NFC di Smartphone, Ini Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

NFC di Smartphone, Ini Manfaatnya untuk Kehidupan Sehari-hari

seorang pria sedang menggunakan smartphone menggunakan pembayaran NFC | Sumber: Unsplash (Nathana Rebouças)

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi

NFC memiliki banyak fungsi yang dapat memudahkan kehidupanmu sehari-hari. Salah satunya adalah dapat digunakan sebagai sistem pembayaran di beberapa merchant. Kamu hanya perlu menyentuh NFC di smartphone-mu ke mesin pembayaran di merchant tersebut, maka pembayaran akan selesai dilakukan.

Namun, untuk melihat lebih detail apa itu NFC dan seberapa penting untuk dimiliki, yuk, check dulu artikel berikut ini!

Apa itu NFC?

Pembayaran seluler menggunakan terminal pembayaran | Sumber: Unsplash (Jonas Leupe)

NFC adalah singkatan dari Near Field Communication, merupakan suatu inovasi teknologi yang berperan menghubungkan antarperangkat. Biasanya, diperlukan minimal 2 perangkat berupa penangkap sinyal serta transmitter. Tidak hanya itu, fitur ini tidak memerlukan koneksi internet sehingga bisa digunakan kapan saja.

Usia NFC dapat dibilang sangat muda dibanding bluetooth, WiFi, serta infrared. Akan tetapi, teknologi ini sebetulnya bukan barang baru. Singkatnya, NFC digagas oleh 2 perusahaan, yakni Sony serta Philips Semiconductors pada 2002.

Teknologi ini diciptakan oleh perusahaan Sony dan Philips dengan tujuan untuk digunakan dalam industri periklanan, melakukan identifikasi, autentikasi, dan pelacakan. Setelah paten dan garis besar teknisnya dibuat, forum NFC dibentuk dan Nokia pun bergabung.

Fitur NFC pertama kali muncul di ponsel Nokia, sebelum popularitas Android dan iPhone semakin meningkat seperti saat ini. Namun, menariknya ponsel pertama yang menggunakan NFC tidaklah Nokia, melainkan Panasonic P506iC yang diluncurkan pada tahun 2004.

Cara kerja NFC sebenarnya sederhana. NFC menggunakan medan radio elektromagnetik dengan frekuensi khusus 13.56 MHz pada jarak kurang dari 10 cm. Hal ini yang membuatnya berbeda dari bluetooth serta WiFi. Lantaran keduanya menggunakan transmisi radio pada radius yang luas.

Salah satu guna terbaik NFC ialah sebagai perantara pembayaran. SohIB dapat menyimpan informasi kartu kredit dalam aplikasi semacam Qris Pay, metode pembayaran Paypal, serta tinggal mendekatkan ponsel ke dekat halte pembayaran ketika diperlukan. Tanpa wajib mengeluarkan kartu fisik, menggesek, dan memasukkan PIN atau tanda tangan, pembayaran berjalan dengan kilat.

Selain itu, NFC berfungsi sebagai pengganti kartu akses gedung atau kartu transportasi umum. Cukup dengan melakukan tapping NFC di smartphone-mu ke mesin yang telah disediakan, maka SohIB dapat masuk ke gedung atau naik transportasi umum tersebut.

Teknologi terbaru ini biasanya dipakai sebagai sistem pengenal yang aman. Kamu dapat menyimpan informasi login di NFC hapemu sehingga tidak perlu mengetikkan password setiap kali ingin masuk ke suatu aplikasi atau website. Tentunya, ini sangat memudahkan jika kamu sering lupa kata sandi atau tidak ingin mencatat password di suatu tempat yang dapat dilihat oleh orang lain.

Hal menarik dari penggunaan NFC adalah pemiliknya bisa bertukar informasi dengan orang lain. Misalnya, kamu dapat mentransfer kontak nomor, foto, atau dokumen ke gadget orang lain dengan NFC smartphone-mu. Ini sangat memudahkan jika SohIB tidak memiliki kabel atau tidak ingin mengirim data melalui e-mail atau WhatsApp.

