Menciptakan Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pasar Bebas Dikawasan ASEAN

Menciptakan Pertumbuhan Ekonomi Lewat Pasar Bebas Dikawasan ASEAN

asean country | sumber dok pribadi

SohIBBerkompetisiArtikel

Pertumbuhan ekonomi menjadi hal penting bagi setiap negara karenanya hal itu menentukan kesejahteraan pada masyarakat yang ada dalam negara tersebut. walaupun begitu ada kalanya sebuah ekonomi pada suatu negara bahkan dunia mengalami pelambatan dan mengakibatkan crisis.

Seperti crisis yang terjadi pada tahun 1929-1939 crisis terburuk pada abad 20 ini disebabkan oleh kehancuran Wall Street tahun 1 dan kemudihan diperburuk oleh kebijakan pemerintah AS yang salah sehingga depresi ekonomi selama 10 tahun. Ada juga krisis Asia 1997 yang bermula di negara Thaliand setelah itu menyebar keseluruh Asia Timur beserta mitra dagangnya. Aliran modal dari negar-negara maju ke eskonomi asia timur seperti thaliand,indonesia malaysia,singapura,hongkong dan korea selatan telah memicu optimisme yang mengakibatkan pemberian kredit yang berlebihan dan terlalu banyak akumulasi utang masuk ke negara tersebut. Krisis keuangan 2007-2008, krisis yang memicu Resesi Hebat (Great Recession), yang dipicu oleh runtuhnya gelembung di AS,krisis tersebut mengakibatkan Lehman Brothers.Dan  yang terbaru yaitu crisis ekonomi yang diakibatkan oleh pandemi  covid - 19 sehingga negara di berbagai dunia mengalami perlambatan ekonomi.

Dari krisis ekonomi ini banyak dampak negatif yang dirasakan oleh suatu negara,seperti tingkat pengangguran yang meningkat,kelaparan, inflasi,harga kebutuhan pokok menjadi mahal.

Dari berbagai crisis yang telah terjadi itu salah satu cara untuk menumbuhkan kembali perekonomian dalam sebuah negara atau kawasan bisa dilakukan dengan mekanisme pasar bebas.

Dikutip dari Wikipedia,”Pasar bebas (free market) yaitu dimana kondisi pasar ideal, kegiatan perekonomian sepenuhnya berada pada dinamika permintaan dan penawaran pasar yang akan mempengaruhi keputusan ekonomi dan pergerakan setiap individu yang berhubungan dengan uang,barang,dan jasa secara sukarela.Dengan mekanisme pasar bebas ini, memudahkan untuk mengeksplor atau mengimpor barang selain itu memperkecil angka pengangguran, bekerja sama dalam membentuk industri bisnis antar negara.

ASEAN DAN PERAN INDONESIA

gambar 2 asean | sumber dok pribadi

Kawasan ASEAN yang merupakan singkatan dari the Association of Southeast Asian Nations atau perhimpuanan Bangsa-bangsa di Asia Tenggara ini dibentuk 8 Agustus 1967 di Bangkok,Thailand. Memiliki peranan penting dalam laju perekonomian yang bukan hanya di kawasan asia melainkan dunia. Program Masyarakat Ekonomi Asean ( MEA) yang bertujuan untuk meningkatkan daya saing kawasan,mendorong pertumbuhan ekonomi menekan angka garis kemiskinan,meningkatkan standar hidup masyarakat dinegara ASEAN ,meningkatkan pembangunan perekonomian ASEAN, mempererat kerja sama ekonomi negara-negara ASEAN. hal ini dimulai dengan setiap negara MEA harus bersatu dalam batas negara teritori dalam sebuah pasar bebas. MEA harus menyatukan pasar negara-negara ASEAN menjadi pasar tunggal, perusahaan-perusahaan di wilayah Asia Tenggara pun lebih leluasa untuk memperluaskan area operasinya.

Negara indonesia salah satu negara yang masuk dalam jajaran yang GDPnya terbesar pastinya memiliki peranan penting dalam menciptakan pertumbuhan ekonomi dalam kawasan ASEAN. seperti secara resmi selama tiga kali (1976,2003,2011) menghasilkan capaian-capaian yang mendorong kemajuan ASEAN. yang tertuang dalam :

  1. Bali Concord I yang menyepakati dibentukanya ASEAN Secretariat di jakarta dan sekertariat pertama dari indonesia serta program aksi yang mencakup kerja sama di bidang politik, ekonomi, sosial, budaya dan penerangan keamanan serta peningkatan mekanisme ASEAN.
  2. Bali Concord II yang berkontribusi pada konsep komunitas ASEAN dengan tiga pilar,serta
  3. Bali Concord III yang memberikan sumbangsih disepakatinya peta jalan masyarakat ASEAN pada 2015 .
gambar 3  pertumbuhan ekonomi | sumber dok pribadi

Dan yang terbaru ini negara Indonesia kembali terpilih menjadi tuan rumah KTT ASEAN. pada tahun ini mengusung tema “ASEAN MATTERS EPICENTRUM OF GROWTH.” yang memiliki makna bahwa indonesia ingin menjadikan ASEAN tetap penting dan relevan bagi masyarakat ASEAN dan dunia. Pada tahun 2023, indonesia akan berfokus memperkuat ASEAN menjadi kawasan ekonomi yang tumbuh cepat, inklusif, dan berkelanjutan. Indonesia yang memiliki peran sebagai ketua pada tahun ini juga beringinan untuk memperkuat kapasitas dan efetivitas kelembagan ASEAN  agar mampu menjawab tantangan 20 tahun kedepan, selain itu indonesia bertekad mengawal menuju ASEAN 2045, yang perlu sentantiasa lebih adaptif,responsif,dan kompetitif. Indonesia yang bercita-cita menjadikan ASEAN pusat pertumbuhan ekonomi kawan dan dunia untuk memperkuat pemuliahan ekonomi dan menjdikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan yang berkelanjutan.

Program MEA yang mendorong kawasan ASEAN untuk tetap dengan mekanisme pasar bebas sebagai salah satu cara mempererat pertumbuhan ekonomi dan mempererat hubungan kawasan di negara-negara asean. Dari mekanisme pasar bebas ini pula diharapkan menjadi jembatan dari terbentuknya ASEAN 2045 yang menciptakan pertumbuhan ekonomi dunia.

KESIMPULAN.

Indonesia memiliki peran penting dalam kawasan asean ini, peluang untuk menciptakan serta mendukung negara-negara asean lainnya dalam meningkatkan perekonomian mereka yang bukan hanya berdampak pada negaranya saja melainkan asean bahkan dunia. Selain itu indonesia yang memiliki bonus demografis  pada tahun 2030 dapat memanfaatkan sumber daya manusia  berintegritas untuk nantinya bisa bekerja sama dalam menciptakan industri-industri sustainable yang dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dikawasan asean.

Dengan memanfaatkan menkanisme pasar bebas yang dianut oleh asean sendiri, dimampukan untuk dapat memperbanyak peluang kerja antar negara asean,memanfaatkan sumber daya manusia dan sumber daya alam.

"lomba artikel Sohib 2023"

peran indonesia dalam mengwujudkan harapan asean

 

Label: