Mencari Keyword yang Tepat untuk Menulis

Mencari Keyword yang Tepat untuk Menulis

Tampilan Google sebelum kita melakukan pencarian | Sumber: Unsplash (Firmbee.com)

Mengapa keyword atau kata kunci selalu disangkut-pautkan dengan menulis di website? Yup, sebab audiens kita sangatlah cepat dan bebas mengakses berita dan kata kunci bisa membantu artikel kita agar muncul di laman teratas Google!

Tahukah SohIB, sebuah tulisan dari Niagahoster menyatakan, “75% pengguna internet hanya memperhatikan hasil pencarian Google pada halaman pertama. Inilah alasan kuat mengapa situs Anda tidak terjamah jika berada di halaman kedua atau seterusnya.”

Baca juga: Ketahui 5 Hal Mendasar Tentang SEO

Menurut kamu, benar nggak kutipan tersebut? Pertanyaannya sekarang adalah seberapa sering kita sebagai audiens mau repot-repot membuka next page sampai ke halaman lima misalnya? Jarang banget, ya! Paling tidak, mungkin hanya sampai dua atau tiga halaman saja, kita sudah mendapat informasi yang akan kita cari atau sudah lelah.

Lantas, bagaimana caranya agar kita mendapatkan kata kunci yang tepat untuk menulis? Check artikel berikut ini!

1. Lakukan Search Volume

mencari volume keyword di keyword surfer
Tampilan volume dari Keyword Surfer di mesin pencarian | Sumber: Dok. SohIB

Cari tahu seberapa banyak kata kunci yang kita pilih dicari di Google dalam kurun waktu tertentu. Biasanya, jika SohIB memanfaatkan tools untuk mencari volume keyword, waktu yang ditunjukkannya berdasarkan satu bulan pencarian.

Tools yang bisa kamu gunakan sangat banyak dan beberapa mudah untuk dioperasikan, misalnya Keyword Surfer, Ubersuggest, Keyword Everywhere, hingga Google Trends.

Nah, makin tinggi volume-nya, maka akan makin besar pula kemungkinan artikel kita untuk naik ke page teratas Google. Di samping tentunya masih banyak lagi faktor penunjang naiknya artikel ke rank nomor satu.

Baca juga: 5 Kesalahan dalam Menulis Artikel SEO Friendly, Sudah Tahu?

2. Cari Saran Kata Kunci

saran kata kunci dengan keyword everywhere
Mencari saran keyword dengan tools, salah satunya Keyword Everywhere | Sumber: Dok. SohIB

Temukan keyword suggestion yang berkaitan dengan kata kunci yang lagi kita cari. Upaya ini juga dapat SohIB lihat dengan menggunakan SEO tools, misalnya kayak Keyword Surfer, Semrush, related search dari SERP, atau People Also Ask di Google. So, nyaris nggak ada nih, yang namanya stuck mencari tema untuk menulis!

3. Lihat dari Kompetitor

tampilan google trends
Tampilan dari Google Trends yang menampilkan data real time | Sumber: Dok. SohIB

Riset kata kunci bisa dilakukan dengan melihat pembahasan-pembahasan dari blog kompetitor. Lihat bagaimana cara media lain mengemas kata kunci yang sudah dipilih menjadi artikel yang baik dan dinikmati audiens. Jangan lupa, utamakan portal yang sudah terpercaya dan berada di halaman teratas Google, karena itu artinya konten mereka berkualitas dan banyak diminati.

Ini sebagai tambahan, apabila SohIB masih bingung saat ingin menulis sesuatu, bukalah Google Trends. Fitur tersebut biasanya akan menampilkan data yang real time, populer di mesin pencarian, dan disesuaikan dengan negaranya. Bahkan, portal berita yang mewartakan juga sudah tercantum, sehingga kita bisa mencuri ide dari sana.

Sebenarnya, masih ada beberapa tools yang bisa membantu kita untuk mencari keyword yang tepat. Sebab, dunia website sangat luas dan dinamis. Apakah kamu bisa menyebutkan tools pencarian kata kunci yang lainnya? Komentar di bawah, ya!

Baca juga: SEO Tools yang Sering Digunakan Untuk Optimasi Website, Sudah Tahu?

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Hebat Indonesia Baik! (AJ)