5 Manfaat Teamwork untuk Pengembangan Diri, Asah Komunikasi!

5 Manfaat Teamwork untuk Pengembangan Diri, Asah Komunikasi!

Manfaat Teamwork untuk Pengembangan Diri | Sumber: Pexels (fauxels)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

Teamwork adalah proses belajar secara kolaboratif yang melibatkan sekelompok orang untuk mencapai tujuan tertentu. Dalam dunia kerja, soft skill ini menjadi salah satu requirement yang diinginkan oleh banyak perusahaan.

SohIB pasti sudah akrab dengan teamwork semasa sekolah atau kuliah, bukan? Contohnya saat melakukan kerja kelompok, kerja sama tim penting untuk menyelesaikan pekerjaan agar lebih efektif dan efisien.

Bukan hanya itu, masih ada banyak manfaat teamwork untuk pengembangan diri lainnya yang akan SohIB dapatkan. So, tanpa berlama-lama, langsung saja simak penjelasannya berikut ini, yuk!

1. Menumbuhkan Empati

Manfaat teamwork untuk menumbuhkan empati
Teamwork bermanfaat untuk dapat menumbuhkan empati. | Sumber: Freepik (pressfoto)

Kamu pasti merasa sedih saat orang lain tidak memahami perasaanmu, ‘kan? Atau, mungkin kamu yang justru kesulitan dalam memahami orang lain. Empati atau kemampuan memahami orang lain memang nggak mudah dilakukan karena setiap orang punya cara berpikir masing-masing.

Meskipun begitu, empati sangatlah penting untuk menciptakan hubungan yang jauh lebih harmonis. Keterampilan dasar sebagai makhluk sosial ini bisa kamu dapatkan melalui teamwork. Kerja sama tim mengajarkanmu untuk peduli terhadap apa yang menjadi keinginan dan kepentingan orang lain. Dengan teamwork, kamu juga akan terbiasa untuk mendengarkan orang lain.

2. Meningkatkan Growth Mindset

Manfaat teamwork untuk meningkatkan growth mindset
Teamwork dapat meningkatkan growth mindset. | Sumber: Freepik (lifestylememory)

Buku Success Through Mindset (2018) karya Sten Morgan menyebutkan, seseorang dengan growth mindset akan memiliki kesempatan yang lebih besar untuk sukses. Pertanyaannya, apakah kamu adalah orangnya? Kalau kamu masih enggan belajar dari kesalahan, itu artinya kamu belum punya growth mindset, nih.

Growth mindset atau pola pikir berkembang sangat menghargai proses dan menjadikan kegagalan sebagai pelajaran. Kamu bisa mendapatkan pola pikir orang sukses ini dengan kerja sama tim. Melalui proses dalam teamwork, kamu dapat membiasakan diri untuk menikmati jalannya pembelajaran. Berbagai kritik dan masukan dari rekanmu juga akan membuatmu terus berkembang.

Baca Juga: Ciptakan Generasi Muda Yang Unggul Dengan Growth Mindset

3. Menciptakan Personal Humility

Manfaat teamwork untuk menciptakan personal humility
Teamwork dapat menciptakan personal humility. | Sumber: Freepik (jcomp)

Humility menjadi salah satu faktor yang memungkinkan seseorang untuk memiliki growth mindset. Dalam bahasa Indonesia, humility sendiri diartikan sebagai kerendahan hati, tetapi juga dapat dimaknai sebagai kemampuan untuk menyadari keterbatasan diri.

Hubungan timbal balik dalam teamwork membuatmu sadar adanya keterbatasan dalam dirimu. Memiliki sifat ini bukan berarti menjadikanmu sebagai orang yang mudah menyerah.

Malah sebaliknya, sifat humility akan membuatmu menjadi orang yang bijaksana. Jim Collins dalam bukunya yang berjudul Good to Great (2001) bahkan menyatakan bahwa tingkat kepemimpinan yang paling tinggi adalah pemimpin yang punya personal humility.

4. Melatih Komunikasi

Teamwork bermanfaat untuk mengasah skill komunikasi
Teamwork bermanfaat untuk mengasah skill komunikasi. | Sumber: Pexels (fauxels)

Manfaat teamwork berikutnya adalah komunikasi. Kemampuan ini krusial dalam dunia profesional maupun kehidupan sehari-hari. Salah satu cara untuk mengasahnya adalah dengan terlibat dalam sebuah kerja sama tim.

Interaksi yang intens dan terus-menerus dengan anggota tim akan membuatmu terbiasa untuk menyampaikan pendapat. Bukan cuma komunikasi yang sifatnya formal, dengan teamwork, kamu juga bisa melatih keluwesan dalam berkomunikasi agar dapat membangun keakraban.

5. Memperluas Pandangan

Manfaat teamwork untuk memperluas pandangan
Teamwork bermanfaat untuk dapat memperluas pandangan. | Sumber: Pixabay (Pexels)

Siapa yang masih suka cara kerja yang individualis? Nyatanya, sendirian justru membuat kemampuanmu stagnan dan tidak berkembang, lo! Kamu menjadi terpusat hanya pada pemikiranmu tanpa bisa mempertimbangkan sudut pandang lain.

Karena itu, kamu perlu memperluas pandanganmu terhadap segala sesuatu. Selain banyak membaca buku, dengan teamwork pun, kamu akan mendapatkan banyak insight baru melalui cara berpikir rekan-rekanmu. Selain itu, kerja sama tim juga mengajarkanmu untuk bisa menangkap perspektif baru sekaligus menyampaikannya pada banyak orang.

Baca Juga: Hindari Kebiasaan Buruk Ini Saat Bekerja!

Bagaimana, jadi nggak ragu lagi untuk bekerja dalam tim, kan? Kalau kamu masih berpikir teamwork itu merepotkan, sebaiknya segera hilangkan, ya. Pasalnya, ada banyak manfaat teamwork untuk pengembangan diri. Tentu semua manfaat tersebut bisa dirasakan jika kamu bersungguh-sungguh dalam melakukannya.

Kamu juga dapat mengembangkan diri dengan mengikuti berbagai workshop, talk show, dan pelatihan di Komunitas SohIB. Ada banyak topik terkait upskilling dan self development yang bisa kamu pelajari di sana. Komunitas ini juga suka bagi-bagi hadiah menarik, lo! Tunggu apa lagi? Join sekarang juga, yuk!

Editor: Fria Sumitro