Orang Indonesia Semakin Suka Membaca, Kabar Baik!

Orang Indonesia Semakin Suka Membaca, Kabar Baik!

Membaca adalah kegiatan yang menyenangkan | Sumber: Unsplash (Christin Hume)

Kabar baik bagi kita semua! Perpusnas telah melakukan survei yang berkaitan dengan Tingkat Kegemaran Membaca (TGM) di Indonesia pada tahun 2022 lalu. Penelitian ini melibatkan 11.158 responden yang tersebar di 102 kabupaten/ kota. Hasilnya adalah skor TGM masyarakat di negara kita meningkat 7,4% apabila dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya. Tentu saja ini sangat menggembirakan, bukan?

Btw SohIB, menurut Perpusnas, perhitungan tingkat kegemaran membaca ini memiliki lima dasar aspek, yaitu jumlah bacaan per triwulan, frekuensi membaca per minggu, durasi membaca per jam/ hari, frekuensi mengakses internet per minggu, dan durasi akses internet per jam/ hari. Kalau kamu sendiri, biasanya menyempatkan waktu untuk bebas screen time dan menggantinya dengan membaca buku berapa jam, sih?

Perkembangan Tingkat Kegemaran Membaca

Grafis pertumbuhan kegemaran membaca di Indonesia
Grafis pertumbuhan kegemaran membaca di Indonesia | Sumber: Indonesia Baik

Pada beberapa tahun terakhir, tercatat Indonesia tidak pernah mengalami penurunan minat baca. Dirangkum dari Indonesia Baik, di tahun 2017, kita meraih skor 36,48 dan masih masuk dalam kategori rendah. Kemudian, berturut-turut di tahun 2018 meningkat menjadi 52,92 (sedang), tahun 2019 naik ke 53,48 (sedang), tahun 2020 di angka 55,74 (Sedang), 2021 ke 59,52 (sedang), dan terakhir tahun 2022 ini, 63,90 (tinggi).

Jika kita melihat grafik ini, bisa SohIB disimpulkan bahwa kegemaran masyarakat kita terhadap membaca selalu meningkat. Padahal, berbanding terbalik dengan itu, screen time orang Indonesia di tahun yang sama disebut-sebut tertinggi di dunia, lo!

Dengan adanya penemuan TGM kita yang memasuki level tinggi, tentu saja artinya negara kita mempunyai harapan bahwa ke depannya, angka suka membaca tersebut bisa meningkat lebih besar lagi. Bahkan, bukan tidak mungkin kegiatan produktif tersebut dapat mengalahkan kesenangan masyarakat untuk betah di depan layar gadget. Wow!

Belajar dari Drama "True Beauty", Ada Dampak Bully Bagi Korban

Provinsi di Indonesia yang Paling Suka Membaca

Setelah dinobatkan menjadi provinsi paling melek digital tahun 2022, Yogyakarta sekali lagi menorehkan prestasinya dengan menjadi daerah paling suka membaca di lingkup nasional. Nggak tanggung-tanggung, daerah istimewa ini meraih poin sebesar 72,29, nih!

Di posisi kedua TGM, Jawa Tengah mencatat angka hingga 70,96. Di ranking ketiga, ada Jawa Barat dengan poin 70,1, DKI Jakarta (68,71), dan Jawa Timur (68,54). Sumatera Barat ada di posisi selanjutnya dengan perolehan skor 66,87, Kalimantan Timur (66,84), Aceh (65,85), Banten (65,7), dan terakhir Bali (65,59).

Provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat suka membaca tinggi
Provinsi di Indonesia yang memiliki tingkat suka membaca tinggi | Sumber: Indonesia Baik

Manfaat Membaca

Bukan sebuah rahasia lagi apabila membaca adalah salah satu kegiatan produktif yang direkomendasikan untuk orang-orang lakukan. Selain adalah jendela dunia, di dalam buku tersimpan beragam informasi yang akan membuat kita semakin kaya akan ilmu pengetahuan. Berdasarkan data yang dihimpun dari Dinas Perpustakaan dan Kearsipan Daerah Provinsi Jawa Barat, berikut ini adalah beberapa manfaat membaca buku yang dapat membuatmu semakin semangat!

Mengurangi Stres dan Menstimulasi Mental

Menilik dari sisi kesehatan, membaca bisa menjaga otak kita agar tetap aktif dan meningkatkan kualitas memori. Bahkan, penyakit yang berkaitan dengan organ penting ini, seperti demensia dan alzheimer, juga bisa dicegah, lo!

Sedangkan untuk kesehatan mental, membaca bisa membantu menaikkan hormon kortisol yang terbukti mampu mengurangi stres. Terlebih lagi, rata-rata orang tentu akan memilih buku yang memang kesukaannya, sehingga tingkat kebahagiaan jadi lebih tinggi.

Membeli Buku Jangan yang Bajakan, Ini 5 Alasannya!

Menambah Wawasan dan Kosakata

Tentu saja, karena di dalam buku terdapat ribuan hingga jutaan informasi, tak hanya akan membuatmu semakin pintar, tetapi juga memperbanyak kosakata. Bisa saja, kita menjumpai istilah-istilah baru dari kegemaran yang satu ini. Bahkan, rahasia orang-orang sukses di dunia salah satunya adalah memperbanyak buku bacaan.

Memicu Semangat Berkarya

Sebuah buku tentu saja tidak akan pernah lahir tanpa adanya seorang penulis. Bagi SohIB yang senang membaca, siapa tahu suatu saat nanti, kamu juga akan terpacu untuk mengembangkan potensi menulis dan menerbitkan karyamu sendiri.

Sudah banyak lo, penulis keren yang memulai kariernya di jalan tulis-menulis dan mengantarkan mereka untuk menginspirasi banyak orang lagi. Tentu saja, mereka juga sukses besar, sebut saja J.K Rowling, William Shakespeare, Raditya Dika, Tere Liye, hingga Andrea Hirata.

Menambah Keterampilan Menulis

Ketika kita membaca dalam hati, mungkin rasanya terasa sangat lancar dan mudah. Namun, terkadang hasilnya berbeda saat bacaan tersebut diucapkan dengan suara lantang. Bisa saja lidah menjadi kelu dan sulit fokus karena loncat-loncat membacanya.

Begitu juga dengan kegiatan menulis. Seseorang mungkin saja bisa menilai seperti apa kualitas karya yang sedang dibaca. Akan tetapi, ternyata ketika mau menuliskannya, kok, rasanya sulit sekali, ya? Nah, keterampilan ini akan terasah secara otomatis manakala kamu juga terus memperbanyak bacaan, di samping juga terus latihan.

Meningkatkan Hubungan Sosial

Ada banyak sekali karya tulis yang berlatarkan suasana di kota atau negara tertentu, sekaligus memperkenalkan budaya mereka yang sebelumnya kita belum tahu. Hal tersebut tentunya sangat berguna karena secara nggak langsung, SohIB sudah mengenal dunia luar. Mungkin saja, suatu saat nanti, kamu akan berkunjung ke tempat yang sesuai dengan latar tulisan yang dibaca.

Tanpa kita sadari, membiasakan diri untuk membaca mempunyai segudang keunggulan yang baik untuk diri sendiri. Yuk, mulai sekarang berikan sedikit waktumu dalam satu hari untuk membudayakan membaca!

Pisang Goreng Jadi Camilan Goreng Terenak Dunia, Memang Enak!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)