Manfaat dari Solo Travelling, Bikin Percaya Diri!

Manfaat dari Solo Travelling, Bikin Percaya Diri!

Solo-Travelling | Sumber: Unsplash.com (@mantashesthaven, 2016)

Travelling merupakan salah satu kegiatan untuk mengunjungi berbagai daerah, mulai dari lokal atau luar negeri. SohIB yang hobi jalan-jalan pasti selalu membuat itinerary atau agenda perjalanan agar tidak melewatkan taman wisata populer dan memperhitungkan anggaran yang dibutuhkan, bukan?

Namun, apakah pernah terlintas di benak SohIB untuk berlibur sendirian? Mungkin masih tidak terbayang bagaimana keseruan liburan yang sesungguhnya, tetapi ternyata ada beberapa manfaat melakukan solo travelling. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini!

1. Dapat Menikmati Kebebasan Sejenak dari Pertemanan

 Kebebasan | Sumber: Unsplash.com (@jasonhogan, 2018)

Saat berdiskusi tentang agenda liburan bersama teman-teman, ada kalanya kita merasa agenda perjalanan terlalu padat, budget terlalu tinggi, dan sebagainya. Nah, mungkin SohIB punya budget tertentu, sehingga tidak ada salahnya mencoba berkelana sendiri agar dapat menikmati tempat wisata baru secara bebas. Alasannya adalah karena SohIB bisa mengatur sendiri jadwal liburan, seperti penginapan, makanan, transportasi, dan tempat wisata.

Solo travelling dapat meningkatkan kemampuan memanajemen waktu, keuangan, serta mengorganisir setiap kegiatan agar lebih tertata rapi, akurat, dan presisi sesuai dengan perencanaan diri sendiri.

2. Bertemu Orang Baru Menjadikan Pribadi yang Lebih Berani

Berkenalan dengan orang baru | Sumber: Unsplash.com (Kelsey Chance, 2018)

Tempat wisata merupakan tempat yang banyak dikunjungi oleh turis lokal maupun mancanegara. Apabila SohIB  tersesat, warga lokal siap membantu menunjukkan arah destinasi wisata alam. Secara otomatis, terjadi interaksi baru yang memerlukan penggunaan bahasa daerah.

Beberapa pelancong asing yang dijumpai biasanya juga meminta tolong untuk take a pic, sehingga SohIB dapat melatih keberanian berbincang menggunakan bahasa asing secara tidak langsung, seperti bahasa Inggris. Komunikasi tersebut akan menambah koneksi, relasi pertemanan, dan memperoleh pengalaman berharga yang tak terlupakan.

3. Lebih Percaya Diri dan Mandiri

Percaya diri dan mandiri | Sumber: Unsplash.com (Daria Mamont, 2020)

Reservasi penginapan dibatalkan karena penuh merupakan kondisi di luar kendali dan memaksa kalian mencari penginapan lain secara sigap dan cepat. Kejadian saat solo travelling membuat SohIB percaya dengan kata hati kecil dan menemukan solusi dengan lebih mandiri tanpa bergantung pada orang lain sepenuhnya.

Kepercayaan diri dan kemandirian yang telah terlatih dapat digunakan saat mengambil keputusan secara tegas tanpa paksaan orang lain di kehidupan sehari-hari.

Tips Solo Travelling bagi Para Wanita

Solo travelling tidak hanya untuk self-healing, tapi SohIB juga dapat banyak manfaat yang beragam bagi diri sendiri. Tidak ada salahnya untuk mencoba sekali seumur hidup. Namun, apakah solo travelling aman bagi para wanita? Berikut ini adalah beberapa tips agar perjalanan selalu aman dan nyaman. Simak dulu ya, ladies.

1. Riset Destinasi Wisata dan Pilih Penginapan

Meriset dan Mencatat Destinasi Wisata | Sumber: Unsplash.com (@thoughtcatalog, 2017)

SohIB Ladies perlu mencari tahu informasi tempat wisata yang akan dikunjungi, seperti protokol kesehatan, intensitas keramaian oleh pengunjung, dan aksesibilitas transportasi/ akomodasi menuju tempat wisata.

Kamu juga perlu memastikan tanggal keberangkatan kalian, apakah saat di tanggal merah, akhir pekan, atau hari biasa. Memilih penginapan yang berada di lokasi strategis sangat penting demi keamanan. Melakukan riset destinasi wisata bisa dilakukan seminggu atau bahkan dua minggu sebelum keberangkatan. Kamu ekaligus dapat membuat agenda perjalanan (itinerary) dengan harapan solo travelling berjalan lancar, aman, nyaman, dan menyenangkan.

2. Mengemas Barang Bawaan

 Mengepak Barang | Sumber: Unsplash.com (Arnel Hasanovic, 2018)

Sangat disarankan untuk membawa barang bawaan dalam kemasan travel kit, seperti untuk peralatan mandi hingga skincare. Tujuannya agar lebih tertata di dalam koper. Jangan lupa bawa cadangan baju untuk berjaga-jaga apabila ada kondisi di luar rencana dan kantong plastik apabila kalian mudah mabuk perjalanan. Hal paling penting adalah selalu sedia uang tunai dan kartu ATM.

3. Meminta Izin dan Selalu Mengabari Keluarga

Memberi kabar kepada keluarga | Sumber: Unsplash.com (@epicantus, 2017)

Sebelum berangkat liburan, SohIB perlu menginfokan ke mana kalian akan pergi dan tentu saja meminta izin kepada orang tua. Hal penting lainnya adalah keep in touch atau selalu memberi kabar secara berkala kepada keluarga. Terlebih lagi bagi para wanita, apabila kalian menempuh perjalanan selama lebih dari 4 jam, maka usahakan untuk memberi informasi di mana kalian berada saat ini.

4. Tetap di Keramaian

Bagi para wanita yang hobi travelling, kalian akan merasa aman apabila tidak melewati jalanan sepi. Hal tersebut demi menghindari hal yang tidak diinginkan. Jalanan sepi telah menjadi tempat berkumpulnya penjahat, mulai dari pencopet, begal, bahkan penjahat seksual.

Kalian harus tetap selalu waspada dan barang bawaan, sehingga disarankan untuk tidak pulang terlalu malam atau tidak lewat di atas jam 7 malam. Jika memungkinkan, bawalah alat pertahanan diri, seperti semprotan merica yang banyak dijual di e-commerce agar merasa safety.

Apakah kalian sudah siap kembali untuk travelling setelah lebaran? Seperti kata penyanyi Tulus, "Hati-hati di Jalan. Semoga sampai tujuan dengan selamat."

If you don’t get out of the box you’ve been raised in, you won’t understand how much bigger the world is” – Angelina Jolie