Jadi, bisa dibilang NFC memiliki banyak manfaat yang bisa membantu kita dalam kehidupan sehari- hari. Fitur ini sudah mulai menjadi layanan standar buat setiap smartphone baru yang dikeluarkan.

Beberapa brand telepon seluler ternama yang telah mengeluarkan beragam HP Android murah yang sudah dilengkapi NFC, seperti Infinix, Xiaomi, Samsung, hingga Realme. Bila kalian sedang mencari smartphone dengan fitur NFC, pilihlah jenis yang cocok dengan kebutuhanmu dan sesuai budget yang sudah ditetapkan.

Apa 7 Fungsi NFC pada Smartphone?

Seorang Menggunakan kartu kredit saya dengan Apple Pay
Seorang menggunakan kartu kreditnya dengan Apple Pay | Sumber: (Unsplash) CardMapr.nl

1. Terkoneksi dengan WiFi

Beberapa tempat, kayak hotel, menyediakan alat yang namanya WiFi porter. Alat ini membuat kamu langsung bisa mengakses WiFi yang diperuntukkan buat umum itu tanpa butuh mengisi kata sandi. Cukup dengan melekatkan smartphone ber-NFC, koneksi WiFi bakal langsung terhubung.

2. Berbagi Gambar dan Video

Fungsi NFC pada HP yang lain ialah mampu mengirim gambar serta video secara nirkabel. Caranya justru lebih simpel, cukup tempelkan bagian belakang HP ke logo NFC di perangkat dengan NFC. Fitur ini mempermudah SohIB yang ingin memindahkan gambar serta video berukuran besar dalam waktu singkat. Btw, kamera DSLR kelas profesional, mirrorless, dan printer umumnya telah dilengkapi NFC juga, lo!

3. Akses WiFi dari WiFi Porter

Pemilik WiFi dapat berbagi koneksi internet ke perangkat smartphone lain dengan saling mendekatkan bodi belakang dan melakukan pemindaian chip NFC. Poin ketiga ini sangat bermanfaat buat SohIB yang mau memberikan akses internet tanpa membagikan password.

Di beberapa tempat wisata, biasanya sudah menyediakan alat WiFi Porter. Dengan alat ini, pengunjung dengan HP ber-NFC dapat mengakses WiFi tanpa perlu memasukan password. Sangat praktis bukan?

4. Menjalankan Aplikasi di Smartphone Lain

Anggaplah kalian punya aplikasi A, begitu pula dengan temanmu. Saat kalian menginginkan menjalankan aplikasi yang sama, tetapi kamu tidak kunjung menemukan aplikasi itu di perangkatmu, lewat NFC, SohIB dapat langsung melaksanakan aplikasi tersebut tanpa perlu mencarinya lagi.

5. Dapat Berbagi Kontak

Fitur NFC mempermudah SohIB berbagi kontak nomor telepon, e-mail, atau data lainnya ke perangkat lain. Kontak yang dikirim akan otomatis tersimpan di daftar kontak serta dapat langsung dihubungkan atau di-sync ke WhatsApp.

6. Kirim Pembayaran Melalui Ponsel

SohIB mesti mengunduh dan memasang Google Pay terlebih dulu untuk melaksanakan pembayaran lewat ponsel yang memiliki NFC. Pasang aplikasinya serta pastikan perinci pembayaran kamu disimpan. Setelah itu, dekatkan ponselmu ke alat pindai pembayaran serta tekan "Bayar" untuk membayar.

Tidak hanya untuk pembayaran di tol, NFC dapat juga digunakan selaku alat pembayaran. Untuk yang menghendaki fitur ini sebagai alat pembayaran, kamu harus menggunakan aplikasi Android yang menunjang pembayaran via NFC. Di saat mau melakukan transaksi, SohIB hanya butuh scan dengan menempelkan bagian belakang HP Android ke sensor NFC di mesin kasir.

