My Cake's Cigombong, Inovasi Produk Olehan Kue Sambut Kawasan Ekonomi Khusus

My Cake's Cigombong, Inovasi Produk Olehan Kue Sambut Kawasan Ekonomi Khusus

Produk Cake My Cake's Cigombong | Sumber : Dok. Pribadi My Cake's

#JadiKontributorJadiInspirator #SobatHebatIndonesiaBaik #BerbagiMenginspirasi 

Cake merupakan makanan semi olahan basah yang dibuat dengan adonan yang di panggang dengan komposisi yang terdiri dari tepung terigu, gula, susu, telur, dan bahan pengembang.

Kualitas mutu cake pada umumnya dapat dilihat dari volume yang dihasilkan akan nampak besar (mengembang), crumb (bagian dalam kue) yang dihasilkan berpori kecil atau seragam, crust (permukaan/bagian luar kue) berwarna tidak terlalu coklat serta memiliki bau khas cake.

Ditemui diruang produksi, Umi Mukaromah, founder My Cake's, menjelaskan bahwa dirinya memproduksi cake yang memiliki perbedaan dengan cake pada umumnya dan memiliki produk yang diunggulkan, salah satunya yaitu melahirkan inovasi produk dengan hiasan edible image yang berbentuk foto.

"Uniknya, foto tersebut tentu saja dapat dimakan. Karena, terbuat dari kertas gula bergambar yang aman serta halal untuk dikonsumsi. Bahan-bahan kertas dan gula dan tinta semua Edible (bisa dimakan)," kata Umi saat ditemui di lokasi.

Produk My Cake's dengan Edible Image | Sumber : Dok. Pribadi My Cake's

Lebih lanjut, Umi menjelaskan bahwa produknya terdiri dari berbagai macam ukuran dari yang kecil, sedang hingga besar. Biasanya pembeli memesan produk My Cake's untuk berbagai keperluan. Seperti untuk acara ulang tahun dan perayaan pernikahan, sementara harga yang dijual cukup berpariasi berkisar dari harga 35 ribu hingga ratusan ribu tergantung ukuran dan tingkat kerumitan. 

Usaha yang dirintisnya sejak tahun 2021 ini, kini telah memiliki ijin edar P-IRT, Sertifikat halal serta memiliki Nomor Induk Berusaha (NIB) yang menjadi pelengkap kegiatan berusaha. 

"Ya, usaha saya ini telah memiliki ijin edar, sehingga dapat dipastikan bahwa produk olahan ini aman untuk dikonsumsi dan saya sendiri merasa nyaman, karena produk ini dapat di jual ke berbagai kalangan tanpa merasa khawatir,"  ujarnya.

Dalam kesempatan ini, Umi memiliki harapan semoga usahanya dilancarkan dan dimudahkan dalam segala urusan. Semoga memiliki kepercayaan dari konsumen sehingga dapat meningkatkan brand awareness serta dapat memunculkan brand identity dari produk yang dihasilkan agar dapat menjadi salah satu produk UMKM unggulan yang ada di Kecamatan Cigombong yang kini menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). 

Produk kue ulang tahun My Cake's | Sumber : Dok. Pribadi My Cake's

Lokasi usahanya tidak jauh dari pusat keramaian, hanya beberapa meter saja sudah sampai di jalan raya utama  Sukabumi-Bogor dan sangat strategis untuk dikunjungi karena tidak jauh dari pusat hiburan MNC Lido. Namun, meski begitu dirinya menjual produknya secara online karena biasanya pelanggan memesan secara custom untuk berbagai kegiatan atau perayaan.

"Saya menjual produk dengan cara online, memaksimalkan media sosial Instagram dan juga online shop serta memaksimalkan What's up business  kalau yang masih terjangkau biasanya saya juga mengirimkan langsung kerumah pembeli atau secara Chas On Delivery (COD)," tambah Umi.

Untuk menghadapi dan menyambut Kawasan Ekonomi Khusus MNC Lido, dirinya selalu berusaha untuk menjaga kualitas serta kuantitas produk, melengkapi berbagai perijinan atau legalitas serta selalu menjaga silaturahmi kepada pelanggannya.

"Silaturahmi sesama pelaku usaha UMKM di Kecamatan Cigombong selalu saya jaga agar menjadi media untuk saling bertukar cerita, menerima masukan dan saran yang membangun serta berusaha menjaga jaringan dengan silaturahmi atau menjaga komunikasi dengan pelanggan setia My Cake's guna terus mendapatkan motivasi untuk selalu memuaskan pelanggan / konsumen dari produk yang ditawarkan," Umi mengatakan dengan antusias.

Ia mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung serta selalu membantu dalam menjalankan bisnis atau usaha ini. Sehingga produk rumahan atau produk UMKM My Cake's ini diharapkan dapat naik kelas dan berkembang. 

"Terima kasih kepada orang tua, saudara serta sahabat semua yang senantiasa mendukung usaha rintisan saya ini hingga memiliki jaringan yang saling melengkapi dan mengurangi berbagai kendala. Semoga UMKM Cigombong, khususnya My Cake's dapat naik kelas, berkembang dan memperluas pemasaran dan penghasilan yang di dapat semoga menuai keberkahan," tutup Umi mengakhiri wawancara.