Jangan Malas Mandi Pagi, Ini Segudang Manfaatnya!

Jangan Malas Mandi Pagi, Ini Segudang Manfaatnya!

Mandi Pagi Memiliki Segudang Manfaat | Sumber: Freepik.com

#SobatHebatIndonesiaBaik #JadiKontributorJadiInspirator #BerbagiMenginspirasi 

Mandi pagi merupakan aktivitas yang sulit dilakukan bagi sebagian orang, apalagi ketika waktu libur. Mata yang terasa berat karena masih mengantuk, udara yang terasa dingin, serta tidak memiliki rencana untuk keluar rumah kerap menjadi alasan untuk menghindari mandi pagi.

Dengan mandi pagi, kita dapat membuat mata menjadi lebih segar dan siap melakukan aktivitas di hari itu. Selain makin bersemangat, ternyata aktivitas yang satu ini juga memiliki banyak manfaat bagi kesehatan lo, SohIB! Apa saja, nih?

7 Manfaat Mandi Pagi

Dirangkum dari Alodokter.com dan Hellosehat.com, berikut manfaat mandi pagi bagi kesehatan!

1. Meredakan Gejala Stres dan Depresi

Kondisi suhu air pada pagi hari tentunya terasa dingin. Sebuah penelitian mengungkapkan bahwa dengan mandi menggunakan air bersuhu lebih rendah dapat meringankan gejala stres dan depresi. Hal tersebut dikarenakan air dingin dapat memicu tubuh melepaskan hormon endorfin dan norepinefrin yang dapat membuat perasaan bahagia. Mandi air dingin serupa dengan metode hidroterapi, yaitu pengobatan yang dilakukan dengan air.

2.  Meningkatkan Produktivitas dan Konsentrasi

Mandi pagi dapat meningkatkan produktivikas  dan kosentarsi | Sumber: Freepik.com

Karena air pada pagi hari memiliki suhu yang agak rendah, air dingin tersebut mampu membuat tubuh lebih cepat terbangun seperti membantu meningkatkan detak jantung, meningkatkan ritme pernapasan, serta meningkatkan metabolisme tubuh agar suhu tubuh tetap stabil. Efek-efek tersebut yang membuat diri lebih berenergi serta produktif dalam menjalani hari.

Mandi pagi juga dapat membantu meningkatkan konsentrasi karena dapat membantu menghilangkan rasa kantuk dan membuat tubuh merasa segar dan terjaga.

3. Meningkatkan Sirkulasi Darah

Tidak hanya mandi dengan air dingin pada pagi hari, ternyata dengan menggunakan air hangat pun dapat memperlancar aliran darah. Hangatnya air dapat mengendurkan ketegangan otot dan sendi. Selain itu, mandi dengan air hangat dapat merangsang penyembuhan, meredakan rasa sakit, dan mengurangi peradangan.

4. Menjaga dan Meningkatkan Kekebalan Tubuh

Studi dari jurnal PloS One melakukan penelitian dengan melibatkan 3.000 partisipan yang mandi air dingin di pagi hari selama 30 hari. Hasil mengungkapkan bahwa terjadi penurunan sebesar 29% pada angka orang-orang yang sakit.

5. Melawan Berbagai Penyakit

Mandi pagi dapat merangsang produksi sel darah putih yang dapat melawan berbagai penyakit | Sumber: Freepik.com

Mandi pagi dapat merangsang produksi sel darah putih atau leukosit. Sel darah putih berguna untuk melawan infeksi yang ada dalam tubuh. Selain itu, mandi pagi dengan air hangat dapat meringankan gejala hidung tersumbat akibat pilek, flu, atau gangguan pernapasan lainnya.

6. Menurunkan Risiko Penyakit Jantung

Sebuah penelitian dari Jurnal Heart menyatakan bahwa orang yang mandi air hangat setiap hari memiliki risiko 28% lebih rendah untuk terkena penyakit jantung. Hasil tersebut didapatkan dari meneliti kebiasaan mandi 30.000 partisipan selama 20 tahun. Namun, perlu SohiB perhatikan bahwa suhu air yang akan kamu gunakan tidak terlalu panas. Mandi dengan air yang memiliki suhu terlalu tinggi berisiko menyebabkan tekanan darah terlalu rendah.

7. Mangatasi Susah Bangun Tidur

Mandi pagi membuatmu bersemangat dan tidak membuatmu kembali melanjutkan tidur| Sumber: Freepik.com 

Mandi pagi menggunakan air dingin juga dapat mengatasi susah bangun tidur. Suhu air yang dingin mengenai tubuh akan meningkatkan denyut jantung dan asupan oksigen ke dalam tubuh. Hal tersebut membuat tubuh langsung terjaga dan tidak kembali ke kasur untuk melanjutkan tidur.

Itulah 7 manfaat mandi pagi untuk kesehatan. Mandi pagi  dapat memberikan manfaat positif bagi kesehatan mental, emosional, dan kesehatan fisik, sehingga kita siap menghadapi aktivitas sehari-hari.