Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

Mengenal Mindfulness, Agar Hidup Lebih Positif!

Mindfulness dapat membantu menyingkirkan perasaan negatif pada diri | Sumber: Unsplash (Lesly Juarez)

Pernah nggak sih, SohIB berada pada situasi yang rasanya tuh lelah banget, penuh emosi, dan keseharian menjadi serba negative thinking? Biasanya, orang akan menyarankan kita untuk mengistirahatkan diri sejenak atau melakukan sejenis olahraga yoga agar lebih tenang.

Nah, berbicara mengenai yoga, aktivitas ini menjadi salah satu latihan yang banyak digemari orang.Selain berfokus pada kekuatan, pernapasan, dan fleksibilitas, exercise yang satu ini bisa membuat pikiran menjadi lebih ringan dan relaks, lo! Pada yoga inilah, kita juga mengenal istilah mindfulness.

SohIB generasi milenial dan Gen Z mungkin tidak lagi asing dengan yang satu ini, bukan? Dilansir dari laman alodokter, mindfulness adalah salah satu jenis meditasi yang bisa membantu seseorang untuk lebih fokus terhadap sekitarnya, emosi yang dirasakan, dan penerimaan diri secara terbuka. So, manfaat kegiatan ini nggak hanya sebatas buat kesehatan fisik aja ya, guys!

Sebenarnya, bagaimana cara melakukan terapi ini? Untuk SohIB yang mungkin sedang galau, merasa sedih berkepanjangan, atau terserang stres, langsung saja tanpa berpanjang lebar, kita bahas bersama, yuk!

Baca juga: 5 Cara Sederhana Merawat Rambut Agar Sehat dan Berkilau, Sudah Tahu?

Jalan-jalan Bikin Tenang!

https://unsplash.com/photos/ljoCgjs63SM Photo by Arek Adeoye on Unsplash
Jalan-jalan nggak hanya menyehatkan untuk fisik, tetapi juga mental | Sumber: Unsplash (Arek Adeoye)

Yup, berjalan-jalan ringan di tempat yang menenangkan dengan pemandangan teduh ternyata termasuk ke dalam meditasi mindfulness, lo! Suara-suara alam seperti cicit burung, jangkrik, hingga sepoi angin juga sangat membantu untuk menjernihkan pikiran. Lepaskan beban pikiranmu selama aktivitas ini berlangsung.

Mengasah kreativitas

https://unsplash.com/photos/lI1z94nf0RM Photo by J. Kelly Brito on Unsplash
Mewarnai bisa menjadi terapi yang mengasyikkan bagi pikiran | Sumber: Unsplash (J. Kelly Brito)

SohIB pernah mendengar tentang adult coloring book? Yes, seperti namanya, buku mewarnai yang ditujukan untuk orang dewasa ini memang dibuat untuk melatih kreativitas kita dan sebagai therapy healing dengan menampilkan berbagai macam gambar, dari yang mudah hingga yang paling abstrak.

Saat diri disibukkan dengan aktivitas yang menyenangkan, tentu pikiran menjadi teralihkan dan melepaskan diri sementara dari beban yang dihadapinya. Btw, kegiatan kreatif lainnya juga bisa SohIB lakukan seperti membuat prakarya, melukis, atau robotic.

Do Journalling!

https://unsplash.com/photos/8hFiT80X-6o Photo by David Iskander on Unsplash
Journalling tidak hanya sekadar menulis, tetapi juga melepaskan stres | Sumber: Unsplash (David Iskander)

Menulis jurnal, blog, dan diari nyatanya bukan hanya ‘sekadar’ mengenang memori dan pengalaman kita di hari tersebut, akan tetapi juga termasuk dalam mindfulness, lo! Tak hanya membuat kita lebih terasah dalam skill merangkai kata, dengan menulis, kita bebas berekspresi dan menumpahkan segala pikiran dan emosi di dalamnya.

Metode ini diketahui dapat membuat hati menjadi lebih tenang dan emosi menyusut. Jangan lupa, simpan buku harianmu baik-baik ya, agar tidak dibaca sembarang orang. Bagi SohIB yang memilih menggunakan blog sebagai media curhat, kamu bisa menghiasi jurnal elektronikmu tersebut dengan desain sesuka hati. 

Baca juga: Urutan Skincare Untuk Wajah yang Bercahaya

Duduk atau Berbaring

https://unsplash.com/photos/QiYZCKJQMck Photo by Надя Кисільова on Unsplash
Meditasi bisa membuat kita fokus dan tenang | Sumber: Unsplash (Надя Кисільова)

SohIB pernah melihat orang yang sedang latihan yoga? Poin yang satu ini adalah pose ikonik seseorang yang melakukan meditasi.

Duduklah di tempat yang datar dan nyaman. Atur posisi agar tidak bungkuk, duduk bersedekap kaki dengan telapak kaki rata di lantai, dan letakkan tangan di pangkuan dengan menekuk jari tengah dan jempol hingga bersentuhan.

Atur pernapasan dengan baik dan luaskan hati untuk lebih netral dengan segala emosi yang ada.

Sedangkan untuk posisi berbaring, SohIB bisa membaringkan tubuh di tempat yang nyaman dengan lengan diletakan di samping kanan dan kiri, kemudian telapak menghadap ke atas. Bernapaslah secara perlahan dan teratur.

Lakukan Apapun yang SohIB Suka!

https://unsplash.com/photos/xSiQBSq-I0M Photo by Surface on Unsplash
Lakukan apapun yang membuat kamu bahagia | Sumber: Unsplash (Surface)

Prinsip dasar mindfulness adalah mengeluarkan rasa sakit dan pikiran negatif yang ada pada diri kita, sehingga melakukan hal yang kita sukai sudah termasuk di dalamnya.

Cara paling sederhana untuk memulai meditasi di poin ini adalah nonaktifkan gadget-mu untuk sehari saja (pastikan kamu tidak sedang dalam keadaan bekerja atau kuliah), pusatkan diri untuk melakukan hobi yang kita cintai, misalnya berkebun, nonton film, bertemu dengan teman-teman, traveling, dan lainnya.

Sangat disarankan untuk memilih kegiatan yang melibatkan ketenangan dan suasana damai agar secara psikis, dapat membantu kita agar lebih stay calm.

Baca juga: 3 Langkah Pertama Hidup Hemat dengan Smart

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)