Nggak Selamanya Main HP Melulu Lagi Bermalas-malasan, Simak Alasannya!

Nggak Selamanya Main HP Melulu Lagi Bermalas-malasan, Simak Alasannya!

Ilustarasi Bermain HP | Sumber: Freepik.com

“Main HP mulu, kayak gak ada kerjaan aja,” Ucapan tersebut mungkin sudah sering SohIB sering. Entah itu diucapkan oleh teman, keluarga, maupun orang yang tersayang.

Jika kamu masih menganggap orang yang main HP terus sebagai orang malas, mungkin kamu belum menyadari pesatnya perkembangan teknologi saat ini. HP zaman sekarang memiliki banyak fungsi, tentunya selain short message service (SMS) atau bertelepon saja.

Pernah nggak sih, SohIB rela putar balik untuk mengambil HP yang ketinggalan meskipun jarak sudah jauh, kenapa? Ya, karena smartphone memiliki peran yang penting saat ini. Jadi jika ada orang yang kamu lihat main HP mulu, belum tentu ia sedang bermalas-malasan. Bisa saja, ia sedang berkontribusi pada dunia ini untuk jadi lebih baik. Kok, bisa? 

Berkontribusi dalam Kegiatan Amal

Berdonasi dapat dilakukan secara online | Sumber: Freepik.com

Pada tanggal 14 Mei lalu, YouTuber gaming yang bernama Windah Basudara berhasil mengumpulkan donasi sebesar Rp1,3 M. Uang donasi tersebut akan didonasikan kepada 26 lembaga amal. Windah Basudara mengumpulkan dana tersebut dengan melakukan live streaming memainkan video game dan membuka donasi bagi yang ingin berkontribusi.

Sebelumnya, Windah Basudara juga pernah melakukan hal serupa dengan melakukan live streaming charity untuk Okky Boy dan berhasil mengumpulkan dana sampai Rp300 juta banyaknya. Dengan menonton streaming-streaming seperti ini bukanlah kegiatan yang termasuk ke dalam kategori bermalas-malasan dan buang-buang waktu.

Ada banyak content creator lain yang melakukan hal serupa dengan yang dilakukan Windah Basudara. Dengan hal tersebut kamu dapat berkontribusi untuk aksi kemanusiaan, peduli lingkungan, dan hal positif lainnya dengan hanya bermodalkan HP. Jadi, jangan salah sangka jika melihat temanmu yang kerjanya hanya nonton live streaming game.

Namun, teliti kembali tempat kamu berdonasi, pastikan tempat kamu beramal merupakan orang atau lembaga yang terpercaya. Jangan sampai niat baik kamu disalahgunakan oleh orang-orang yang tidak bertanggung jawab.

2. Sedang Bekerja

Ilustrasi Bekerja | Sumber: Pixabay.com

Sekarang kerja tidak hanya dilakukan di kantor, tetapi dapat dilakukan di mana saja. Jika kamu melihat temanmu lagi main HP mulu, jangan langsung menilai kalau orang lain tampak sedang bermalas-malasan. Bisa saja orang tersebut sedang menjadi tulang punggung keluarganya untuk mengumpulkan rupiah dengan gadget yang dimilikinya. Mungkin saja ia seorang admin media sosial yang lagi berinteraksi dengan followers, membalas DM dari konsumennya

Apalagi orang yang bekerja sebagai penjoki game. Seringkali mereka dianggap pengangguran yang kesehariannya hanya diisi dengan kegiatan yang tidak produktif.

Jangan salah! Bisa saja penghasilan yang didapatkan selama seminggu lebih besar dari penghasilan kamu selama sebulan. Orang sibuk tidak lagi identik dengan melakukan banyak gerakan ke sana ke mari. Duduk diam di sofa sambil memegang HP pun dapat menjadi kesibukan, jadi jangan gampang meremehkan  orang ya, SohIB. 

3. Menambah Ilmu Pengetahuan

Belajar juga dapat melalui media internet | Sumber: Freepik.com

Dengan perkembangan internet semakin canggih, mencari informasi dapat dilakukan dengan mudah. Cukup ketik apa yang kamu ingin ketahui pada kolom pencarian, lalu klik enter, maka apa yang kamu butuhkan tertampil pada layar gadget.

Jangan pikir orang yang main HP mulu merupakan  orang yang malas, bisa saja ia sedang menonton video edukasi atau lagi membaca jurnal untuk menambah pengetahuannya. Toh, belajar tidak hanya dilakukan di dalam kelas.

Banyak juga orang yang menghabiskan waktu dengan scroll sosmed. Aktivitas ini dapat memberikan manfaat yang tidak dapat dianggap remeh. Dengan scroll sosmed, kamu dapat mengetahui berita terbaru, mengetahui tren, serta meningkatkan kreativitas dengan melihat karya orang lain.

Setidaknya itulah kesibukan orang yang kerjanya main HP mulu, jadi jangan langsung menilai kalau orang tersebut lagi bermalas-malasan ya, SohIB, bisa saja kamu kena timpuk HP karena asal nyeletuk seperti “Hadeh… bukannya kerja malah main HP mulu, kapan bisa maju bro!”