Mangkuk Ayam Jago di Google Doodle Hari Ini, Berikut Fakta Uniknya!

Mangkuk Ayam Jago di Google Doodle Hari Ini, Berikut Fakta Uniknya!

Mangkuk ayam jagi hiasi Google Doodle hari ini | Sumber: dok. SohIB

Ada yang berbeda dengan wajah Google Doodle hari ini, Senin (12/9/2022). Yup, bila kamu melihat di halaman utama web browser tersebut, SohIB pasti akan dengan mudah menjumpai ikon “Mangkok Ayam” yang sudah sangat melegenda sejak dulu. Nggak hanya itu saja, bila gambar ini diklik, maka mangkuk ayamnya akan berputar-putar dan menampilkan animasi seolah-olah sang ayam jantan di dalam alat makan itu sedang berlari.

Sebenarnya, atas dasar apa sih, Google membuat doodle-nya hari ini dengan gambar tersebut? Apa ya, arti dari bunga peony dan daun pisang di samping kanan dan kirinya itu? Sejauh mana yang sudah kamu ketahui tentang gambar yang sering menjadi penghias mangkok kuah abang bakso dan mie ayam ini? Yuk, kita cari tahu!

Baca juga: Ini Pahlawan Indonesia yang Namanya Diabadikan di Luar Negeri!

1. ‘Mangkuk Ayam Jago’ Bukan dari Indonesia

Hah serius? Yes, di usia berapa kamu baru tahu bahwa desain mangkok bergambar ayam jantan ini sebenarnya bukan buatan negara kita? Dibuat dari kawasan Lampang, Thailand, alat makan tersebut mulai lahir sekitar tahun 1975. Daerah Lampang memang terkenal memiliki mineral tanah liat yang berlimpah, sehingga sangat cocok dijadikan tempat industri keramik.

Menurut Google, warga Lampang kemudian menjadi sejahtera karena adanya produksi massal ‘mangkuk ayam’ ini.

2. Disahkan Oleh Hukum Perdagangan Internasional

Pemerintah Thailand sejak tahun 2013 lalu telah mendaftarkan desain ‘mangkuk ayam jago’ sebagai “Geographical Indication Product of Lampang” dan sudah resmi disetujui oleh Hukum Perdagangan Internasional, lo! Oiya, sebab musabab Google menjadikannya ikon hari ini karena tanggal 12 September 2013 adalah waktu di mana ‘mangkuk ayam’ disahkan sebagai produk dari Lampang. Oleh karena itu, judul Google Doodle-nya adalah “Celebrating the Rooster Bowl”.

3. Simbol Keberuntungan

Pada pembuatan aslinya, ikon ayam jantan digambarkan sebagai hewan pekerja keras. Sedangkan tambahan gambar bunga peony merah dan daun pisang memiliki arti ‘mimpi keberuntungan’.

4. Sering Dikira Milik Indonesia

Benar banget, hampir semua masyarakat Indonesia pasti pernah mengira mangkok ini buatan asli lokal. Terlebih lagi, ‘mangkuk ayam jago’ memang sudah sering dipakai, bahkan mungkin sejak orang tua kita masih mudah dan identik digunakan untuk menyajikan makanan khas Indonesia. Sebut saja bakso, soto, bubur ayam, mie ayam, dan makanan berkuah lainnya. Semoga setelah membaca artikel ini, SohIB nggak salah lagi, ya!

Baca juga: 5 Kain Indonesia yang Mendunia, Ada yang dari Daerahmu?

5. Karya Aslinya Menjadi Barang Langka

Kamu nggak salah dengar kok, SohIB! Meskipun saat ini kamu bisa menemukan alat makan dengan desain seperti ini dengan mudah, nyatanya tidak berarti itu adalah ilustrasi aslinya. Faktanya, hanya sedikit produsen ‘mangkuk ayam jago’ yang masih bertahan untuk memproduksi sesuai bahan tradisional dan desainnya. Karena itu, jika kamu sampai menemukan ‘mangkok aslinya’, barang tersebut termasuk koleksi langka, lo!

6. Hak Paten Merek “Mangkuk Ayam Jago” di Indonesia

Ssst.. tahu nggak bila di Indonesia, gambar fenomenal ini sudah dipatenkan pemegang mereknya oleh PT. Lucky Indah Keramik, lo! Dalam Sertifikat Pendaftaran Merek Nomor IDM00366635 kelas 21, tercatat bahwa perusahaan tersebutlah yang berhak menggunakan dan menjual barang-barang seperti set alat makan, gelas, cangkir, hingga vas bunga dengan lukisan tersebut.

So, kamu harus hati-hati apabila menemukan piring atau mangkuk yang keterangannya bukan dari PT. Lucky Indah Keramik! Jangan-jangan ilegal, nih! Bisa dikenai denda, lo!

7. Tersebar Luas di Kawasan Asia

Mangkuk ini sebenarnya memiliki sejarah yang cukup panjang. Namun, pada intinya adalah meski disebarluaskan di negara China, tetapi sebenarnya tetaplah Lampang, Thailand penghasil yang sebenarnya.

Nah, konon katanya para imigran China menyebarluaskan mangkuk bermotif ayam jago ini ke penjuru Asia Tenggara, seperti Malaysia, Vietnam, hingga Jepang dan Korea Selatan.

8. Bahan Kuat dan Tahan Lama

Produk kelahiran Lampang ini dikenal memiliki ketahanan yang sangat baik dan ketebalan yang cukup. Tak hanya itu saja, orang-orang jadi mudah memakan makanan dengan ‘mangkuk ayam jago’ karena gampang diangkat dengan satu tangan dan harganya murah meriah.

So, itu tadi 8 fakta unik tentang mangkok ayam jago. Bagaimana menurut SohIB, apakah cukup menarik?

Baca juga: 5 Warisan Budaya Indonesia yang Diakui UNESCO (Part II)

Jangan lupa untuk terus ikuti artikel-artikel seru lainnya hanya di sohib.indonesiabaik.id, ya! Banyak lo, informasi menarik nan lengkap yang harus banget kamu baca. Nggak hanya itu aja! Jika kamu memiliki passion di bidang kepenulisan dan ingin senantiasa berkembang, join jadi kontributor SohIB dan dapatkan banyak benefit-nya!

Oiya, SohIB.id juga punya komunitas keren yang selalu aktif memberikan berbagai pelatihan, webinar, diskusi, dan bagi-bagi merchandise cantik, lo! Skuy, langsung gabung aja di sini! So, sampai berjumpa lagi dan salam Sobat Baik Indonesia Hebat! (AJ)