Mengenal Gamagora 7, Varian Padi Terbaru yang Cocok untuk Sawah dan Tadah Hujan

Mengenal Gamagora 7, Varian Padi Terbaru yang Cocok untuk Sawah dan Tadah Hujan

Gamagora 7, varian padi baru | Unsplash (Sandy Ravaloniaina)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Sebagai orang Indonesia, tentunya belum pas rasanya jika kita belum makan nasi sebagai pokok utama kita. Terlebih kita tahu, Indonesia adalah sebuah negara agraris yang terkenal sebagian besar profesi penduduknya adalah di pertanian. Jadi tidak heran dong, jika produksi padi serta beras di Indonesia itu sangat melimpah

Bahkan menurut informasi dari databoks.katadata.co.id, untuk musim 2021/2022, Indonesia berada di urutan negara ke-4 produsen terbesar di dunia, lo SohIB! Di musim tersebut, Indonesia berhasil memproduksi 34,7 Juta Metrik Ton (MT) beras dan tercatat bahwa 5 provinsi terbesar penghasil beras adalah Jawa Barat, Jawa Timur, Jawa Tengah, Sulawesi Selatan, dan Sumatra Utara. Keren banget, ya! 

Namun, perjuangan para petani kita tidak selalu mulus, lo. Seringkali mereka dihadapkan dengan permasalahan yang rumit, salah satunya adalah padi sangat rentan dengan penyakit hama dan juga perubahan lingkungan. Tidak heran jika petani kita bisa mengalami gagal panen karena padi yang tumbuh memiliki kualitas yang buruk.

Untuk mengatasi hal tersebut, Universitas Gajah Mada atau UGM berhasil mengeluarkan varian baru padi yang bernama Gamagora 7! Penasaran seperti apa sih varian baru ini? Simak artikel berikut sampai habis, ya SohIB!

7 Rekomendasi Wisata Alam Tasikmalaya, Cocok Buat Libur Lebaran!

Berkenalan dengan Gamagora 7, Varian Padi yang Lebih Tahan Baja!

Tanaman padi
Tanaman padi | Unsplash (Tam Mai)

Pada tahun 2006, anggota tim peneliti dari UGM mulai mencoba melakukan riset panjang untuk menemukan padi memiliki kualitas dan ketahanan yang bagus. Perjalanan ini tentunya sangat panjang, tidak heran saat diresmikannya Gamamora 7 ini oleh Menteri Pertanian RI di bulan Maret kemarin, salah satu anggota peneliti yaitu Dr. Taryono dan Dr. Supriyanta mengatakan mereka sangat senang karena apa yang telah mereka lakukan sudah membuahkan hasil. Terdapat 3 kelebihan kenapa Gamagora 7 dianggap sebagai varian padi yang memiliki kualitas dan ketahanan yang baik, antara lain:

  1. Meningkatkan Hasil Produksi Padi

Varian Gamagora 7 ini berasal dari hasil mutan padi jenis Rojolele Klaten yang merupakan golongan indica yang berbentuk panjang dan tidak lengket saat dimasak. Pada saat uji coba, padi ini memiliki potensi besar untuk mendapatkan 9,8 ton per hektare dengan umur panen sekitar 119 hari. Tentunya ini adalah kabar baik untuk petani kita, karena dengan produksi padi yang lebih banyak, maka ketersediaan beras di pasaran juga akan lebih stabil. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan kekurangan beras ya SohIB, hehehe!

  1. Cocok untuk Lahan Sawah Maupun Tadah Hujan

Lahan sawah
Lahan sawah | Unsplash (Tuân Nguyễn Minh)

Permasalahan klasik yang dihadapi oleh para petani kita adalah banyak jenis padi yang tidak bisa beradaptasi di lahan yang berubah-ubah. Dengan adanya Gamagora 7 yang sudah terbukti bisa bertahan di lahan tanah tadah hujan, hal ini akan sangat membantu para petani yang sering mengalami masalah kekurangan air dan memperkecil kemungkinan gagal panen. Sehingga secara tidak langsung akan meningkatkan hasil produksi padi kita, nih SohIB!

  1. Tahan terhadap Hama Wereng dan Penyakit

Hama wereng merupakan musuh paling besar para petani padi di Indonesia. Namun, dengan varian padi Gamagora 7, petani tidak perlu khawatir lagi, lo! Padi ini memiliki ketahanan terhadap hama wereng dan penyakit lainnya seperti penyakit hawar daun bakteri patotipe III. Sehingga, petani tidak perlu mengeluarkan biaya yang banyak untuk membeli pestisida untuk mengatasi hama dan penyakit.

Padi yang tumbuh tanpa perlu banyak pestisida dan pupuk kimia tentunya akan sangat ramah lingkungan dan lebih aman dikonsumsi, karena kita tahu bahwa penggunaan bahan kimia bisa berbahaya bagi lingkungan dan kesehatan kita.

10 Destinasi Wisata Keren Di Bandung, Apa Saja?

Nah, itu dia informasi tentang Gamagora 7, padi varian terbaru yang sangat cocok buat ditanam di lahan sawah maupun tadah hujan. Enggak cuma itu lo, varian padi ini juga punya keunggulan-keunggulan yang sangat cocok untuk petani, seperti tahan terhadap serangan hama wereng coklat, mampu bertahan di tengah banjir yang tinggi, dan potensi memiliki hasil panen yang melimpah.

Terima kasih banyak kepada tim yang sudah berjuang untuk menemukan varian padi Gamagora 7 ini. Diharapkan industri pertanian Indonesia terutama produksi beras akan lebih berkembang lagi kedepannya, ya! Good day, SohIB!