Manfaat Media Digital guna Membentuk Generasi Muda yang Unggul dan Berdaya Saing

Manfaat Media Digital guna Membentuk Generasi Muda yang Unggul dan Berdaya Saing

Teknologi Digital | unsplash.com: Marvin Meyer

#SobatHebatIndonesiaBaik

#JadiKontributorJadiInspirator

#BerbagiMenginspirasi

#SohIBBerkompetisiArtikel

Perkembangan media digital yang begitu pesat saat ini tak dapat dipungkiri memberikan banyak manfaat untuk penggunanya, terutama generasi muda.

Bagi generasi yang lahir dan tumbuh di era serba digital ini, penggunaan media digital bukan hal baru dan sudah sangat melekat dalam kehidupan sehari-hari.

Berkat itu, generasi yang lebih dikenal sebagai generasi milenial dan Z ini memiliki kesempatan dan peluang lebih untuk memaksimalkan potensi dari kecanggihan media digital.

Mengutip dari laman digitallogic.co, media digital merupakan setiap bentuk media yang dapat dibuat, dilihat, diubah, dan disebarkan melalui perangkat elektronik. Media digital ini umumnya berupa software, video, website, media sosial, dan iklan online.

Keunggulan yang ditawarkan media digital tak hanya sebatas kemudahan berkomunikasi dan mengabadikan momen saja. Lebih dari itu, media digital menawarkan cara baru dalam pengembangan karakter dan citra diri pemuda bangsa.

Melalui media digital, kawula muda dapat menggali potensi terbaiknya guna menjadi pribadi yang terampil dan mampu menghadapi tantangan zaman serta ikut berperan dalam usaha mewujudkan harapan bangsa di masa mendatang.

Berikut ini beberapa manfaat media digital untuk membentuk generasi muda yang unggul dan mampu berdaya saing.

  1. Memperkaya Wawasan dan Skill
    Smartphone | unsplash.com: Onur Binay
    Smartphone | unsplash.com: Onur Binay

“Semua informasi yang diinginkan, ada dalam satu genggaman”. Tidak salah jika kalimat ini disematkan untuk menggambarkan salah satu keunggulan media digital.

Mesin pencari seperti Google dan Yahoo tentu tidak asing bagi penjelajah internet yang menyajikan informasi tanpa batas. Mulai dari berita terkini, bahasan pelajaran sekolah, masalah sosial, hingga info receh pun bisa ditemukan dengan mudah dan gratis.

Media digital menghadirkan cara praktis untuk memperkaya wawasan generasi muda. Kalangan muda dengan rasa ingin tahu yang tinggi dapat memanfaatkan media digital sebagai sarana memperbarui pengetahuan dan membangun pola pikir yang lebih maju.

Tidak sebatas menambah pengetahuan saja, media digital juga menyediakan ruang untuk mempelajari dan mendalami berbagai keahlian baru yang dapat diterapkan dalam kehidupan serta mendukung generasi muda agar dapat beradaptasi dengan perkembangan dunia yang dinamis.

  1. Mengasah Kreativitas melalui Kreasi Konten
    Persiapan Membuat Konten | pexels.com: George Milton
    Persiapan Membuat Konten | pexels.com: George Milton

Siapa yang tak kenal dengan istilah content creator? Di era digital ini, content creator menjadi sangat populer di kalangan penikmat konten video seperti Youtube atau platform digital lainnya.

Platform digital inilah yang menjadi ruang bagi kalangan muda untuk mengekspresikan diri melalui kreasi konten yang informatif, edukatif, dan menghibur. Variasi konten yang dibuat dapat berupa teks, gambar, suara, video, atau kombinasinya.

Proses pembuatan konten dapat mengasah kreativitas generasi muda karena pada praktiknya seorang content creator harus bisa berpikir kreatif dalam menentukan konsep konten, riset bahan dan tren digital, hingga strategi promosi untuk menarik lebih banyak audiens.

Content creator juga menjadi salah satu profesi potensial yang dapat terus berkembang mengikuti perubahan zaman sekaligus berperan dalam mengurangi angka pengangguran.

Siapa pun bisa menjadi content creator yang sukses jika konsisten dan berinovasi untuk menghasilkan konten kreatif yang sesuai dengan kebutuhan dan minat audiens platform digital.

  1. Membuka Peluang Usaha Berbasis Digital
    Scroll Marketplace | pexels.com: Pixabay
    Scroll Marketplace | pexels.com: Pixabay

Masifnya perkembangan media digital juga berdampak baik bagi dunia usaha. Hampir setiap bidang usaha saat ini mengalami pergeseran ke arah digital, sebab jangkauannya yang lebih luas serta kemudahan dalam bertransaksi yang diunggulkan.

Berbagai Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) memanfaatkan momen transformasi digital ini sebagai jalan untuk meraup lebih banyak keuntungan. Peluang inilah yang membuka jalan bagi generasi muda untuk menjadi pengusaha dengan memanfaatkan ruang digital sebagai lapak menjual barang atau jasa.

Bukan perkara sulit bagi kalangan muda yang sudah melek digital untuk melihat peluang pasar dan merencanakan strategi usaha yang tepat. Keikutsertaan pemuda dalam giat membangun usaha merupakan bentuk dukungan bagi bangkitnya perekonomian negara.

Digitalisasi usaha berperan penting dalam meningkatkan ekonomi negara, termasuk membentuk sistem ekonomi digital yang terus mengalami peningkatan di setiap tahunnya.

Hal ini sejalan dengan pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto, yang mengungkapkan bahwa pada tahun 2021 nilai ekonomi digital Indonesia menjadi yang tertinggi di Asia Tenggara yakni sebesar US$70 miliar, dan pada tahun 2025 diperkirakan mampu mencapai US$146 miliar. Selain itu, 40% pangsa pasar ekonomi internet Asia Tenggara berada di Indonesia.

Sudah saatnya generasi muda turut ambil bagian dengan memanfaatkan momen transformasi digital sebagai peluang untuk membentuk pribadi yang unggul dan mampu berdaya saing guna menunjukkan eksistensi bangsa di hadapan dunia.