas sejak masih kecil. Ia memiliki sepak terjang yang panjang untuk berjuang demi kepentingan rakyat, menghapuskan hukuman cambuk bagi kuli yang dianggap tidak mematuhi aturan, mengusulkan penggunaan kata ‘Indonesia’ daripada Nederlands Indie, dan memajukan pribumi hingga kemerdekaan negara kita. Kala itu, Hoesni bahkan dianggap sebagai orang yang berbahaya bagi pemerintah Hindia Belanda. 

Tjut Meutia (Rp 1.000)

Tjut Meutia adalah satu dari lima pahlawan wanita yang wajahnya ada di uang kertas rupiah. Ia bersama suaminya (Teuku Tjik Tunong, sepeninggalnya kembali berjuang dengan suami keduanya, Pang Nagroe) berusaha menumpas para penjajah dengan semangat yang tinggi bersama kelompoknya. Ia gugur di medan perang Alue Kurieng dengan Belanda setelah bersembunyi di dalam hutan dengan pejuang wanita lainnya.

Demikian adalah 8 nama pahlawan Indonesia yang sosoknya diabadikan dalam pecahan uang kertas rupiah. Semoga, dengan SohIB memahami lebih dalam tentang perjuangan mereka, kita bisa bersama-sama bersemangat meneruskan perjuangannya dalam membela negara.

Baca juga: 6 Fakta Unik Lukisan Populer Dunia, Mona Lisa!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)