Gaji Kamu Kurang Cukup? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Cuan!

Gaji Kamu Kurang Cukup? Yuk, Lakukan 5 Hal Ini Biar Tetap Cuan!

Ilustrasi mengatur keuangan | Sumber: Unsplash (Alexander Mils)

Hayo, di sini siapa yang suka banget sama akhir bulan? Bagi seorang di lingkungan profesional, setelah penat bekerja selama paling tidak 24 hari dalam satu bulan, tentunya mendapatkan gaji menjadi bagian yang menyenangkan.

Sebenarnya, salary yang didapatkan karyawan bisa dikatakan ideal saat bisa memenuhi kebutuhannya sehari-hari. Namun, dengan persaingan ketat di dunia profesi saat ini, tidak semua orang mendapatkan gaji yang cukup untuk dirinya. Hal ini menyebabkan banyak dari kita yang mungkin akan merasa kesulitan di hari-hari menjelang gajian berikutnya.

Nah, jika SohIB memiliki problem yang sama, yuk, kita intip 5 cara untuk me-manage pemasukanmu agar tetap aman!

Baca juga: 5 Instrumen Investasi untuk Pemula, Pilih yang Mana?

Tentukan Skala Prioritas

Mengatur keuangan nggak akan jauh-jauh dari menentukan skala prioritas terlebih dahulu. Bila SohIB sudah bisa menemukan cara budgeting yang tepat, maka kamu bisa mengalokasikan dana dengan lebih bijaksana.

Menyusun budget yang paling sering digunakan pada saat ini adalah metode 50-30-20, di mana angka ini menunjukkan seberapa besar uang yang akan kita bagi untuk kebutuhan hidup. Berikut adalah perinciannya:

  • 50% untuk kebutuhan pokok, termasuk uang pulsa, makan, bensin, internet, dan lainnya.
  • 30% untuk kebutuhan pribadi, self reward, healing, dan sebagainya.
  • 20% untuk dana darurat, menabung, dan investasi

Dengan demikian, kamu akan lebih tenang saat harus mengeluarkan uang untuk jajan sekalipun, karena everything is on budget! Btw, beberapa waktu lalu, ada sebuah trend yang cukup populer, yakni menggunakan wallet organizer sebagai pengatur keuangan. Apakah kamu sudah pernah mencoba?

Baca juga: WFH vs WFO, Pilih Mana?

Sisihkan Tabungan di Awal Bulan

PiggyBank
Menyisihkan tabungan di awal bulan akan mengamankan keuangan kita | Sumber: Unsplash (PiggyBank)

Please deh, guys, jangan pernah menghambur-hamburkan uang begitu SohIB sudah menerima salary! Selain ini hanyalah kesenangan yang sesaat, bayangkan bagaimana kamu akan menjalani hidup sampai bulan depan? Saran terbaik adalah sisihkan segera sebagian uangmu dengan budgeting yang sudah SohIB tentukan begitu gajimu sudah ditransfer. Dijamin, kamu akan secara otomatis mengontrol diri untuk berboros-boros ria!

Jangan Berlebihan untuk Self Reward

Iya, kedoknya sih, mau self reward karena sudah berjuang, tetapi yang ada malah keterusan, waduh! Alasan memberikan hadiah untuk diri sendiri atas hasil kerja keras kita memang tidak salah kok, asalkan tidak berlebihan.

Jika SohIB senang menyenangkan diri dengan membeli makanan, belilah yang kamu paling inginkan satu kali dalam seminggu, kemudian berhematlah di waktu yang selanjutnya. Memanaj uang juga bisa dengan cara tidak sering-sering pergi ke pusat perbelanjaan atau scrolling market place. Intinya, jangan pancing diri kita dengan sengaja. Ssebenarnya, keinginan untuk memiliki sesuatu bisa datang dengan sendirinya dan akan lebih mudah untuk dikontrol bila tidak pemicunya sedikit.

Belajar Investasi

Cung tangan siapa yang sudah belajar investasi? SohIB ucapkan selamat, ya! Dewasa ini, banyak lo, anak muda yang mulai melek dengan investasi untuk mengamankan dananya. Apalagi, sekarang banyak sekali instrumen investasi yang tersedia secara online, terpercaya, dan mudah kita operasikan.

Memang, tidak semua alat investasi bisa menghasilkan dalam waktu singkat, beberapa akan lebih terasa dampaknya untuk beberapa tahun ke depan, contohnya emas. Namun, dengan memahami ilmunya secara cermat, kamu justru akan sangat ‘pelit’ untuk berfoya-foya dan lebih memilih menabungkan gajimu untuk masa depan. 

Cari Penghasilan Tambahan

Thanks to technology, kini mencari passive income pun bisa kita lakukan dari rumah! Dengan adanya Work From Anywhere (WFA), peluang seseorang untuk bisa memiliki penghasilan tambahan semakin terbuka lebar. Apalagi, pilihannya pun beragam, dari jasa mengetikkan tulisan, menjadi penulis freelance, hingga menjadi reseller. Pilih yang sesuai dengan bidang dan minatmu, tumbuhkan juga keahlian yang baru agar dirimu semakin berkembang!

Baca juga: Belajar Investasi, yuk!

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)