Mari Kita Menuju Yang Lebih Baik Pada Masa Pandemi

Mari Kita Menuju Yang Lebih Baik Pada Masa Pandemi

Menjadi Lebih Baik | Unsplash (Ian Taylor)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi #SohIBBerkompetisiArtikel

Sebelum melangkah lebih jauh, Apa Sih yang dimaksud dengan pandemi?

Menurut KBBI pandemi adalah (pandemi/pan·de·mi/ /pandémi/ n wabah yang berjangkit serempak di mana-mana, meliputi daerah geografi yang luas). Sedangkan dikutip ABC News, pandemi adalah epidemi global. Epidemi sendiri dapat diartikan sebagai wabah atau peningkatan kasus penyakit dengan skala yang lebih besar.

Siapa yang pernah menyangka bahwa pandemi sudah 2 tahun lebih menjalani Pandemi ini semenjak pandemi memasuki Indonesia. yaitu pandemi Covid-19. Dalam pandemi ini coba kalian bertanya pada diri kalian sendiri. Apakah kalian merasa dalam pandemi kalian kurang produktif atau merasa malas untuk beraktivitas mungkin coba kalian mengingat kembali apa yang sudah aku lakukan dalam pandemi ini atau hal apa yang sudah aku berikan manfaat untuk diri sendiri dan orang lain, atau mungkin hanya rebahan di tempat tidur tanpa beraktivitas sedikitpun. 

Kondisi demikian, menuntut kita untuk terus menyesuaikan diri. Beradaptasi dengan kebiasaan yang baru salah satunya adalah bekerja dari rumah atau Studi from Home (SFH).  Walaupun harus belajar dari rumah (SFH) kita harus tetap bekerja secara aktif, produktif, dan kreatif.  Mengenai hal tersebut hal kali ini saya akan membagikan beberapa tip agar kalian sedikit produktif pada masa pandemi ini. Minimal memberikan manfaat pada diri sendiri.

Ada beberapa tip yang bisa dilakukan agar tetap produktif saat berkerja di rumah.

Dilansir dari Kementrian Keuangan Republik Indonesia (KEMENKEU) ada beberapa hal yang harus dilakukan agar tetap produktif pada masa pandemi ini.

  1. Membuat Jadwal Harian
    Jadwal Harian
    Jadwal Harian | Unsplash (Thomas Bormans)

Buatlah jadwal harian atau daftar apa yang kalian harus lakukan hari ini yang harus diselesaikan setiap hari.  Hal ini akan memudahkan untuk fokus sehingga dapat dijadikan panduan untuk mengetahui apa yang harus dikerjakan sekarang dan nanti sehingga tugas dapat terselesaikan secara menyeluruh. Sehingga tidak ada lagi tanggungan pekerjaan pada hari itu.

  1. Menentukan Ruang Kerja
    Ruang Kerja
    Ruang Kerja | Unsplash (Huy Nguyen)

Agar saat bekerja ada tetap fokus dan sukses menyelesaikan tugas hari itu juga kalian harus menentukan tempat yang membuat anda nyaman untuk bekerja, sehingga tugas dapat terselesaikan. Jauhkan dari segala godaan. Misalnya, usahakan jauh dari tempat tidur sehingga dapat menjauhkan dari godaan empuknya kasur.

  1. Disiplin dengan Waktu
    Disiplin Waktu
    Disiplin | Unsplash (Luke Chesser)

Bekerja dari rumah kalian harus disiplin karena di dalam rumah tidak ada guru maupun atasan yang menjaga kalian sehingga kalian harus dapat mengatur sehingga tugas kalian dapat terselesaikan dan kalian dapat berkarya dan terus produktif.

  1. Jangan Banyak Menggunakan Gadget
    Menjaga Penggunaan Handphone
    Menjaga penggunaan Gadget | Unsplash (Yogas Design)

Telepon Genggam atau Handphone mungkin akan menjadi salah satu sumber godaan tersendiri saat melakukan pekerjaan di rumah. Maka dari itu kita harus berusaha untuk menaklukkan diri dalam menggunakan handphone. Gunakan handphone secukupnya ketika berada pada jam kerja.

  1. Menghirup Angin Segar dan Menjaga Jumlah Makan
    Menjaga Makan
    Makan Sesuai Porsi | Unsplash (Louis Hansel)

Sekadar menghirup udara segar untuk pergi ke halaman depan atau belakang rumah dapat membantu menghilangkan kebosanan dengan suasana kerja yang mungkin sedikit monoton. Menjaga asupan gizi juga sangat penting untuk menjaga kebugaran tubuh. Pastikan sarapan yang kalian konsumsi itu sehat dan sempatkan untuk istirahat makan siang sesuai jam istirahat di tempat kita kerja maupun belajar.

  1. Berolahraga
    Berolahraga
    Berolahraga | Unsplash (Gabin Vallet)

Walaupun saat ini sedang dilanda pandemi jangan lupa untuk menyempatkan beberapa menit saja untuk berolahraga agar tubuh tetap fit. Olahraga sangat dibutuhkan untuk menjaga kebugaran dan meningkatkan kekebalan tubuh terhadap penyakit. Sehingga kita terus bugar dan dapat mengerjakan pekerjaan dengan baik dan tuntas pada waktunya.

Sistem belajar maupun kerja daring ini memang membatasi interaksi kita, namun bukan berarti membatasi kita untuk terus berkarya. Di dalam pandemi ini kali kalian mungkin juga bisa menambah kreativitas dalam waktu kosong agar nanti dapat menambah penghasilan dengan memanfaatkan jual beli daring, serta dalam pandemi ini kalian dapat mengikuti lomba yang agar dapat mengikuti lomba yang sekarang tidak dapat dimungkiri bahwa lomba akan kemungknan besar diadakan secara daring atau daring. Banyak sekali berbagai instansi dan berbagai jenis kompetisi nasonal dan internasional yang dikonteskan. Dengan sering mengikuti berbagai kompetisi, selain dapat memanfaatkan waktu yang terbuang cuma-cuma. Kalian juga dapat meningkatkan semangat juang, menambah pengalaman, mengasah skill/kemampuan, mendapatkan piala, sertifikat, uang pembinaan dan memperluas jaringan. Hal ini tentunya bisa dijadikan motivasi kuat agar terus bersemangat dan berprestasi dalam menjalani pandemi ini. Atau mungkin jika kalian memiliki keahlian khusus kalian dapat membuka kursus agar dapat penghasilan agar kalian dapat mengenali sendiri dan memiliki tujuan kedepannya.

Dalam pandemi ini coba kalian berbicara atau mengeluh mengenai masalah kalian selama ini agar rasa kekeluargaan lebih terjaga atau mungkin bisa menumbuhkan yang mungkin dulunya hilang karena aktivitas pergi masuk rumah yang begitu padat sehingga kalian tidaka sempat melakukan hal kekeluargaan menjadi lebih hangat. Ini mungkin salah satu cara agar rasa kekeluargaan lebih terasa akrab dan hangat. Mungkin dengan begitu orang tua kalian akan memberikan karena mereka lebih banyak mengalami masalah dan cara menyelesaikan daripada kita. Semoga dengan hal-hal yang saya sampaikan di atas dapat membantu kalian menjadi lebih baik. (MB)