Membentuk Generasi Muda Cermelang sebagai Investasi Masa Depan

Membentuk Generasi Muda Cermelang sebagai Investasi Masa Depan

Upacara Bendera menumbukan generasi muda yang cinta tanah air

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Guru, sebuah profesi yang erat kaitannya dengan anak-anak yang suatu saat akan menjadi generasi penerus, baik penerus keluarga, negara, bahkan dunia. Penerus ini di titik beratkan pada generasi muda yang nantinya akan menjadi modal/investasi masa depan yang cemerlang. Di sinilah awal sebuah penerus disiapkan, dibimbing dan diarahkan oleh seorang guru.

Sebagai seorang guru, saya menyadari generasi muda sangatlah penting. Mereka perlu dialihkan ke hal- hal baik dengan maksimal. Oleh karena itu, pendidikan sangat diperlukan dalam hal ini.

Bertahun- tahun berkecimpung dalam dunia pendidikan, saya percaya semua anak hebat dalam bidangnya masing-masing. Tidak ada anak yang tidak pintar. Disinilah peran seorang guru untuk menjadikan generasi muda berkilau sesuai kecerdasan masing-masing disertai pembangunan karakter luhur sangat dibutuhkan.

Dalam suatu kelas banyak sekali perbedaan-perbedaan, terutama perbedaan kecerdasan. Hal pokok itulah yang perlu diketahui seorang guru untuk mengarahkan generasi muda menuju generasi emas yang cemerlang dan berkarakter.

Seorang guru haruslah mengerti tentang kecenderungan kecerdasan anak- anak yang berbeda tersebut. Oleh karena itu, di sekolah tempat saya mengabdi, ada salah satu hal yang harus dilakukan yaitu MIR (Multiple Intelligences Research) untuk mengetahui kecerdasan apa yang dominan dalam diri anak. Dengan adanya hal tersebut, guru dan orang tua dapat mengetahui kecenderungan kecerdasan anak. Hal tersebut bertujuan agar guru dapat leluasa menentukan gaya belajar yang sesuai dengan anak tersebut sehingga guru dapat menerapkan metode pembelajaran yang tepat untuk kegiatan pembelajaran yang maksimal. Selain itu, orang tua juga dapat melakukan kegiatan- kegiatan kreatif dan permainan- permainan di rumah yang disarankan.

Disamping orang tua, guru adalah salah satu seorang yang terpenting bagi generasi muda yang mempunyai kecerdasan masing- masing dari hasil MIR tersebut. Baik guru maupun orang tua selalu mengharapkan hal yang terbaik untuk anak mereka. Harapan terbesar orang tua dan guru diletakkan pada generasi muda.

Sejatinya orang tua dan guru saling bekerjasama dengan baik untuk tercapainya harapan - harapan yang dimaksud. Salah satunya mewujudkan generasi muda yang berkualitas dan mampu cakap dalam bidang masing- masing.

Di lingkungan keluarga, kasih sayang, motivasi, dan teladan dari  orang tua untuk generasi muda sangat penting. Kemudian ditunjang dengan beberapa fasilitas dari orang tua, misalnya ketersedian kenyaman dalam lingkungan keluarga dan menyekolahkan generasi muda tersebut di tempat yang sesuai dan baik. Di samping itu adanya kontrol dari orangtua tentang kegiatan dan karakter generasi muda juga diperlukan. Semua itu akan menunjang kualitas dari generasi muda itu sendiri.

Pada lingkungan sekolah, dominan kecerdasan yang berbeda- beda tiap generasi muda mengharuskan guru diharuskan menjadi teladan yang baik dan mampu memberikan inspirasi bagi perkembangan intelektual generasi muda. Seorang guru akan mencari jalan agar generasi muda yang ia didik mampu mengembangkan kecakapan/ potensinya, baik kecakapan kognitif, kecakapan afektif, dan kecakapan psikomotorik. Sehingga generasi muda mampu mandiri dan memenuhi tugas yang seharusnya dilakukan oleh generasi muda, baik untuk keluarga, lingkungan sekitar, negara bahkan dunia.

Generasi muda yang berkualitas haruslah memiliki ketaatan dan keimanan kepada Tuhan yang kuat disertai dengan perilaku dan karakter luhur serta kecintaan terhadap NKRI. Hal ini dapat tercerminkan dalam beberapa kegiatan di sekolah, seperti kegiatan upacara bendera, berdiskusi, pelaksanaan sholat dhuha berjamaah, dan berdo'a bersama, kunjungan ke beberapa tempat yang mengedukasi dan lain sebagainya.

upacara bendera membentuk generasi yang cinta tanah air
Upacara Bendera menumbukan generasi muda yang cinta tanah air (dokumentasi sekolah)
Pembiasaan Sholat Dhuha berjamaah mempertebal keimanan generasi muda (dokumentasi sekolah)
Kunjungan ke ome industri kripik tempe menumbuhkan jiwa entrepeneur generasi muda (dokumentasi pribadi)

Generasi muda dengan kecerdasan masing- masing haruslah dibekali berbagai ilmu pengetahuan yang akan membentuk pola pikir luas dan pada akhirnya akan menumbuhkan karakter luhur sebagai cerminan diri.

Sebagai orangtua dan guru, mari kita berkolaborasi dan saling bekerjasama, sehingga generasi muda investasi masa depan akan benar- benar terwujud. Generasi ulung dengan dedikasi tinggi untuk membangun masa depan melalui prestasi nasional maupun internasional yang kelak  akan menjadi penerus bangsa yang akan mengembangkan berbagai aspek, baik aspek sosial, budaya, politik, ekonomi dengan dilengkapi moral/ karakter luhur, berakhlak mulia yang terbalut kuat dalam keimanan.