Lakukan pembayaran dengan menekan bagian belakang ponsel dengan perangkat apapun yang berlogo pembayaran, bisa ditemukan di mesin scan pembayaran, tiket transportasi umum, dan lain-lain.

7. Bisa Mengisi Daya HP Secara Wireless

Fungsi NFC terakhir ialah bisa mengisi ulang daya HP, di mana ide ini digagas pada tahun 2020 oleh forum NFC. Meski fitur ini sangat berguna, pada realitasnya, pengisian daya secara wireless dengan NFC masih belum menjamur. Apakah kamu sudah pernah merasakan kecanggihan yang satu ini?

Rahasia Teknologi NFC dalam Kehidupan Sehari-hari

1. Scan Informasi dari Smart Poster Digital

Fitur Smart Poster merupakan salah satu tipe media kreatif yang ke depannya diprediksi banyak digunakan oleh brand. Smart Poster mempunyai chip NFC di dalamnya sehingga dapat menampilkan konten promosi yang lebih dinamis. Di saat kamu melekatkan HP di chip NFC pada poster, kamu dapat terhubung dengan laman web atau pun konten promo spesial dari brand.

2. Mampu Berbagi Data Secara Bersamaan Melalui Android Beam

Teknologi Android Beam awal kali diperkenalkan di Android 4.0 (Ice Cream Sandwich). Dengan Android Beam, perangkat Android dapat berbagi informasi dalam jarak dekat. Ketika 2 HP Android dengan NFC bersebelahan, akan muncul notifikasi apakah kita mau berbagi konten semacam video, gambar, kontan, serta yang lain.

Sayangnya, teknologi Android Beam tidak berperan dengan baik. Google secara resmi menghentikan teknologi ini manakala meluncurkan Android 10 di tahun 2019. Android Beam digantikan oleh Nearby Share yang mengizinkan pengguna mendapatkan transfer informasi melalui bluetooth serta WiFi.

3. Bisa Mengoneksikan Speaker Secara Nirkabel

Speaker mobile saat ini banyak yang sudah tidak menggunakan kabel. Mayoritas speaker dapat dihubungkan ke smartphone dan gawai lainnya lewat bluetooth. Akan tetapi, terkadang terdapat banyak permasalahan yang ditemui saat menghubungkan speaker ke HP Android dengan bluetooth. Koneksi sinyal kadangkala drop dan suara kurang jernih.

Pengeras suara yang portable dn menunjang NFC berperan menyambungkan perangkat ke speaker, hanya dengan meletakkan HP di atas speaker. Koneksi nirkabel membuat jaringan lebih stabil serta jauh dari kendala sinyal.

4. Mengecek dan Mengisi Saldo Uang Elektronik

Sekarang ini, uang elektronik menjadi kelengkapan pembayaran yang digunakan untuk  naik transportasi umum dan belanja di minimarket. Pemerintah dan Jasa Marga bahkan mengharuskan cashless berupa e-money untuk membayar tol, lo! Sehingga, kini tidak ada lagi uang tunai untuk transaksi keluar-masuk tol. Tentunya, ini juga menghemat waktu dan solusi tidak antre panjang. Kamu juga dapat mengecek serta mengisi saldo kartu e-money kapan saja dan di mana saja.

Nah, itulah dia beberapa kegunaan NFC yang penting untuk diketahui. Banyaknya fitur yang ditawarkan oleh NFC terbukti mendukung aktivitas kita sehari-hari. Kelebihannya ini menjadikan fitur NFC sebagai salah satu fitur wajib yang harus ada di HP terkini. Semoga artikel ini dapat memberikan manfaat bagi para literasi digital yang ingin mengetahui seluk-beluk kecanggihan terknologi tersebut!