Our Youth, Our Hope

Our Youth, Our Hope

Our Future | The Daily Star (Aryah Jamil)

Our Future
Our Future | The Daily Star (Aryah Jamil)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Semangat nan optimisme yang pernah digelorakan Bung Karno haruslah menjadi inspirasi generasi mendatang. "Beri aku 1.000 orang tua, niscaya akan kucabut semeru dari akarnya, dan beri aku 10 pemuda niscaya akan kuguncangkan dunia", sebuah legacy legendaris dengan makna masif demi masa depan yang berkualitas. Peran generasi muda menjadi kebutuhan yang tak pernah berakhir. Perlu kepedulian dan kerelaan mereka agar bangsa ini sejalan dengan cita-cita para pendiri. Tak lain agar Indonesia tetap menjadi negara yang disegani, bertoleransi, dan sesuai dengan suara hati pribumi. Kontribusi generasi muda sangat diharapkan demi menjawab tantangan dunia yang kian waktu kian rumit. Cita-cita dan tujuan mereka dalam kehidupan berbangsa dan bernegara haruslah bukan sekadar wacana. Namun, harus diwujudkan dalam karya masing-masing, dalam wujud apapun. 

Kecintaan bangsa pemuda adalah harapan bagi masa depan bangsa untuk mewujudkan cita-cita Indonesia. Indonesia tentu mengharapkan peranan pemuda yang memiliki karakteristik baik bagi Indonesia. Untuk mencapai kondisi yang baik generasi muda Indonesia harus mempunyai jati diri yang sesuai dengan nilai-nilai luhur bangsa. Masa depan kebangsaan Indonesia sangatlah ditentukan oleh generasi muda terdidik dan terlatih, terlebih bila mereka adalah generasi yang banyak mendapatkan berbagai pengetahuan teoritik maupun praktis tentang tema-tema pembangunan bangsa.

Garuda Muda
Garuda Muda Kita Semua | Pinterest (Grapichiver)

Dalam mewujudkan cita-cita bangsa, tentu perlu diiringi dengan sikap dan watak nasionalis. Generasi muda harus mempunyai karakter sekuat baja untuk membangun bangsa dan negaranya, memiliki kepribadian tinggi, semangat nasionalisme, berjiwa saing, mampu memahami pengetahuan dan teknologi guna bersaing secara global. Pemuda juga perlu memperhatikan bahwa mereka mempunyai fungsi sebagai Agent of change, moral force and social control sehingga fungsi tersebut dapat berguna bagi masyarakat.

Dalam situasi yang senantiasa tumbuh dan berkembang di era globalisasi ini, peran aktif pemuda dituntut sebagai penopang kekuatan moral, kontrol sosial, dan agen perubahan dalam segala aspek pembangunan nasional. Selain itu, pemuda diharapkan mampu bertanggung jawab dalam menjaga Pancasila, keutuhan NKRI, dan memperkokoh persatuan serta kesatuan bangsa. Dengan demikian, kesadaran pemuda akan kecintaan terhadap tanah air dan bangsanya semakin meningkat. Dimana generasi muda yang mayoritas merupakan generasi kelas menengah selalu hadir dalam garda terdepan setiap perubahan penting dan mendasar di NKRI. Generasi muda lah yang mampu merubah pandangan orang terhadap suatu bangsa dan menjadi tumpuan para generasi terdahulu untuk mengembangkan suatu bangsa dengan ide-ide ataupun gagasan yang berilmu, wawasan luas, serta berdasarkan kepada nilai-nilai dan norma yang berlaku di dalam masyarakat. Catatan-catatan sejarah pun terbukti telah mengingatkan peran pemuda senantiasa menjadi pilar dan motor untuk mencapai kemerdekaan bangsa.

Merdeka
Merdeka! | iStockphoto (Yamtono Sardi)

Tahun ini kita menanti 77 tahun berdirinya NKRI. Dalam spirit yang sama seperti saat memperjuangkan pertiwi, generasi muda diajak untuk bersama-sama menjadi duta pemersatu. Menjadi agen perubahan sekaligus simbol persatuan; menyebarkan cinta kasih kepada sesama saudara. Yang menjadi pembeda, yang siap mewariskan nilai-nilai luhur Pancasila kepada generasi berikutnya, yang mendedikasikan diri untuk kejayaan NKRI. Generasi muda wajib optimistis membawa bangsa Indonesia ke arah yang lebih baik pun maju.