Legenda Nusa Dua Bali, Tempat bersejarah KTT G20

Legenda Nusa Dua Bali,  Tempat bersejarah KTT G20

Keindahan Nusa Dua Bali dari atas | Sumber: Bali.net

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBMiniBootcamp

Beberapa minggu belakangan ini, kita sering sekali mendengar pemberitaan mengenai KTT G20 yang diselenggarakan di Bali, tepatnya di tanggal 15 -16 November 2022 lalu. Menurut kutipan dari Kemenkeu, KTT G20 adalah sebuah forum kerja sama ekonomi internasional antarnegara dengan perekonomian yang besar di dunia.

Anggota KTT G20 terdiri dari Amerika Serikat, Afrika Selatan, Australia, Arab Saudi, Argentina, India, Indonesia, Inggris, Italia, Brasil, Perancis, Jepang, Kanada, Turki, Tiongkok, Meksiko, Jerman, Rusia, Republik Korea, dan Uni Eropa. Presidensi G20 Indonesia tahun ini mengusung tema "Recover Together, Recover Stronger".

Melalui tema tersebut, Indonesia hendak mengajak seluruh dunia bahu-membahu, saling mendukung agar dapat pulih bersama lalu tumbuh menjadi negara yang jauh lebih kuat. Wow, keren banget, ya?

Mengapa Indonesia Memilih Bali sebagai Tempat KTT G20?

Apakah SohIB penasaran mengapa Indonesia memilih Pulau Bali sebagai tempat bersejarah melangsungkan acara bergengsi KTT G20 ini?

Menurut Ibu Sri Mulyani, Menteri Keuangan kita, Pulau Bali dianggap sebagai pulau yang paling parah terkena dampak dari pandemi COVID-19. Selain itu, Pulau Dewata tersebut juga sebenarnya memiliki lingkungan dan suasana yang magis, sehingga dapat menghadirkan kesejukan bagi para pengunjungnya.

Maka dari itulah, Ibu Sri merasa bahwa suasana yang ada di salah satu destinasi populer dunia itu dapat menjadi stimulus. Apalagi, berbagai kesepakatan penting dapat terwujudkan selama KTT G20 ini berlangsung.

Legenda Mengenai Nusa Dua Bali

Tahukah SohIB, terdapa asal-muasal dari sejarah dan legenda Nusa Dua Bali, lo? Apa itu?

Alkisah di sebuah zaman dahulu kala, Nusa Dua adalah ciptaan dari seorang kesatria yang sangat sakti yang bernama Kebo Iwa. Kesaktian dari Kebo Iwa menarik perhatian Sang Raja yang berkuasa saat itu. Ia pun menghendaki agar Kebo Iwa dapat menjadi salah satu patih di kerajaannya.

Pada hari pengangkatannya, Kebo Iwa pun mengucapkan sebuah janji setia di hadapan Sang Raja bahwa selama ia bernafas di dunia ini, Pulau Bali tidak akan pernah bisa ditaklukkan dan dikalahkan oleh kerajaan-kerajaan lain.

Sedangkan pada zaman itu, di Pulau Jawa terdapat sebuah kerajaan yang besar bernama Kerajaan Majapahit. Kesultanan ini dipimpin oleh seorang patih yang bernama Gajah Mada yang sangat terkenal dengan Sumpah Palapa-nya. Isi dari janjinya tersebut adalah untuk tidak menikmati kenikmatan dunia sebelum semua wilayah di Nusantara bertekuk lutut di bawah kekuasaan Majapahit.

Mendengar hal itu, Sang Raja dari Bali menolak agar singgasananya tunduk pada Kerajaan Majapahit. Sehingga perang pun menjadi tak terelakkan. Namun, dengan kehandalan dari Kebo Iwa, mereka bisa menahan serangan dari pasukan Majapahit. Bahkan, semua kapal perang Majapahit berhasil ditenggelamkan olehnya.

Tidak menyerah, Gajah Mada pun melancarkan siasat dengan membujuk Kebo Iwa agar menikahi seorang wanita pilihan Raja Majapahit. Karena Sang Raja curiga, maka ia pun meminta Kebo Iwa untuk melakukan ritual suci di Pura Uluwatu. Akhirnya Sang Hyang Rudra mendengar doa Kebo Iwa dan memberikan dua buah batu besar kepadanya.

Kebo Iwa pun membawa satu batu ke desa tempat di mana ia dilahirkan, sedangkan batu yang lainnya dibawa menuju ke Kerajaan Majapahit.

Sayangnya, takdir berkehendak lain. Dalam perjalanan menuju tanah Pulau Jawa, batu itu pecah dan menjadi dua, kemudian jatuh di pinggir pantai. Lama-kelamaan, batu itu pun tumbuh membesar sehingga membentuk sebuah nusa yang sekarang dikenal dengan nama Nusa Dua.

Setelah membaca artikel di atas, bagaimana menurut SohIB? Apakah kamu menjadi semakin penasaran untuk segera berlibur ke Nusa Dua bersama dengan keluarga? Yuk, jadilah pemuda cerdas yang berkontribusi untuk bangsa Indonesia! Recover Together, Recover Stronger!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik!