7 Negara dengan Work Life Balance Terbaik, Indonesia Ada?

7 Negara dengan Work Life Balance Terbaik, Indonesia Ada?

Negara dengan work life balance, mana saja? | Sumber: Unsplash (Malte Helmhold)

Pada beberapa titik, seseorang bisa merasakan jenuh dan lelah saat keseimbangan hidupnya terganggu, entah terlalu banyak bekerja atau justru bersantai terlalu lama. Untuk itulah, work life balance perlu ada di kehidupan kita.

Work life balance merujuk pada cara kita menikmati hidup tanpa mengesampingkan aspek-aspek kehidupannya yang lain, seperti pekerjaan, keluarga, sekolah, dan diri sendiri.

SohIB tentunya memiliki peran ganda dalam keseharianmu bukan? Bisa jadi kamu adalah seorang pelajar sekaligus pekerja atau wanita karier dan menjadi seorang ibu. Nah, adanya posisi-posisi inilah yang pastinya akan ‘menuntut’ kita untuk bisa berbagi adil secara waktu dan fokusnya. Oleh sebab itu, work life balance penting untuk kita wujudkan.

Tahukah kamu, bahwa beberapa negara ini sudah mengimplementasikan istilah “keseimbangan hidup” bagi masyarakatnya? Nggak hanya menjadi lebih produktif, mereka juga sangat enjoy dalam menjalani kesehariannya, lo!

Baca juga: Ini 5 Prospek Karier Multimedia yang Cerah untuk Kamu!

Belanda

https://unsplash.com/photos/wVLercAkYkg Photo by Philippe Oursel on Unsplash
Belanda memiliki jam kerja yang rendah tetapi tetap produktif | Sumber: Unsplash (Philippe Oursel)

Negara Kincir Angin ini memiliki jam kerja tahunan dengan total sebanyak 1.378 jam atau di bawah 28 jam per minggu! Nggak hanya itu saja, para pekerjanya juga diberikan hak libur hingga 28 hari dan cuti melahirkan sampai 4 bulan, tentunya, gaji mereka tidak dipotong sepeser pun. Buat tim yang suka rebahan tapi tetap produktif, bisa banget, nih!

Norwegia

Tarik napas dulu, karena dijamin kamu akan melongo saat membaca fakta ini! Norwegia adalah salah satu negara dengan pendapatan per kapita tertinggi di dunia dan disebut-sebut melebihi pendapatan Amerika Serikat.

Namun, di balik itu semua, pemerintah negara tersebut justru sangat murah hati memberikan keringanan bagi para orang tua yang bekerja. Dengan cuti sebanyak 47 minggu full time salary atau 57 minggu dengan 80% gaji, seorang ayah bahkan juga berhak mendapatkan cutinya, lo!

Sebuah survei menunjukan bahwa pekerja asing yang berada di Norwegia merasakan kepuasan yang tinggi terhadap negara yang juga dikategorikan sangat produktif ini. Hal tersebut menunjukkan, bahwa waktu bekerja yang lebih singkat tetapi bahagia ternyata efektif dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian negara.

Belgia

Sudah saatnya SohIB mengenal Belgia tidak hanya dari kelezatan rasa coklatnya saja, tetapi juga work life balance-nya! Yup, pekerja di negara yang berada di Eropa bagian barat ini rata-rata menghabiskan 65 persen kesehariannya untuk kehidupan pribadi dan sisanya untuk bekerja. Namun, yang lebih mengherankan lagi, Belgia termasuk sebagai negara maju lo, meskipun penduduknya banyak yang “santai”!

Swiss

https://unsplash.com/photos/qZBZb-G0eEU Photo by Yura Lytkin on Unsplash
Swiss adalah negara yang indah dengan work life balance yang baik | Sumber: Unsplash (Yura Lytkin)

Negeri dongeng ini rupanya tak hanya membuat bahagia penduduknya karena pemandangannya yang begitu indah, tetapi juga karena kebiasaan work life balance-nya yang sehat. Karyawan pada umumnya bekerja dengan jam maksimal sebanyak 50 jam setiap minggu.

Tak hanya itu saja, pada batasan usia tertentu, yakni di bawah usia 20 tahun atau di atas 50 tahun, SohIB bisa mendapatkan hari libur hingga 25 hari, belum termasuk hak cutinya dalam satu tahun. Maka wajar saja, Swiss yang memiliki deretan pegunungan indah tersebut juga mendapatkan penghargaan sebagai negara paling bahagia di dunia. Ada yang pernah ke sana?

Baca juga: 3 Langkah Pertama Hidup Hemat dengan Smart

Finlandia

Finlandia beberapa waktu lalu sudah cukup mencuri perhatian kita karena sistem pendidikannya yang disebut terbaik di dunia. Ternyata, keseimbangan hidup masyarakatnya juga dijunjung tinggi!

Pekerja diberikan jumlah libur sebanyak 40 hari per tahun, termasuk cuti dan libur nasional. Wow, banyak sekali, ya? Rata-rata mereka menghabiskan waktu untuk bekerja di bawah 50 jam per minggu atau hanya sebagian kecil yang ‘terpaksa’ di atas jam tersebut. Apakah kamu bisa membayangkan tinggal di sana?

Spanyol

Spanyol terkenal sangat enjoy menjalani hidupnya, tetapi sekali bekerja, mereka akan sangat fokus dan efisien saat menyelesaikan pekerjaannya. Bahkan, penduduknya sebisa mungkin menghindari lembur, lo

Denmark

https://unsplash.com/photos/cj9_lderSUk Photo by Nick Karvounis on Unsplash
Siapa yang mau pindah Denmark? | Sumber: Unsplash (Nick Karvounis)

Menurut OECD, Denmark menempati urutan teratas dunia dengan work life balance terbaik. Pekerjanya mendapatkan cuti berbayar penuh hingga 52 minggu dan 34 hari libur. Tak lebih dari 1% masyarakatnya memiliki jam kerja di atas 50 jam per minggu. Pantas saja, mereka sangat bahagia!

Itu tadi 7 negara dengan keseimbangan hidup terbaik di dunia. Adakah yang menarik minat SohIB untuk bekerja di sana suatu hari nanti?

Baca juga: Work Life Balance Penting, Tetapi Sering Diabaikan

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)