Modal Hape Bisa Jadi Youtuber? Simak Ulasannya!

Modal Hape Bisa Jadi Youtuber? Simak Ulasannya!

YouTuber saat ini menjadi salah satu karier yang cukup menjanjikan, lo! | Sumber: Unsplash (NordWood Themes)

Saat ini, berbagai macam lapangan pekerjaan pada industri kreatif menjadi meluas dan dipilih oleh banyak orang, salah satunya adalah YouTuber. Bila SohIB perhatikan, platform streaming YouTube sekarang banyak didominasi oleh para generasi milenial dan gen Z. Selain gajinya yang berpotensi tinggi, minat masyarakat terhadap konten berbentuk video dan musik memang sangat digandrungi.

Artis-artis papan atas rela menggelontorkan modal yang tidak sedikit demi menghasilkan kualitas konten yang bagus, dari segi tim kreatif, peralatan video, tempat syuting, dan lainnya. Memang tidaklah mengherankan, karena penghasilannya pun bisa fantastis. Namun, bagaimana dengan YouTuber yang sedang merintis usahanya?

Kali ini, kita akan mengulas tips-tips yang bisa SohIB terapkan sebagai YouTuber pemula meskipun dengan modal seminim handphone. So, are you ready?

Baca juga: Instagram untuk Branding Produk, Memang Bisa?

Tekad yang Kuat

https://unsplash.com/photos/LqKhnDzSF-8 Photo by Joshua Sortino on Unsplash
Semua perjuangan berawal dari tekad yang kuat dan pantang menyerah | Sumber: Unsplash (Joshua Sortino)

Ingat, apapun yang kita pilih merupakan tanggung jawab kita. Oleh sebab itu, tekad yang kuat dan usaha untuk mewujudkan impian menjadi YouTuber sukses harus kita tanamkan dalam hati. Pelajari bagaimana cerita sukses para pendahulumu dan bagaimana cara mereka mengatasi masalah yang ada agar menjadi pembelajaran bagi kita. SohIB harus dengan sadar tahu apa yang sedang kamu lakukan dan hadapi semua rintangan dengan kegigihan.

Tetapkan Goals dan Planning

Beberapa orang mungkin berpikir lakukan dulu, daripada berpikir kemudian tidak segera direalisasikan. Hal tersebut bisa jadi betul. Akan tetapi, menentukan pencapaian dan cara mewujudkannya sangat membantu kita untuk tidak mudah bingung di tengah jalan.

Bagi sebagian orang, merintis karier sebagai YouTuber adalah jalan utama yang ingin ditempuh dalam mencari penghasilan. Tentunya, tanpa arah dan tujuan yang pasti, kita akan kesulitan untuk mengukur seberapa efektif program yang sudah kita lakukan. Pikirkan juga konten apa yang akan kita geluti secara khusus. Untuk saat ini, podcast dan review product adalah dua topik yang sedang diminati audiens.

Langkah terbaik untuk memprediksi masa depan kita adalah dengan mempersiapkan diri sebaik mungkin sejak sekarang. Jadi, apa goals-mu dan bagaimana cara mewujudkannya? Hanya SohIB yang paling tahu jawabannya!

Baca juga: Persiapkan Hal Ini Sebelum Jadi Jurnalis!

Smartphone Sebagai Perangkat Utama

https://unsplash.com/photos/ptA_7ODacAk Photo by Priscilla Du Preez on Unsplash
Smartphone menjadi salah satu komponen penting dalam dunia per-YouTube-an | Sumber: Unsplash (Priscilla Du Preez)

Memulai langkah menjadi YouTuber hanya dengan smartphone, mengapa tidak? Saat ini, tersedia banyak sekali produk HP yang menawarkan performa yang kuat, meskipun budget yang disiapkan tidak terlalu besar.

Pilihlah handphone yang memiliki RAM dan memori eksternal yang cukup besar karena biasanya, video dengan kualitas tinggi memakan tempat penyimpanan yang tidak kecil. Kemudian, pertimbangkan smartphone dengan prosesor yang mumpuni agar tidak menyebabkan proses penyuntingan tersendat dan mengganggu aktivitas lain pada gadget yang digunakan.

Peralatan Syuting yang Mendukung

Pada situasi tertentu, pencahayaan tambahan mungkin dibutuhkan selama proses pengambilan gambar. Sekarang sudah banyak toko-toko dan online marketplace yang menjual berbagai lighting dari jenis, ukuran, dan rentang biayanya.

Bila SohIB ingin lebih menghemat budget dan kreatif, kamu bisa mempertimbangkan membuat peralatan pengambilan gambar pendukung dari bahan yang ada. Misalnya, membuat neon box dari kardus dan kain putih, cahaya buatan dari senter, efek warna tertentu dari pantulan kertas, dan lainnya.

Editing Tools

Banyak aplikasi editing video yang bisa secara gratis kita unduh melalui Play Store dan App Store, lo! Tinggal sesuaikan saja dengan kapasitas memorimu (karena setiap aplikasi berbeda kebutuhan penyimpanannya) dan tampilan editing tools yang nyaman untuk kamu gunakan.

Internet yang Cepat

https://unsplash.com/photos/tvzykmBf3r0 Photo by CardMapr on Unsplash
Internet saat ini sangat mudah untuk diakses siapa saja dan di mana saja | Sumber: Unsplash (CardMapr)

Yes, semua hal ini bisa diwujudkan dengan ujung tombak yang satu ini, yakni internet. Menaikkan video kita pada YouTube membutuhkan internet untuk mengunggahnya. Oleh sebab itu, jangan lupa pastikan perangkatmu terhubung dengan internet dengan kecepatan yang tinggi, ya!

Minta Dukungan Orang-orang di Sekitarmu

“Jangan lupa untuk share, subscribe, follow, comment, dan like video ini agar terus berkembang, ya!”

SohIB pasti tidak asing lagi dengan petikan kalimat di atas, bukan? Ini bukan sekadar kalimat penutup video semata, lo! Dengan banyaknya orang-orang menyaksikan videomu, men-subscribe, dan membagikan karyamu kepada lainnya, otomatis dapat menaikkan engagement terhadap kanal YouTube-mu. So, jangan lupa lakukan, ya!

Baca juga: Mitos dan Fakta Seputar Wawancara Kerja, Apa Saja?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)