Jadi Negara Pengguna Motor Terbanyak ke-3, Berapa Jumlah Penduduk Indonesia?

Jadi Negara Pengguna Motor Terbanyak ke-3, Berapa Jumlah Penduduk Indonesia?

Pengendara motor di Indonesia | Sumber: Unsplash (Fikri Rasyid)

Bila bisa ditebak, kendaraan apa yang paling sering kamu temui di sekitarmu? Pastinya adalah sepeda motor, bukan? Ya, seperti yang kita ketahui bersama, motor merupakan kendaraan pribadi favorit bagi masyarakat Indonesia.

Alasannya bermacam-macam, seperti lebih mudah dioperasikan, merasa lebih lincah, atau harganya lebih murah daripada mobil. Bahkan, di kota-kota besar, orang memang lebih memilih berkendara motor dibandingkan lainnya. Sebab, jika berhadapan dengan macet dan sedang terburu-buru waktu, mereka bisa lebih cepat sampai ke tujuan.

Bukti Kuat Kamu Sudah Merdeka Secara Finansial

Namun, tahukah SohIB jika Indonesia terhitung sebagai negara dengan jumlah pengguna sepeda motor terbanyak di dunia? Bahkan, jika melihat grafiknya, banyak negara berkembang yang berada di puncak teratas untuk minatnya terhadap berkendara motor dalam mobilitas sehari-hari. Siapa saja?

Pengguna Sepeda Motor Tertinggi

Indonesia salah satu negara pengguna motor terbanyak
Indonesia salah satu negara pengguna motor terbanyak | Sumber: Indonesia Baik

Sawadee khap!

Berdasarkan data yang dihimpun dari Pew Research Centre, Indonesia Baik memberitakan bahwa Thailand menjadi negara yang paling banyak menggunakan sepeda motor di dunia. Bahkan, temuan ini diperkuat dengan tercapainya angka 87% rumah tangga yang punya kendaraan tersebut setidaknya satu buah. Wow, banyak sekali, ya? Pantas saja, Thailand dijuluki sebagai “Tanah 100 juta skuter”.

Hanya selisih 1% saja, Vietnam berada di runner up dengan jumlah 86% rumah tangga yang bersepeda motor. Disusul oleh Indonesia (85%), Malaysia (83%), dan China dengan angka yang 60%. Bahkan, menurut survei dari AISI, jumlah motor di negara kita mencapai 80 juta unit.

Adapun untuk lebih detailnya, berikut ini adalah urutan pengguna sepeda motor tertinggi di dunia:

  1. Thailand: 87%
  2. Vietnam: 86%
  3. Indonesia: 85%
  4. Malaysia: 83%
  5. China: 60%
  6. India: 47%
  7. Pakistan: 43%
  8. Nigeria: 35%
  9. Filipina: 32%
  10. Brasil: 29%.
5 Topik Sensitif yang Harus Dihindari Saat Ngobrol!

Kenapa Sepeda Motor Tidak Populer di Negara Lain?

Meskipun negara-negara di atas sangat senang memanfaatkan motor sebagai kendaraan pribadinya sehari-hari, nyatanya masih ada juga lo, negara lain yang justru sebaliknya. Mereka jarang menaiki motor dan lebih nyaman memilih mobil, sepeda, atau transportasi umum sebagai mobilitasnya.

Sebagai contoh, di Jepang, SohIB akan tidak mudah menemukan pengendara motor di jalanan. Hal ini sangatlah mengherankan mengingat Jepang adalah negara yang punya pabrik motor mendunia, seperti Honda, Kawasaki, dan Yamaha.

Namun, faktanya pemerintahan sendiri tidak merekomendasikan motor bagi warganya dengan banyak pertimbangan. Misalnya, dianggap kurang aman karena mereka punya musim salju yang rawan kecelakaan, harga dan perawatannya yang mahal, izin mengemudi motor yang ketat, hingga transportasi umumnya yang memang sudah sangat nyaman.

Alasan senada juga terjadi di Amerika Serikat. Warga di sana yang mempunyai motor biasanya digunakan untuk bersantai saja. Kemudian ruas jalan mereka yang sangat luas dan sepi memang memungkinkan pengguna mobil untuk bisa mengebut dengan cepat. Tentu saja itu membuat pengemudi motor bisa ketar-ketir karena keamanannya.

Adapun negara lain ada yang mulai mengeluarkan kebijakan larangan bermotor karena berkaitan dengan pencemaran udara. Contohnya adalah Austria, Swiss, dan Belgia.

Indonesia, Negara Si Paling Banyak Populasinya

Pulau Jawa mendominasi menjadi daerah terpadat
Pulau Jawa mendominasi menjadi daerah terpadat | Sumber: Indonesia Baik

Berkenaan dengan tingginya pengguna motor di Tanah Air, secara jumlah penduduk sebetulnya Indonesia juga merupakan negara dengan populasi terpadat keempat di dunia. Bahkan, angkanya terus mengalami peningkatan sepanjang sepuluh tahun terakhir.

Hal ini ditunjukkan dengan data yang dirujuk dari Badan Pusat Statistik (BPS), di mana penduduk Indonesia diproyeksikan sejumlah 275,77 juta jiwa pada tahun 2022. Itu artinya, kita naik 1,13% apabila dibandingkan dengan tahun lalu yang ‘hanya’ 272,68 juta jiwa. Hanya saja, angka ini dikatakan sebagai perkiraan interim 2020-2023.

Sampai sekarang, masyarakat di Pulau Jawa masih mendominasi jumlah penduduknya di negara kita. Masuk akal sih, sebab memang pusat pembangunan Indonesia hingga saat ini juga berada di Jawa. Lantas, di mana saja 10 provinsi yang paling padat warganya tahun 2022?

  1. Jawa Barat: 49,40 juta orang
  2. Jawa Timur: 41,15 juta orang
  3. Jawa Tengah: 37,03 juta orang
  4. Sumatra Utara: 15,11 juta orang
  5. Banten: 12,25 juta orang
  6. DKI Jakarta: 10,68 juta orang
  7. Sulawesi Selatan: 9,22 juta orang
  8. Lampung: 9,17 juta orang
  9. Sumatra Selatan: 8,65 juta orang
  10. Riau: 6,61 juta orang

Lantas, menurut SohIB, dengan adanya jumlah penduduk sebesar ini, apa saja keuntungannya bagi Indonesia? Kemudian, apakah benar jika motor terasa lebih efisien untuk sehari-hari dibandingkan dengan mobil? Komentar di bawah, dong!

7 Berkas Lamaran Kerja yang Sering Diminta HRD

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)