Mengenal Busok, Kucing Ras Indonesia yang Punya Indera Keenam!

Mengenal Busok, Kucing Ras Indonesia yang Punya Indera Keenam!

Kucing busok memiliki bentuk kepala unik menyerupai segitiga dengan telinga runcing | Sumber: Wikimedia Commons

Yayy! Baru-baru ini, dalam ajang International Cat Show 2022 di Sidoarjo, Jawa Timur,  World Cat Federation menobatkan kucing busok sebagai ras kucing asli Indonesia. Binatang berbulu abu-abu tersebut merupakan kucing endemik, sebab hanya bisa kita jumpai di Pulau Raas, Madura.

Btw, menuliskan dari Satwa Foresteract, hewan endemik adalah spesies hewan alami yang mendiami suatu wilayah atau daerah tertentu, yang menjadikan wilayah tersebut mempunyai ciri khas karena tidak ditemukan di daerah lain. So, bisa dikatakan bahwa hewan itu adalah spesies asli dari wilayah tersebut, SohIB!

Baca juga: 6 Akibat dari Kamu Terus Menunda Menyelesaikan Skripsi

Ciri Fisik Kucing Busok

kucing busok
Kucing busok, sekilas tampak seperti kucing bule | Sumber: Indonesiabaik.id

Masyarakat Indonesia biasanya mengenal kucing ini dengan tiga nama, yakni kucing busok, kucing raas, dan kucing madura. Berikut adalah ciri khas dari hewan berkaki empat tersebut!

  • Sekilas tampak mirip dengan kucing ras british short hair, tetapi versi lebih kurus.
  • Ukuran kepala lebih besar dari kucing domestik dengan bentuk menyerupai segitiga.
  • Hidung kucing busok sedikit melengkung ke bawah dan berukuran sedang.
  • Bulunya berwarna abu-abu kebiruan polos dan lebih lebat dari kucing kampung.
  • Perawakannya hampir sama dengan kucing kampung pada umumnya.
  • Telinganya tajam dan mencuat ke atas.
  • Ekornya melengkung di ujungnya, tetapi bisa panjang jika tegak.

Baca juga: Hewan Peliharaan dan Kesehatan Mental: Sebuah Simbiosis Mutualisme

Asal-Usul Kucing Busok

Melansir dari Wikipedia, kucing madura ini tidak diketahui secara pasti dari mana silsilah keturunannya. Diyakini bahwa hewan tersebut memang terbentuk secara alami. Namun, sebuah penelitian yang dilakukan oleh Lasley Morgan (Australia) dan dr. Ronny Rachman Noor dari Fakultas Peternakan IPB memberikan penjelasan bahwa warna biru pada bulu kucing busok dipercaya dari ras korat, Thailand, dan ras asia karena bentuk ekornya yang bengkok di ujung.

5 Hal Menarik tentang Kucing Busok

Ngomongin hewan langka ini memang sangat menarik. Tahukah SohIB, bahwa selama ini, ada beberapa hal menarik yang berkaitan dengan kucing raas tersebut. Dari yang merupakan informasi nyata hingga mitosnya, berikut yang perlu kamu ketahui!

1. Kucing Madura Jadi Cinderamata

Konon, di tahun 1990-an, kucing busok sering menjadi oleh-oleh khas Madura untuk diberikan pada tamu-tamu istimewa dan dihormati yang berkunjung ke daerah tersebut. Kebiasaan tersebut diyakini menjadi penyebab utama bagaimana kucing endemik ini semakin langka.

2. Punya Kekuatan Mistis

Kucing raas sering dipercaya memiliki indera keenam dan sulit dipelihara oleh orang-orang golongan biasa. Oleh sebab itu, ada yang bilang bahwa kucing busok hanya cocok untuk mereka yang dari kalangan pejabat, tokoh masyarakat, atau kyai.

3. Membawa Sial Jika Dibawa Keluar Pulau

Kucing madura disebut-sebut bisa mengakibatkan nasib buruk pada orang yang membawanya keluar pulau. Bahkan, bila orang tersebut belum menikah dan menaiki perahu dengan hewan ini, maka transportasi air tersebut bisa tenggelam. Duh, seram banget!

4. Binatang Cerdas dan Mendatangkan Rezeki

Penduduk setempat meyakini bahwa kucing raas bisa mendatangkan rezeki yang besar dan nasib yang baik. Mereka juga sangat cerdas dan loyal kepada pemiliknya. Sebaliknya, pada orang asing, kucing tersebut bersikap waspada dan menampilkan wajah yang galak.

5. Kemurnian Ras Kucing Busok Harus Terjaga

Seperti yang sempat disebutkan, binatang langka tersebut sering dijadikan oleh-oleh di masa lalu, yang menyebabkan mulai punahnya spesies tersebut. Oleh karenanya, pemerintah Kabupaten Sumenep melarang adanya aktivitas ini.

Bahkan, bila ada yang ingin mengambil kucing busok dari habitat aslinya tersebut, maka hewan endemik itu wajib dikebiri atau disterilkan agar tidak menghasilkan keturunan yang nonmurni.

Baca juga: Aquascape, Karena Hewan Laut Juga Butuh Rumah yang Indah!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca.

Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Semuanya gratis! Skuy, langsung gabung aja di siniSalam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)